Welcome to the Gamexeon Forum.
Views: 2654
Replies: 6
  1. #1
    Destroyer Achievements:
    Three Friends Recommendation Second Class Created Album pictures Veteran Tagger First Class
    Array
    Posts
    4,557
    Points
    280,049
    Level
    53
    Points: 280,049, Level: 53
    Level completed: 94%, Points required for next Level: 701
    Overall activity: 0%

    Reaktor Nuklir Berusia 2 Milliar Tahun!

    Pada awal sampai pertengahan tahun 1950an, Dr. Paul Kuroda dari University of Arkansas mendeskripsikan kemungkinan munculnya reaktor nuklir secara alami dari dalam kulit bumi purbakala yang tersembunyi.

    Kuncinya ialah isotop dari uranium yang disebut 235U, yang biasanya muncul secara alami dalam jumlah sedikit. Jika isotop ini dalam jumlah yang mencukupi terkumpul dalam kondisi yang spesific, Kuroda berpendapat, reaktor nuklir alami tersebut akan menjadi kritis, dan reaksi fusi yang mendukung reaksi dirinya sendiri akan muncul. Reaktor seperti itu saat ini tidak dapat dihasilkan, karena karena banyak 235U alami bumi yang rusak…

    Akan tetapi milyaran tahun yang lalu, terdapat cukup isotop 235U untuk mewujudkan ide tersebut. Bahkan, Telah ditemukan bahwa reaksi itu benar-benar terjadi..





    Pada bulan Mei tahun 1972 di Pierrelatte uranium enrichment facility, Perancis, melakukan pekerjaan rutin mass spectrometry membandingkan sampel UF6 dari Tambang Oklo, di Gabon - Africa Tengah, Hasil test menunjukan Kajanggalan pada jumlah isotop 235U. Yang seharusnya berkisar 0.7202%; sampel ini hanya memiliki 0.7171% – perbedaan yang cukup signifikan.

    Kejangalan ini harus punya penjelasan karena semua fasilitas penanganan uranium harus diuji secara teliti akan keberadaan isotop yang memiliki energi fusi untuk memastikan isotop2 tersebut tidak disalah gunakan sebagai senjata.

    Hal ini membuat Commissariat à l’énergie atomique (CEA) Perancis memulai penyelidikan. Serangkaian pengujian dilakukan terhadap uranium yang ditambang di Oklo menunjukan kejanggalan jika dibandingkan dengan uranium yang didapat dari sumber lain. Dari hasil penelitian lebih lanjut terhadap deposit uranium ini ditemukan uranium ore dengan ratio 235U sampai 235U serendah 0.440%.

    Hilangnya 235U ini sama seperti yang terjadi dalam halnya yang terjadi di dalam reaktor nuklir. Penjelasan yang mungkin ialah uranium bereaksi fusi secara alami. Dan dalam penelitian, Ilmuan Perancis menemukan bahwa level dari isotop uranium memiliki kemiripan yang luar biasa dengan yang tersisa dari pembakaran nuklir di reaktor nuklir yang modern.



    Penemuan reaktor nuklir di Gabon, harus diakui merupakan keunggulan peradaban prasejarah. Pertanyaannya, siapa yang membangun peraban tinggi itu? Saat ini terdapat dua penafsiran dari para ilmuwan mengenai pertanyaan ini. Banyak spekulasi yang terjadi:

    Pertama, peradaban itu merupakan peninggalan makhluk angkasa luar yang melakukan penyelidikan di bumi.

    Kedua, ada teroris bikin reaktor nuklir untuk bom kotor.

    Ketiga, Hasil buangan bahan baku nuklir dari pesawat luar angkasa atau sisa ledakan pesawat luar angkasa.

    Terakhir adalah, sebelum peradaban manusia masa sekarang, pernah ada keunggulan peradaban prasejarah manusia yang bertaraf tinggi.

    Dikarenakan penguasaan teknologi atom oleh umat manusia baru dilakukan dalam kurun waktu beberapa puluh tahun saja, dengan adanya penemuan ini sekaligus menerangkan bahwa pada dua miliar tahun yang lampau sudah ada sebuah teknologi yang peradabannya melebihi kita sekarang ini, serta mengerti betul akan cara penggunaannya.

    Hal yang patut membuat orang termenung dalam-dalam ialah bahwa mengapa manusia zaman prasejarah yang memiliki sebuah teknologi maju tidak bisa mewariskan teknologinya, malah hilang tanpa sebab, yang tersisa hanya setumpuk jejak saja.

    Lalu bagaimana kita menyikapi atas penemuan ini?
    Permulaan sebelum dua miliar tahun hingga satu juta tahun dari peradaban manusia sekarang ini terdapat peradaban manusia. Dalam masa-masa yang sangat lama ini terdapat berapa banyak peradaban yang demikian ini menuju ke binasaan? Betulkah penemuan ini, serta mengapa penemuan-penemuan peradaban prasejarah ini dengan teknologi manusia masa kini begitu mirip?


    Kontroversi

    Di seluruh dunia terdapat beberapa tempat yg ‘disinyalir’ meninggalkan bekas2 yg diakibatkan ‘ledakan / bencana nuklir’ dari masa lalu. Hanya saja untuk kasus Oklo ini saya rasa terlalu spekulatif maupun sensasional.

    kota tua Mohenjo Daroo. Selama bertahun - tahun ilmuwan mencurigai reruntuhan kota tua Mohenjo Daroo di Pakistan maupun beberapa situs kuno di Asia Tengah hingga Skotlandia memberikan gambaran kuat akan bekas ‘bencana berskala nuklir’.

    Dugaan yg paling kuat mengenai kemampuan nuklir manusia di masa lalu seringkali berkaitan dengan Wacana Atlantis sebagai Lost Civilization. Bahkan peneliti yg meneliti Mohenjo Daroo dan beberapa situs kuno di India yakin adanya sebuah peradaban masa lalu yg disebut sbg ‘Dinasty Rama’ yg hancur akibat perang nuklir dengan sebuah kekuatan berteknologi sama dari barat yang diduga Atlantis.

    Mahabharata diyakini para peneliti tsb berisi mitos yg memiliki latar belakang sejarah - atau merupakan sebuah peninggalan yg menceritakan kehebatan pertempuran berteknologi tinggi jauh dimasa lalu dgn gaya bahasa tradisional - kemungkinan ditulis oleh sisa2 survival atau bangsa yg dulunya terbelakang dan mencatat kejadian tsb dalam kisah oral turun - temurun hingga menjadi mitos dan tersandikan dalam kisah Sastra legendaris tsb.

    Sama seperti Plato yg menceritakan Atlantis dalam Timaeus dan Critias, dimana Plato menceritakan secara tertulis mengenai Atlantis didengarnya turun temurun yg diceritakan pendeta2 Mesir kuno kepada Solon - pendahulu Plato.

    mungkin perumusannya menjadi..

    Sejarah - menjadi Legenda - Menjadi Mitos.


    Kembali ke sudut pandang sejarah - khususnya Paleontologi. Banyak pihak tidak menganggap serius kisah sensasional Oklo, tapi kalau dilihat dari sudut ilmiah, jelas 2 milyar thn yg lalu - kalaupun benar ada - sesuatu yg bisa men-generate energi atau reaksi nuklir di bumi tentu merupakan kejadian akibat pengaruh eksternal, krn 2 milyar thn yg lalu mamalia bahkan belum ada.

    Homo Sapiens ( Manusia ) saja baru muncul 150.000 tahun yg lalu dan baru mencapai Eropa sekitar 50.000 tahun lalu. Anyway wacana kemampuan nuklir peradaban yg hilang baru menjadi ‘masuk akal’ apabila dihubungkan dengan Atlantis yg apabila dihubungkan dgn berbagai cerita / catatan sejarah / mitos yg berkembang di berbagai kebudayaan kemungkinan event - nya terjadi antara 20.000 - 10.000 tahun lalu.
    Tepat dimasa berakhirnya zaman es.

    Cro Magnon sudah menempati gua2 di Eropa Barat dan menciptakan peradaban berkebudayaan ( berkesenian ) pertama di dunia sekitar 25.000 tahun yg lalu sementara Amerika dan Amerika Selatan yg merupakan lokasi paling memenuhi syarat sbg ‘Kerajaan Atlantis’ mulai dihuni sekitar 12.000 thn yg lalu.

    Dalam waktu 1000 - 2000 tahun ada kemungkinan peradaban manusia disana sudah mencapai teknologi nuklir.

    Bagaimana mungkin?

    Mungkin saja ada sekelompok komunitas manusia yg mendiami wilayah tertentu lebih maju lebih dulu dari komunitas manusia yg hidup di wilayah yg berbeda. Bangsa Atlantis yg mendiami Amerika Selatan hingga Amerika Tengah, mungkin saja mengalami kemajuan lebih cepat dari manusia di belahan bumi lain - setelah es di Selat Bering yg menghubunkan Asia dan Amerika Utara mencair maka bisa jadi terjadi isolasi antara Manusia yg mendiami Amerika dengan Asia.

    Selain itu wacana peradaban berteknologi nuklir di masa lalu bukan hal yg baru - Atlantis hanyalah sebuah kemungkinan yg uniknya bisa dicari argumentasi yg menjurus kepada fakta sejarah - sekecil apapun itu.

    Kesimpulan??

    Apakah dapat dikatakan ada peradaban Alien atau peradaban maju pada saat itu ?? Karena output / sumber energi yang dihasilkan reaktor nuklir tersebut sangat kecil, sama dengan listrik PLN untuk 1 rumah 900W, maka kecil kemungkinan suatu peradaban memakai sumber daya sekecil itu. Dan lagipula reaktor alami itu terletak dalam tambang uranium jauh di bawah tanah. Sumber daya energi sekecil itu mudah dihasilkan dengan pembakaran kayu, solar, angin, panas bumi atau sumber daya lain.

    Sedangkan dari hasil penelitian didapat bukti-bukti cukup kuat untuk dapat disebut sebagai reaktor alami, penelitian lain menunjukan hasil yang sama dan pada 25 September, 1972, CEA mengumumkan penemuan mereka bahwa reaksi nuklir yang dapat mendukung dirinya sendiri terdapat di bumi sekitar 2 milyar tahun yang lalu. Selanjutnya, reaktor fusi nuklir alami lain juga di temukan di daerah tersebut.

    Pada saat ditemukan, para ahli tidak pasti bagaimana reaktor Oklo beroperasi tanpa berakhir dengan meledak atau melting down. Selama 150 juta tahun, reaktor tersebut berjalan dengan siklus reaksi setiap 30 menit, dilanjutkan dengan 2.5 jam siklus pendinginan, menghasilkan rata-rata energi 100 kilowatts. Dan perputaran siklus selalu dalam 30 menit per siklus, tanpa variasi yang signifikan yang benar-benar mengagumkan.

    Gimana??

    Akan tetapi penelitian baru-baru ini memecahkan misteri tersebut dengan menemukan mekanisme regulatornya : air, karena pada reaktor Oklo deposit uranium terlalu menyebar jadi air dapat menyusup masuk dan bertindak sebagai “neutron moderator” memperlambat neutrons cukup untuk menabrak-dan-memisahkan atom lain. Saat reaksi mengakibatkan panas yang sangat tinggi, air akan menguap, menghilangkan neutron moderator, dan menghentikan proses. Lubang tersebut akan lambat laun terisi air kembali selama masa pendinginan, dan memulai siklus itu lagi.

    Yang membuat orang lebih tercengang lagi ialah bahwa limbah penambangan reaktor nuklir yang dibatasi itu, tidak tersebarluas di dalam areal 40 meter di sekitar pertambangan. Kalau ditinjau dari teknik penataan reaksi nuklir yang ada, maka teknik penataan tambang reaktor itu jauh lebih hebat dari sekarang, yang sangat membuat malu ilmuwan sekarang ialah saat kita sedang pusing dalam menangani masalah limbah nuklir.

    15 nuklir reaktor lain ditemukan di daerah sekitar Oklo, yang sekarang diteliti sebagai “Oklo Fossil Reactors”. Reaktor alami ini memberikan data yang berguna dalam penyimpanan jangka panjang sisa pembakaran nuklir, dan juga kemungkinan peningkatan terhadap reaktor buatan manusia.









    * damninteresting.com
    * wikipedia.org/wiki/Natural_nuclear_fission_reactor
    * chandrapurnamazeng.wordpress.com
    * geology.about.com/od/geophysics/a/aaoklo.htm
    * npp.hu/tortenelem/foldreaktor-e.htm
    * ocrwm.doe.gov/factsheets/doeymp0010.shtml
    * experiencetheexperience.wordpress.com
    Last edited by yr6666; 06-03-09 at 19:03.

  2. #2
    Sukebe no Neko Achievements:
    Three Friends Your first Group Recommendation First Class Veteran Created Album pictures
    Array
    Posts
    11,911
    Points
    2,031,047
    Level
    100
    Points: 2,031,047, Level: 100
    Level completed: 52%, Points required for next Level: 13,703
    Overall activity: 0%

  3. #3
    GX Elite Staff Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Album pictures Created Blog entry
    Array
    Posts
    5,982
    Points
    2,029,909
    Level
    100
    Points: 2,029,909, Level: 100
    Level completed: 48%, Points required for next Level: 14,841
    Overall activity: 23.0%
    Blog Entries
    4
    mungkinkah, manusia pernah mencapai taraf kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang sebegitu tinggi, hingga akhirnya kebudayaan dan pengetahuan itu musnah oleh suatu hal, sehingga sejarah hidup manusia terulang lagi dari nol?

    Dalam waktu 1000 - 2000 tahun ada kemungkinan peradaban manusia disana sudah mencapai teknologi nuklir.
    :o

  4. #4
    Destroyer Achievements:
    Three Friends Recommendation Second Class Created Album pictures Veteran Tagger First Class
    Array
    Posts
    4,557
    Points
    280,049
    Level
    53
    Points: 280,049, Level: 53
    Level completed: 94%, Points required for next Level: 701
    Overall activity: 0%
    mungkin saja kan?

  5. #5
    Hansip Gamexeon Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Created Album pictures Veteran Tagger First Class
    Array
    Posts
    18,492
    Points
    2,478,400
    Level
    100
    Points: 2,478,400, Level: 100
    Level completed: 44%, Points required for next Level: 17,850
    Overall activity: 0%
    mungkin reaktor nuklir alami kali
    umur bumi kita 2 miliar tahun bener2 tua yach sampai kapankah bumi masih sanggup bertahan

  6. #6
    Destroyer Achievements:
    Three Friends Recommendation Second Class Created Album pictures Veteran Tagger First Class
    Array
    Posts
    4,557
    Points
    280,049
    Level
    53
    Points: 280,049, Level: 53
    Level completed: 94%, Points required for next Level: 701
    Overall activity: 0%
    menurut beberapa sumber yg saya pelajari, umur bumi kita ini adalah 4,6 Ga (giga annum) ato 4,6 milliar tahun

    tua bgt sih, dan udah waktunya "beristirahat"

  7. #7
    Macan Garong Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Album pictures Tagger First Class
    Awards:
    Discussion Ender
    Array
    Posts
    44,924
    Points
    9,209,047
    Level
    100
    Points: 9,209,047, Level: 100
    Level completed: 0%, Points required for next Level: 0
    Overall activity: 19.0%
    Quote Originally Posted by yr6666 View Post
    menurut beberapa sumber yg saya pelajari, umur bumi kita ini adalah 4,6 Ga (giga annum) ato 4,6 milliar tahun

    tua bgt sih, dan udah waktunya "beristirahat"
    Quote Originally Posted by mawan kyo26 View Post
    mungkin reaktor nuklir alami kali
    umur bumi kita 2 miliar tahun bener2 tua yach sampai kapankah bumi masih sanggup bertahan
    ruang n waktu di alam semesta yg hampa udara itu tak ada batasannya, bung......



 

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141