Welcome to the Gamexeon Forum.
Page 1 of 6 1 2 3 ... LastLast
Views: 8110
Replies: 56
Like Tree14Likes

The Elder Scrolls V: Skyrim Review

  1. #1
    Macan Garong Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Album pictures Tagger First Class
    Awards:
    Discussion Ender
    Array
    Posts
    44,924
    Points
    9,209,047
    Level
    100
    Points: 9,209,047, Level: 100
    Level completed: 0%, Points required for next Level: 0
    Overall activity: 19.0%

    Wink The Elder Scrolls V: Skyrim Review

    Single Player Only




    PROLOG
    Sudah lima tahun berlalu semenjak Bethesda Softworks meluncurkan seri game rpg offline yang terkenal di dunia, The Elder SCrolls IV Oblivion (TES IV). Kini mereka kembali merilis sekuelnya yaitu The Elder Scrolls V Skyrim (TES V). Sebuah seri game rpg yang sangat terkenal dalam mengedepankan kebebasan penuh bagi gamer dalam menjalankan cerita maupun bagaimana melakukan berbagai tindakan ataupun menjelajahi di dalam dunia SKyrim yang sangat luas ini. Sebuah game rpg offline dgn genre yang langka, memiliki fitur yang berciri khas-kan seperti game Massive MUltiplayer ONline Role Playing (MMORPG). Pada 2006, Bethesda sukses memperkenalkan TES IV dengan model cerita non linear+gameplay open ended yang super mantap dan mereka juga menyertainya dengan memberikan gfx + sound yang sangat mencengangkan publik. Akankah Bethesda kini mampu mengulangi untuk meraih kesuksesan yang sama dengan TES V, seperti halnya dengan TES IV yang lalu??




    STORYLINE
    Jika cerita utama di TES IV berlangsung sekian bulan seusai kisah utama dari TES III, maka kisah cerita di TES V ini berlangsung 200 tahun seusai berakhirnya oblivion di TES IV. Kemudian, setting lokasi dari TES V ialah berada di provinsi Skryim, yang perbatasan timurnya bersebelahan dengan provinsi MOrrowind (TES III) dan sebelah selatan berbatasan dengan provinsi Cyrodill (TES IV), perbatasan barat dengan wilayah HIgh Rock dan sebelah barat daya dengan wilayah Hammerfell, sedangkan di utara Skyrim berbatasan dengan lautan luas (Sea of Ghost) dan perbatasan timur laut dengan pulau Solstheim. Kisah utama di game ini masih memiliki tradisi yang sama seperti seri sebelumnya, seorang tahanan tanpa nama baru saja keluar dari penjara, bersama para narapidana lainnya, mereka semuanya akan dieksekusi mati oleh tentara kerajaan (Imperial Legion) di salah satu desa kecil di Provinsi Skryim, bernama Desa Helgen, karena dianggap sebagai bagian dari kelompok pemberontak, Stormcloak, pimpinan Ulfric.

    Secara tiba-tiba, datanglah seekor naga yang merusak agenda eksekusi itu, maka disaat-saat krusial ini, gamer bisa memilih untuk menerima bantuan dari salah seorang tentara kerajaan atau dari sesama tahanan pemberontak lainnya. Selama awal-awal berada di desa Helgen ini, TES V membebaskan gamer mau memilih ras apa, bentuk wajah dan tubuh seperti apakah yang diinginkan gamer, mau memakai nama apa, usianya berapa, dan apakah akan mau memakai gender pria atau wanita (takada opsi tuk memilih waria/sejenisnya, dll). Semua bebas, gamer juga bisa memilih sekitar 10 ras yang mendiami dunia TES ini, yang terdiri dari lima bangsa besar, yakni human (imperial, nord, red guard, breton), elf (altmer, bosmer, dunmer), orc, khajit (bangsa gimgim eh kucing), dan argonian (bangsa kadal). Di game ini tiada pemilihan job class karakter, semua standar namun setiap ras memiliki keunikan statistik karakter pemula yang tersendiri, ada ras yang cocok untuk menjadi ahli siluman (rogue) semisal ras Khajit.

    Ada yang cocok untuk bertempur (warrior), yakni contohnya ras Orc, atau ada ras yang OK untuk menjadi penyihir (mage), yakni Altmer. Semua bebas gamer memilih mau menjadi seperti apa. OK, seusai mendapat salah satu bantuan tersebut, maka gamer akan berhasil melarikan diri dari desa Helgen. Kemudian, bersama teman baru itu, apa yang sebaiknya gamer harus lakukan lebih dahulu, mau langsung menyelidiki kenapa bisa muncul naga secara tiba-tiba dan mengacak-acak desa Helgen? atau langsung memilih untuk berpetualang bebas, mencari-cari petualangan baru di dunai Skyrim sebagai orang bebas dan merdeka dari penjara, atau mau bagaimana, itu semua terserah gamer. JIka memilih untuk mengikuti quest utama yakni untuk membuka tabir misteri akan serangan naga itu, maka gamer pertama-tama harus datang ke salah satu kota kecil yang berdekatan dengan desa Helgen, yakni Riverwood untuk menerima instruksi lebih lanjut dari teman baru tersebut.

    Dari situlah, gamer harus berangkat menuju ke salah satu kota besar di SKyrim, yakni Whiterun, lalu petualangan besar bagi gamer dalam memburu miestri para naga itu akan terus berjalan hingga akhir. Sekilas, cerita perburuan kaum naga oleh gamer ini akan terlihat sederhana dan singkat, namun pada dasarnya tak semudah dan secepat itu. Sebab, begitu gamer serius mendalami semua alur cerita dari quest utama, gamer akan menjumpai begitu banyak faksi yang berkeliaran di dunia Skryim. Faksi-faksi yang terlihat di Skryim selain faksi IMperial Legion di Solitude dan Stormcloak di Kota Windhelm, diantaranya ialah ada faksi Companion (fighter guild) di White, faksi Mage di kota Winterhelm, faksi Theft di Riften, faksi Dark Brotherhood (Assasin) di kotar Falkreath, faksi Bard di Solitude, faksi EaStern Company di WIndhelm. Selain itu, akan ada beberapa organisasi rahasia, semisal sekte Thalmor di KOta Markarth dan agen Blade di kota Riverwood, dan beberapa sekte lainnya.
    Last edited by arni; 27-11-11 at 12:54.

  2. #2
    Macan Garong Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Album pictures Tagger First Class
    Awards:
    Discussion Ender
    Array
    Posts
    44,924
    Points
    9,209,047
    Level
    100
    Points: 9,209,047, Level: 100
    Level completed: 0%, Points required for next Level: 0
    Overall activity: 19.0%


    Gamer secara bebas akan bisa bergabung ke dalam beberapa faksi itu, tapi khusus pas memilih faksi Imperial Legion maka gamer tak bisa memilih faksi Stormcloack, dan sebaliknya. Sebab kedua faksi tersebut saling berseberangan satu sama lainnya dan setiap bertemu, keduanya akan saling menghabisi jika bertemu. Di masa kini, kondisi politik dan militer pada Provinsi Skryim sedang terpecah belah menjadi dua faksi terbesar yang saling bertempur, yakni Imperial Legion sebagai tentara kerajaan, pimpinan Jenderal Tallius dan pasukan pemberontak, STormclock. Pemberontakan Stormcloak muncul sebagai akibat dari ketidaksukaan sebagian penduduk pribumi dari SKyrim terhadap kekuasaan Kekaisaran Tamriel (Empire) yang berkuasa tunggal di seluruh benua Tamriel, termasuk provinsi SKyrim, Morrowind, dan CYrodiil. PIhak kerajaan menganggap Ulfric sebagai pemberontak utama, karena yang bersangkutan membunuh secara terang-terangan kepada kepala provinsi SKyrim (High King) dan memimpin pasukan STormcloak.

    Pertikaian antara kedua belah pihak, yang keduanya juga sama-sama memiliki jumlah pengikut terbesar ini, turut mempengaruhi stabilitas politik dan militer di dunia SKyrim. Sehingga dalam petulangan, gamer kadang akan menjumpai bentrokan kecil antara patroli tentara kerajaan dengan patroli pasukan pemberontak. Hampir setiap faksi yang ada juga memiliki pergolakan internal sama hal-nya yang menimpa Provinsi SKyrim ini, dan semua juga memiliki latar belakang dan keunikan tersendiri mengapa sampai bisa muncul perselisihan internal itu. Model Cutscene movie yang berisi dialog antara dua karakter atau lebih, untuk menceritakan berbagai perkembangan alur cerita yang ada, seperti yang biasa muncul dalam game-game rpg atau game-game lainnya, hampir tidak akan terlihat disini. Sebab, sebagian besar yang muncul ialah dialog langsung antara dua karakter yang berbeda, memang tidak akan kelihatan unsur sinematiknya, tapi malah terasa lebih alami. Membuat alur cerita yang lagi berjalan, tidak kelihatan terlalu cepat atau lambat, melainkan lebih terlihat pas dengan berbagai adegan latar belakang yang tetap berjalan terus sebagaimana biasanya.

    Cutscene movie sebenarnya masih ada tapi modelnya di TES V ini agak berbeda, berjalan sangat real time. Dikarenakan, ketika berdialog antara gamer dengan bebarapa NPC lainnya di Skryim ini, gamer akan seringkali masih bisa bebas untuk mengendalikan karakternya. Berbagai latar belakang yang terdapat pada setiap quest utama maupun quest-quest faksi serta quest-quest sampingan, umumnya akan memiliki kisah tersendiri yang berada dalam bentuk sebuah buku, jurnal, ataupun sebuah selembar surat. Media-media cetak itu kadang akan menceritakan dengan jelas permasalahan yang melingkupi suatu quest, juga bisa menjelaskan mengenai banyak hal soal detail peristiwa-peristiwa penting di dunia SKyrim. Jika di seri rpg Dragon Age atau Mass Effect lebih dikenal dengan nama codex untuk menjelaskan banyak hal soal satu peristiwa, sehingga gamer akan terus mengkoleksi codex-codex secara otomatis untuk mendalami lebih lanjut soal dunia game yang bersangkutan.

    Maka di TES V gamer bisa mengkoleksi berbagai buku yang ada, dengan langsung memasukkan ke dalam inventory untuk dibaca di kemudian hari, atau dengan cukup membacanya halaman demi halaman pada saat itu juga lalu tidak mengambilnya, semua terserah gamer. Beberapa buku itu ada yang memiliki kisah berseri bak membaca seri sebuah novel Harry Potter. Fitur membaca buku-buku yang tersebar di berbagai wilayah di SKyrim itu, merupakan sebuah fitur lama yang sudah ada semenjak TES III, tapi tetap merupakan satu fitur yang sangat menarik utk terus dipertahankan sampai sekarang. Quest utama terlihat epik, karena menampilkan suka duka perjuangan gamer dalam melawan para naga yang lebih suka terbang tinggi di udara daripada mendarat di darat. Durasi waktu untuk menamatkan quest utama saja, membutuhkan waktu sekitar 20-30 jam, namun durasi yang kelihatan singkat itu pastinya akan lebih molor lagi lamanya bagi Gamer jika serius mendalami dunia TES V. Begitu banyak NPC yang gamer temui di sepanjang perjalanan, yang suka memberikan suatu quest yang sangat menggoda untuk ditamatkan lebih lanjut.




    Meskipun hadiahnya tak seberapa, tapi bagaimana cara NPC menawarkan quest itulah yang bisa membuat gamer untuk susah berkonsentrasi pada quest utama. Quest-questnya mungkin akan terlihat sangat sederhana, tapi jika gamer lebih suka mengobrol panjang lebar dengan beberapa NPC yang terkait quest tersebut, akan terkuak jika questnya itu tak sesederhana itu. Dan berbagai kisah cerita yang ada di SKyrim ini, sebagian NPC yang ada juga sering mengkait-kaitkan soal berbagai kehidupan antara Skyrim dengan Morrowind, dengan CYrodill, dengan Hammerfell, dengan HIgh Rock, dan seterusnya. Sebab beberapa NPC itu merupakan warga pendatang dari provinsi-provinsi tetangga SKyrim. Semuanya pembicaraan dengan para NPC itu, seolah-olah sangat melarutkan gamer ke dalam alur cerita yang ada di beberapa quest di TES V ini. Benar-benar luar biasa bagaimana rpg ini menyajikan semua hal itu lalu memasukkannya ke dalam pembicaraan antara gamer dengan beberapa NPC, serta ke dalam buku-buku cerita yang tersebar di berbagai wilayah yang ada di SKyrim.

    Bahkan, penulis sendiri akhirnya kecapekan untuk membaca begitu banyak buku yang ada, demi memahami konteks cerita di SKyrim, sebab sehabis baca satu buku akan ketemu buku baru lainnya. Semua terus bermunculan seolah-olah tiada habisnya.
    Last edited by arni; 27-11-11 at 12:54.

  3. #3
    Macan Garong Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Album pictures Tagger First Class
    Awards:
    Discussion Ender
    Array
    Posts
    44,924
    Points
    9,209,047
    Level
    100
    Points: 9,209,047, Level: 100
    Level completed: 0%, Points required for next Level: 0
    Overall activity: 19.0%


    GAMEPLAY
    Ketika pertama kali memainkan game ini, penulis mendapat kesan jika sistem HUD nya menjadi agak aneh bentuk dan fungsinya, sebab meski penulis sudah mensetting ulang konfigurasi tombol kibord dari menu utama, begitu kembali ke dalam game, tombol-tombol yang sudah penulis setting ulang tak terlihat pada HUD di game ini, yang ternyata masih mengandalkan default konfigurasi tombol kibord. Butuh waktu tidak sebentar bagi penulis untuk bisa memahami lebih lanjut akan mode HUD-nya yang terkesan tidak ramah bagi pengguna kibord. Namun, bgitu penulis mulai terbiasa untuk sering-sering menggerakkan karakter utama baik dalam sudut pandang pihak pertama (1st person view) maupun sudut pandang pihak ketiga (3rd person view), dengan bebas ke segala arah dan terus membaca-baca berbagai info soal penggunaan tombol kibord untuk TES V di dunia maya, barulah penulsi mulai terbiasa dengan HUD yang agak aneh itu. Lalu, ketika menambahkan settingan dari mods pihak ketiga, maka langkah penulis dalam menguasai kontrol di rpg ini semakin mulus.

    Harap maklum, sebab sistem Help di TES V akan kurang membantu gamer dalam mempelajari begitu banyak fungsi dan fitur di dalam game ini. Mengenai dukungan penuh terhadap mods buatan pihak ketiga, apapun bentuk dan fungsinya itu, pihak Bethesda tetap terus mempertahankan hingga TES V in. Dukungan mods-mods itu, dalam beberapa hal bisa menambah kemudahan dan tantangan tersendiri bagi gamer dalam menikmati dunia SKyrim lebih lanjut. Mudah dalam hal memperbaiki berbagai permasalahan yang mendera SKyrim sekaligus menjadi tantangan bagi gamer untuk tidak terus tergoda untuk menambah mods-mods pihak ketiga lainnya untuk terus dimasukkan ke dalam rpg ini. Takkan ada habisnya mods-mods yang bisa dipasangkan ke dalam TES V. Karena jika mencoba begitu banyak mods, akan bisa pula menghambat gamer untuk terus menerus terjun langsung ke dalam dunia SKyrim yang sama-sama sangat mempesona ini. Jika gamer bisa mempercepat penguasaan tombol-tombol kibord yang ada, maka gamer akan semakin cepat bisa beradaptasi dengan dunia SKyrim yang sangat keras ini.

    Sistem HUD sekilas memang terlihat sangat sederhana, karena yang terlihat di depan layar hanyalah sebuah kompas yang model kompasnya mirip sekali dengan model kompas yang ada di game 1st person action shooter, Battlefield 3. Bukan hanya sistem HUD yang terlihat sangat sederhana, melainkan juga bentuk dan isi statistik karakter yang hanya berisi tiga jenis saja, yakni stat Magic, Health, dan Stamina. Stat Stamina itu sendiri sangat terkait erat dengan seberapa banyak gamer bisa membawa barang bawaan di dalam inventori, dan tentu juga mempengaruhi gaya bertempur atau berkelahi dengan musuh-musuh yang ada, serta seberapa jauh gamer bisa berlari secara terus menerus. Ketiga stat itu hanya bisa dinaikan sekali saja setiap gamer menaikkan status level karakter, dan sehabis levelling up karakter, maka gamer diberikan satu poin perk untuk mengupgrade perk yang terdapat pada satu dari 18 skill point, yang tersebar berdasarkan job class mage, warrior, dan rogue. Akan tetapi, proses kenaikan level karakter termasuk tidak sesederhana itu.

    Kenaikan level karakter bisa terjadi seandainya gamer terus memfokuskan beberapa skill tertentu yang dibutuhkan dari job class yang bersangkutan. Sebagai contoh, penulis sejak awal memainkan game ini, memilih job class warrior, yang bersenjatakan sebilah pedang panjang di satu tangan dan satunya memakai perisai, selain itu penulis juga memilih menggunakan full heavy armor suit. Maka, penulis memfokuskan untuk menaikkan skill one handed, block, dan heavy armor. JIka level karakter sudah naik, penulis memilih untuk meng-upgrade dari statistik point health/stamina, lalu fokus untuk memberikan satu point perk ke salah satu dari tiga perk skill utama bagi warrior class itu. Penulis menaikkan level, bukan dengan melalui mengumpulkan EXP point banyak-banyak sehabis membunuh musuh/menyelesaikan sejumlah quest yang ada, sebagaimana yang biasanya terjadi pada game-game rpg pada umumnya.




    Melainkan, penulis selalu memanfaatkan sebilah pedang yang tajam (one handed skill) dan perisai yang lebar (block skill), serta memakai baju zirah armor yang tebal (heavy armor skill), ketika bertempur melawan para musuh yang muncul. Ketika pedang satu tangan itu terus dipergunakan selama pertempuran berlangsung, akan menaikkan level skill-nya itu sendiri, begitu pula dengan perisai dan baju zirah yang tebal tersebut. Gamer bisa menaikkan masing-masing level skill hingga maksimal, ke angka 100. Namun bonus satu poin perk itu bukan muncul dari kenaikan level skill perk tetapi berasal dari kenaikan level karakter utama, selain itu setiap satu jenis skill perk terdapat beberapa cabang perk tambahan yang semuanya bisa menguntungkan dan bermanfaat besar gamer itu sendiri. Istilah lainnya, bisa upgrade skill perk, namun harap diingat jika setiap sekali naik level hanya mendapat satu poin perk saja. Menurut kabar resmi dari sang pengembang, bahwa leveling up karakter di rpg SKYrim ini takada pembatasan sama sekali.

    Penulis sendiri belum mencoba menaikkan level karakter hingga maximal, sebab selama hampir 70 jam memainkan TES V ini, karakter penulis baru mencapai level 50. Meskipun, level skill perk dari one handed, block, dan heavy armor serta smithing, sudah mencapai angka 100, serta sebagian upgarde skill perk sudah bisa dipenuhi. Eh, lho kok ada skill perk smithing?? skill smithing itu bisa gamer naikkan dengan terus menempa senjata ataupun armor di beberapa rumah milik Blacksmith tertentu, yang terdapat di beberapa desa/kota tertentu di Provinsi SKyrim ini. Menempa senjata ataupun armor yang ada, membutuhkan sejumlah bahan tertentu, misalnya untuk menempa senjata/armor yang terbuat dari besi, maka membutuhkan iron ingot. Lalu, untuk yang senjata/armor terbuat dari baja (jika gamer sudah meng-upgrade skill smithing, dengan perk steel smithing) membutuhkan steel ingot, dan seterusnya. Gamer akan bisa mendapatkan kebutuhan iron/steel ingot ini dengan bisa membeli dari tukang besi yang ada atau dengan menemukannya di sepanjang perjalanan.

    Setiap kali gamer berhasil menempa/mengasah suatu armor/senjata, yang bertujuan untuk mengupgrade statistik point dari senjata/armor-nya menjadi lebih baik lagi daripada sebelumnya, akan menaikkan level skill smithing. Kemudian, andai gamer terus menerus menempa begitu banyak armor/senjata, otomatis akan terus menaikkan level skill smithing sekaligus akan bisa cepat menaikkan level karakter. Di blacksmith pula, gamer juga bisa membuat item cincin, kalung, senjata, armor, dan lain-lainnya, ketika sudah memenuhi persyaratan dalam membuat item-item tersebut. Kualitas senjata/armor yang berhasil gamer buat/ditempa/diasah, tergantung dari tinggi rendahnya skill smithing yang gamer miliki. Selain bisa mengupgrade senjata dan armor, gamer juga bisa mengimbuhi senjata/armor yang dimilikinya itu dengan beberapa efek sihir tambahan. Prosesnya hampir mirip dengan bagaimana cara menempa/mengasah armor/senjata, hanya bedanya gamer harus menggunakan meja enchanter, yang hanya terdapat di beberapa rumah tertentu. Dan agak lebih rumit proses meng-enchant-nya.

    Semakin sering meng-enchant senjata/armor/item-tem lainnya, akan bisa menaikkan level skill enchanting. Beberapa bahan dari tuk meng-enchant senjata/armor bia dibeli dari para pedagang yang tersebar di berbagai wilayah di SKyrim. Sistem jual beli di dunia SKyrim ini juga bersifat dinamis, item-item/senjata/armor yang terdapat pada pedagang, statistknya akan terus naik seiring kenaikan level karakater milik gamer yang terus bertambah. Lalu, andai gamer suka berdagang, dengan menjual berbagai item/senjata/armor yang akan selalu ditemui di sepanjang petualangan, juga turut menambah level skill speech. Semakin banyak berdagang, maka akan bsia mempercepat kenaikan level skill speech. Kenaikan level skill speech ini juga bisa dipengaruhi oleh seberapa banyak gamer bisa membujuk (persuade)/mengintimdasi para NPC ketika berdialog dengan mereka. Wow, benar-benar kelihatan agak rumit ya sistem leveling up karakter di TES V. Padahal Bethesda telah sedikit menyederhanakan sistem kenaikan level karakter di rpg ini daripada yang ada di TES IV, apalagi di TES III.
    Last edited by arni; 27-11-11 at 13:31.

  4. #4
    Macan Garong Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Album pictures Tagger First Class
    Awards:
    Discussion Ender
    Array
    Posts
    44,924
    Points
    9,209,047
    Level
    100
    Points: 9,209,047, Level: 100
    Level completed: 0%, Points required for next Level: 0
    Overall activity: 19.0%


    Kembali ke petualangan untuk menamatkan quest utama, lama durasi quest utama memang hanya terlihat singkat, namun penulis lebih suka untuk cepat-cepat menamatkan quest utama dan quest faksi terbesar terlebih dahulu (yakni dengan memilih Imperial Legion) untuk kemudian, baru meneruskan berbagai quest dari para faksi maupun quest sampingan, sebab sebagaimana tradisi sebelumnya, sehabis gamer menamatkan quest utama maka TES V membebaskan gamer untuk tetap bisa terus menjelajahi dunia SKyrim yang sedikit lebih besar luasnya jika gamer membandingkan dengan luas peta dunia di TES IV. Iya, berbeda dengan dua game rpg dari Bethesda sebelumnya yang melarang gamer untuk melanjutkan petualangan seusai menamatkan quest utama di Fallout 3 (FO 3, kecuali jika menginstal DLC xtra) dan Fallout New Vegas (FO NV). Selain itu, fitur lama lainnya yang tetap terus dipertahankan ialah sistem gosip diantara para NPC di SKyrim. Kadang hanya dengan mendengar obrolan singkat secara tak sengaja dari para NPC, atau hanya sekedar mengajak NPC untuk mengobrol basa basi, akan muncul quest baru di jurnal quest.

    Berbagai peristiwa/adegan yang gamer saksikan di beberapa tempat tertentu, seringkali juga akan memberikan suatu quest baru, dan akan semakin memperkaya penceritaan suatu quest. Semisalnya, di awal-awal game saat penulis mau menyelesaikan sebuah quest dari salah satu faksi, lalu ketika mampir ke sebuah penginapan di malam hari untuk menemui seorang target, penulis bertemu dengan sekelompok NPC, yang satu lagi bermain musik sambil bernyanyi, maka beberapa NPC lainnya ikut mengelilingi sang pemusik sambil sesekali minum anggur/bir, ditemani dengan sebuah api unggun di tengah-tengah ruangan yang berfunsgi sebagai penghangat ruangan. Harap maklum, kondisi lingkungan yang bersalju, mendominasi daratan dari provinsi SKyrim ini. Dan diantara NPC itu, ada yang bertugas sebagai pemilik/penjaga penginapan, jika diajak obrol oleh gamer, biasanya akan memberikan quest baru, dan jika gamer mendengarkan bahan gosip dari para NPC yang mengobrol, bisa mendapat sebuah quest baru ataupun sebuah tempat baru yang bisa dijelajahi nantinya oleh gamer.

    Penulis sering melewatkan quest yang ditujunya itu hanya untuk menyelesaikan quest-quest sampingan lainnya. Jadi, belum selesai menyelesaikan quest utama yang satu, penulis sudah keburu mau menyelesaikan salah satu quest dari faksi yang ada, eh belum selesai quest dari salah satu faksi malah mau menamatkan quest sampingan lainnya, dan hal tersebut akan sering melanda gamer saat mau meneruskan perjalanan lebih lanjut ke banyak tempat di SKyrim. Begitu banyak hal yang terjadi di Skrym yang bisa selalu mengecoh gamer dari tujuan semula, dengan terus mencari-cari hal baru lainnya, apapun itu. Ditambah, dunia SKyrim itu benar-benar hidup dan terasa sekali jika kehidupan para NPC maupun para binatang, monster dan para makhluk-makhluk jejadian lainnya juga terasa lebih hidup, daripada di TES IV. Bahkan, penulis bisa menyebutkan jika sistem kehidupan para NPC dan AI lainnya, sangat bersifat dinamis, melebihi kedinamisan dunia dalam rpg Gothic III.

    Bagaimana tidak dinamis, jika di satu saat di siang hari, akan banyak binatang liar yang berkeliaran dan saling berkejar-kejaran di alam bebas, antara beruang atau harimau dengan rusa, atau serigala yang suka menguber-uber kijang, ya tentu binatang-binatang yang lemah itu akan diburu dan dimakan oleh yang lebih kuat. Malah, para naga yang berkeliaran di SKyrim ini kadangkala suka menyerang para binatang yang ada didaratan, entah itu rubah, serigal, harimau, beruang ataupun mammoth (gajah purba). Bahkan jika gamer sejenak mememperhatikan salah satu tempat perkemahan para raksasa (semacam manusia purba tapi bertubuh sangat tinggi dan besar), jika ketemuan dengan naga maka sang naga akan menyerang mereka. Provinsi Skyrim itu sangat luas, terdiri dari sembilan wilayah penguasa kota (kecamatan??), diantaranya ialah Dawnstar, Falkreath, Markarth, Morthal, Riften, Solitude, Whiterun, Winterhold, dan Windhelm.




    Namun dari kesembilan penguasa wilayah kota itu, hanya ada lima kota besar saja yang sangat berpengaruh di SKyrim yakni Markarth, Riften, Solitude, Whiterun, Winterhold, dan Windhelm. Sebab, kelima kota besar itu memiliki dinding pertahanan yang tinggi dan tebal, menandakan bahwa peranan kotanya itu sangat penting dibandingkan dengan keempat kota lainnya, yang sama sekali tak memiliki dinding pertahanan sama sekali. Lalu, setiap kota itu dipimpin oleh seseorang bergelar Jarl (walikota??) dan Steward (asistennya). Jika gamer bisa menyelesaikan sejumlah quest tertentu yang disyaratkan oleh sang Jarl yang bersangkutan, maka gamer akan mendapat gelar Thane, sebagai salah seorang yang terpercaya di kota itu. Selain itu, di lima kota besar itulah TES V mengijinkan gamer untuk bisa membeli ataupun memiliki sebuah rumah pribadi, untuk bisa ditempati dan diperindah dengan membayar sejumlah biaya tertentu kepada Steward dari penguasa kota terkait, selaku pemegang kunci asli dari rumah yang akan dibeli gamer itu.

    Guna rumah pribadi, selain untuk menampung berbagai barang jarahan/temuan yang gamer dapatkan selama penjelajahan dunia SKyrim, juga berfungsi sebagai tempat peristirahatan dan memulihkan kondisi tubuh agar tubuh gamer selalu fit dalam berpetualang. Di dalam rumaha itu, biasanya terdapat manekin yang sangat cocok untuk memamerkan full armor suit yang telah gamer miliki, entah itu light/heavy amor. Dan ada meja enchanting, meja alchemy (berguna untuk meramu berbagai ramuan obat atau yang lainnya), dan ruang blacksmith pribadi. Selain itu, gamer bisa memasak di dalam rumah/di luar ruangan selama gamer menemukan perangkat alat memasak/dapur umum, bisa membuat makanan untuk menyehatkan kondisi tubuh sendiri. Iya, aktivitas baru di TES V, dan gamer juga bisa memotong kayu jika memiliki gergaji/kapak kayu, dan menambang bahan-bahan logam yang berguna untuk dijual kembali ke pedagang lainnya. Jika sudah memiliki perk merchant di skill speech, maka gamer bisa menginvestasikan uangnya ke salah satu pedagang yang dikenalnya di Skyrim ini.

    Rumah pribadi juga berfungsi sebagai tempat tinggal bagi pasangan gamer, yup, gamer sekarang bisa menikah dengan lawan jenis/sesama jenis, tapi gamer takkan bisa punya anak maupun ber-poligami seperti hal-nya yang terjadi dalam dunia Fable III, ataupun ada adegan bercinta (ML) seperti di seri Dragon AGe. Begitu memakai item tertentu, gamer bisa mengajak menikah salah seorang NPC yang gamer temui, tentunya hanya beberapa NPC tertentu saja yang bisa gamer nikahi. Sang pasangan itu bisa gamer perintahkan untuk memasak makanan bagi gamer dan si doi bisa menghasilkan pemasukan bagi gamer, dengan cara membuka usaha. Wow, super banget ini game, jika dibandingkan dengan para pasangan hidup di Fable III yang kerjaannya setiap haris hanya bisa melorotin duit gamer. Selain fitur baru berupa menikah, gamer juga bisa memiliki seoarng pengikut, apapun itu job class-nya dan setiap kali berpetualang, gamer hanya bisa mengajak seorang pengikut saja.

    Para pengikut yang menjadi anggota tim bertempur ini bisa gamer temui di penginapan-penginapan yang ada di SKyrim. Selain bisa mengajak seorang pengikut, gamer juga bisa mengajak seekor anjing sebagai hewan peliharaan, sekaligus sebagai teman bertempur juga. Gaya pertarungan di game ini berlangsung real time dan bertempo cepat, dan ketika gamer maikin terbiasa dengan sistm HUD nya, maka gamer akan bisa lebih mudah menguasai akses senjata dan jurus sihir, untuk langsung digunakan dalam pertempuran melawan para musuh. gamer bisa sekaligus menggunakan sebilah pedang di satu tangan dan tangan lainnya merapalkan jurus sihir perusak secara cepat dalam mengalahkan lawan-lawan yang muncul. Pertempurana yang terjadi bersifat sangat dinamis, cair dan menarik banget, gamer bebas melakukan taktik apapun dalam menghabisi para musuh yang ada. JIka gamer memiliki seorang pengikut, akan lebih membantu ketika berhadapan dengan beberapa musuh yang sangat tangguh. Para pengikut ini bisa dikustomisasi persenjataannya maupun armor suitnya, suka-suka gamer saja.

  5. #5
    Macan Garong Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Album pictures Tagger First Class
    Awards:
    Discussion Ender
    Array
    Posts
    44,924
    Points
    9,209,047
    Level
    100
    Points: 9,209,047, Level: 100
    Level completed: 0%, Points required for next Level: 0
    Overall activity: 19.0%


    Musuh-musuh yang sangat tangguh itu diantaranya ialah Mammoth, kaum raksasa, dan naga itu sendiri. Kaum naga selain memiliki posisi yang sangat menguntungkan (sering terbang tinggi di angkasa), mereka juga bisa menyemburkan api yang sangat membahayakan gamer. Mereka juga jarang mendarat ke darat dan lebih sering berada di udara. Oleh sebab itulah, salah satu keuntungan bagi gamer jika cepat-cepat menamatkan quest utama bisa memiliki banyak macam jurus shout (semacam the force dalam Dunia Star Wars), dan salah satu jurus shout itu bernama Dragonrend yang bisa memaksa kaum naga yang terbang tinggi untuk mendarat ke daratan. Dan setiap mengalahkan naga, selain bisa menjarah berbagai isi perutnya yang sangat berharga, juga akan mendapatkan dragon soul yang berguna untuk membuka beberapa jurus shout. Jurus-jurus shout ini bisa gamer tambahkan selama gamer bisa membaca The Power of Words yang akan gamer bisa pelajari selama gamer mengikuti quest utama pada TES V ini.

    Dan kekuatan thw Words ini menggunakan bahasa Naga yang harus dipelajari terlebih dahulu dengan beberapa NPC tertentu saja, melalui quest utama. Umumnya kekuatan Words ini terdapat pada dinding batu yang tersebar di wilayah-wilayah tertentu saja. Oleh sebab itulah, penulis lebih mengejar dan menamatkan quest utama demi mempelajari bau eh bahasa naga itu, biar semakin kuat tentunya. Tapi, kenaikan level karakter milik gamer, juga akan berpengaruh terhadap para musuh-musuh yang ada. Jadi jika gamer berlevel 10, maka musuh-musuh semacam kaum bandit yang merajalela di beberapa tempat hanya bersenjata pedang besi biasa dan ber-armor paling kelas rendah, tapi begitu gamer mulai naik level hingga mencapai level 20, 30, 40, bahkan 50, semakin lama peralatan senjata dan armor para musuh akan semakin bagus, dan taktik bertempurnya akan lebih agresif. TIngkat kecerdasan para AI kawan ataupun musuh terhitung standar, tapi jika para musuh main keroyokan akan menyulitkan gamer. Apalagi jika para musuh itu berupa para bandit dari berbagai ras, benar-benar menantang.

    Setiap sehabis bertempur melawan musuh, entah itu monster laba-laba, beruang, serigala, mayat hidup, hantu, vampir, bandit, akan terdapat Finishing Scene seperti yang muncul di beberapa pertempuran yang terjadi di Dragon Age Origins (DAO). Bahkan, ketika melawan naga, persis sama akan muncul adegan gamer menaiki naga lalu menghabisinya dengan darah dingin, seperti di RPG DAO itu. Tingkat sadisme di game ini lumayan brutal, dalam beberapa adegan pertempuran, penulis menjumpai Finishing scene berupa pemotongan kepala hingga darah memuncrat membasahi armor dna snejata milik penulis, selain itu ada adegan menusuk tubuh musuh, menyabet tubuh, menyembelih leher, wow. peningkatan yang sangat tinggi daripada yang ada di seri sebelumnya. Ada beberapa keunikan jika gamer bertempur dengan beberapa musuh yang ada, jika mereka merasa terdesak biasanya akan lari ketakutan dan segera menjauhi medan pertempuran. Namun, jika gamer terus menekan mereka yang lari ketakutan itu, secara instan mereka akan kembali mempertahankan diri hingga tetes darah terakhir.

    Di setiap kota dan desa, entah besar kecil, akan selalu memiliki pasukan penjaga kota (polisi) dan setiap kota memiliki ciri khas polisi yang saling berbeda-beda. Namun sama-sama memiliki hukum yang tegas, jika mereka mengetahui gamer mendobrak paksa dengan cara membuka kunci dengan lockpick, mencuri, mencopet, membunuh, dan lain-lainnya, maka sistem wanted (buronan) akan langsung berlaku dan kepala gamer akan dihargai sekian keping emas (bounty). Semakin berat tingkat kriminalitas gamer maka nilai bounty akan semakin tinggi. Dan pilihan bagi gamer jika ketahuan, membayar denda, menyuap polisi (jika sudah memiliki perk bribe di skill speech), atau menolak menyerahkan diri maka gamer pasti akan diburu oleh petugas polisi satu kota. Andai gamer berhasil kabur untuk sementara waktu, dan ketika gamer lagi jalan-jalan di sekitar wilayah tempat gamer dimasukkan ke daftar buronan dan ada nilai bounty, maka secara acak akan muncul seorang pemburu bayaran (bounty hunter) yang tugasnya menangkap gamer, hidup atau mati.




    Gamer bisa bebas membayar harga denda atau bisa membunuh sang pemburu bayaran tersebut. Untungnya, kejahatan yang gamer lakukan di satu kota, semisal di Markarth takkan berlaku di kota Solitude maupun di Riften. Di sepanjang perjalanan, gamer akan menemui beberapa hal menarik, diantaranya ada kaum bandit yang mengaku-ngaku sebagai tentara kerajaan, lalu akan memeras gamer. Lalu serangan para bandit terhadap tentara kerajaan, ataupun gamer menemui adegan seoarng pencuri yang ketahuan beraksi di satu rumah di dalam kota, dan ia langsung dihajar ramai-ramai oleh warga sipil dan para polisi kota hingga mati di tempat. Para polisi itu bukan patung belaka, tapi bisa bereaksi pula dengan berpatroli di sekitar kota yang menjadi wilayah kekuasaannya. Jadi jika gamer merasa kecapekan atau berdarah-darah karena diserang musuh, maka segera mendatangi petuga spolisi terdekat, biar mereka yang membereskan musuh-musuh gamer itu.

    Di awal-awal permainan, karena hampir kehabisan darah maka penulis sempat mencoba memancing seorang raksasa menuju ke tempat biasa polisi berpatroli, dan berhasil. Sebab, para polisi kota itu tanpa diminta, secara otomatis membantu penulis dalam melawan seorang raksasa itu. Tidak hanya itu, ketika melawan seekor naga yang meneror satu kota, para polisi itu langsung bereaksi dengan menembakkan panah-panah mereka ke arah tubuh sang naga, hingga berhasil memaksa sang naga tuk mendarat sementar di atas tanah. Lalu, hal yang sangat menarik ilaha, ketika ramai-ramai melawan musuh itu, tanpa sengaja penulis salah menyabetkan pedang ke AI kawan hiangga ada yang tewas karena salah sasaran, yang bersangkutan/teman-temannya yang lain hanya menegur penulis. Wow, sistem friendly fire yang sangat ramah lingkungan dan hal itu terjadi di tingkat kesulitan manapun yang terdiri dari lima tingkatan di TES V ini. Sungguh luar biasa.

  6. #6
    Macan Garong Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Album pictures Tagger First Class
    Awards:
    Discussion Ender
    Array
    Posts
    44,924
    Points
    9,209,047
    Level
    100
    Points: 9,209,047, Level: 100
    Level completed: 0%, Points required for next Level: 0
    Overall activity: 19.0%


    SOUND
    Pihak pengembang mendesain setiap denting suara yang muncul dalam adu senjata logam, armor-amor berlapis tebal dan tipis, bunyi teriakan musuh yang kesakitan, bunyi derap langkah yang berjalana ataupun berlari di atas tanah, bunyi kecipak suara air ketika berenang, semua dengan kualitas sangat tinggi. Begitu pula dengan efek-efek suara dari setiap jurus-jurus sihir maupun Shout, terdengar sangat jelas di telinga. Para pengisi suara dari setiap NPC yang begitu banyak tersebar dimana-mana, terdengar seakan-akan sangat berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. bUnyi suara mesin-mesin uap yang terus bekerja tiada henti selama ratusan tahun di dalam bangunan-bangunan canggih milik satu ras yang hilang dari dunia TES, yakni ras Dwarf, terdengar sangat detail. Musik latar yang baru, berikut musik-musik latar dari seri TES IV dan III sebelumnya, terdengar sangat epik dan luar biasa, akan mampu menghanyutkan suasana yang ada selama gamer terus berpetualang di provinsi SKyrim ini.




    GFX
    Sistem transportasi antar desa antar kota bisa melalui beberapa cara, antara lain dengan jalan kaki/sambil berlari, naik kuda dari hasil curian atau membeli, atau naik kereta kuda yang tersedia di tempat pembelian kuda yang biasanya terletak di luar kota. Tapi kereta kuda yang berfunsgi sebagai angkotan umum yang tidak gratisan ini hanya memiliki jalur yang sangat terbatas dan hanya berguna di awal-awal permainan saja. Begitu gamer telah banyak menjelajahi tempat di Provinsi SKyrim maka gamer bisa dengan bebas melakukan teleportasi ke berbagai titik wilayah tertentu, melalui membuka peta dunia. Gerakan animasi setiap karakter yang ada di SKyrim terlihat mulus, seperti ketika cara kuda bergerak dan berlari, begitu pula mimik wajah sebagian para NPC, yang terlihat lebih mulus daripada sebelumnya. Berkat pemanfaatan havok physic engine secara optimal, memmbuat semua gerakan animasi karakter akan terlihat alami, terutama ketika tewas terbunuh. Jika gamer membunuh musuh di anak tangga/di lereng bukit, maka mayatnya secara alami akan menurun ke daratan yang lebih rendah.

    Bethesda sebelumnya sempat menyatakan bahwa game memakan space hdd yang kecil (sekitar 6gb) dikarenakan mereka mampu memaximalkan kompresi texture yang ada sehingga tidak akan memenuhi hdd gamer, sebagaimana yang terjadi pada salah satu game aksi yang menjadi garapan mereka, RAge oleh ID software. Hal tersebut memang hebat, mengingat banyak game-game pc baru yang menghabiskan sekian belas GB space HDD. Sekaligus secara tidak langsung, mereka menyatakan bahwa gfx engine dari game ini masih menggunakan mesin gfx yang sama dengan yang ada di di TES IV, FO 3 dan FO NV. Engine yang masih memakai DX9c, belum mendukung quad core secara penuh, dan hanya bisa memanfaatkan ram hingga 2gb saja. Dan, kualitas gfx ini secara default, meski sudah dimaximalkan di resolusi tertinggi akan sering terlihat beberapa obyek texture yang beresolusi rendah, jika gamer melihat lebih dekat beberapa obyek yang terdapat dalam dunia SKyrim.

    Untungnya, pihak Bethesda sekali lagi memperbolehkan TES IV mendukung penuh mods pihak ketiga, sehingga salah satu hasilnya ialah dengan melakukan banyak tweaking dan mods gfx dari pihak ketiga itu. Secara umum, kualitas gfx rpg ini menjadi lebih bagus dan beberapa texture-nya menjadi terlihat lebih tajam dan lebih detail daripada sebelum di tweak maupun memakai mods gfx pihak ketiga. Namun tetap gfx di TES V takkan sebagus gfx engien DX9c milik CD Projekct di rpg The Witcher 2 v2.0. Tapi, keterbatasan/kekurangan gfx engine di satu sisi menjadi kelebihan di sisi lainnya, yakni desain pemandangan alam di dunia SKyrim sangat-lah indah, setting pedesaan, perkotaan, atau beberapa lahan pertanian/perkebunan yang berada di sekeliling dinding kota yang tebal,reruntuhan beberapa bangunan kuno dan tua, setting dungeon di bawah kota yang terlihat sangat kotor dan kumuh, atau setting dungeon di dalam gua, yang terdapat pemandangan alam berupa hutan kecil dan ada air terjun mini ataupun sungai-sungai kecil ayng mengalir deras di dalam gua, semua tampak sangat indah.

    SEtting SKyrim-lah yang menjadi salah satu keindahan utama dalam game ini, dibagian utara provinsi maka wilayah bersalju mendominasi daratan dan di tengah-tengah provinsi maupun di wilayah selatan, kondisi cuaca dan tetumbuhan berikut pohon-pohonnya, terlihat lebih hangat dan lebih sejuk. Salju tidak hanya mendominasi wilayah utara SKyrim namun juga menutupi kawasan pegunungan tinggi, baik yang berada di tengah-tengah provinsi ataupun yang berada di bagian selatan provinsi. Cuaca yang berubah-ubah, tidak hanya muncul berupa badai salju tapi juga ada hujan. Semuanya itu tidak menghalangi kehidupan para NPC yang pagi hingga sore hari masih bekerja, lalu ketika malam tiba, sebagian dari mereka akan beraktivitas di dalam rumah atau tidur, sebagian lainnya memilih berkumpul dengan sesama NPC lainnya di dalam penginapan, untuk saling mengobrol dan sambil mendengarkan lagu. Sistem pergantian siang malam yang real time turut menunjang penuh aktivitas para NPC itu semua.




    Sebagaimana yang penulis katakan sebelumnya, pihak pengembeng telah menyederhanakan beberapa hal di TES V jika membandingkan dengan seri TES III-IV. Salah satunya yang kleihatan mencolok ialah sistem full armor suitnya, kalau di TES III, full armor suit baik yang tipe heavy/light terdiri dari sembilan bagian yang berbeda, sedangkan di TES IV menjadi lima bagian, dan di TES V ini turun menjadi empat bagian saja. Akan tetapi, penyederhanaan tersebut tak mengurangi detail model armor suit-nya. Begitu banyak variasi model armor suit yang tersebar di banyak tempat, para polisi disetiap kota juga memiliki ciri khas seragam armor yang saling berbeda. Para NPC yang penulis temui di sepanjang jalan, seringkali memakai full armor suit yang berbeda-beda, jadi ada yang memakai gabungan dari beberapa tipe heavy/light armor yang saling berbeda, dan adapula yang memakai komplit full armor suitnya. Berbagai faksi juga memiliki armor suit tersendiri semisal faksi Theft dan Dark Brotherhood, serta yang lainnya memiliki seragam full armor suit, semisal faksi Thalmor dan Stormcloak.

    Bagi penulis, yang paling menarik dari desain armor suit itu ada pada para tentara kerajaan alias faksi IMperial Legion, yang memakai model seragam para tentara Romawi yang bawahannya memakai semacam model rok. Padahal di sekelilingnya (para IMperial Legion ini juga tinggal di beberapa kota besar di SKyrim), para polisi kota memakai model seragam ala pasukan Viking yang menggunakan light armor penuh dari atas hingga bawahan. Begitu pula desain pasukan pemberontak yang memakai armor ala pasukan viking, tapi desainnya sedikit berbeda dengan para polisi sebagai penjaga kota. Lalu, desain full armor suit para agen Imperial Blade yang menggunakan model armor ala prajurit Samurai. Benar-benar variatif setiap desain armor suit di TES V ini. Desain setiap kota dan desa juga saling berbeda-beda, takada yang sama, ada kota yang dibangun berdasarkan reruntuhan ras Dwarf yang hilang, yakni kota Markarth yang merupakan salah satu kota tercantik di SKyrim. Beda dengan pemandangan kota yang terdapat di Windhelem atau Riften, karena kedua kota itu terlihat kotor dan kumuh.

  7. #7
    Macan Garong Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Album pictures Tagger First Class
    Awards:
    Discussion Ender
    Array
    Posts
    44,924
    Points
    9,209,047
    Level
    100
    Points: 9,209,047, Level: 100
    Level completed: 0%, Points required for next Level: 0
    Overall activity: 19.0%


    REPLAYBILITY
    Butuh waktu 52 jam bagi penulis, hanya untuk menamatkan semua quest utama saja, berikut quest faksi imperial legion, sedangkan quest-quest dari faksi lainnya, belum ada satupun yang tamat. Bahkan hingga penulis sendiri telah menghabiskan waktu 70 jam dalam berpetualang di dunia SKyrim ini, belum ada satupun quest faksi lainnya yang sudah tamat, meskipun penulis bergabung dengan faksi-faksi tersebut. Entah mengapa, setiap quest yang ada apapun itu bentuk dan isinya, baik dari yang paling sederhana questnya hingga yang agak rumit, akan terlihat sangat menarik untuk ditamatkan lebih lanjut. Sehingga, di akhir 70jam ini, begitu banyak quest yang menunggak di jurnal milik penulis, karena penulis ingin menamatkan quest yang satu tapi sudah tergoda untuk mencari dan menemukan satu quest baru lainnya. Seolah-olah tiada habisnya. Begitu banyak aktivitas yang bisa gmer lakukan di dalam dunia SKyrim, bagaikan seperti sedang memainkan salah satu game MMORPG terkenal di dunia.

    Semua perbedaan penggunaan model armor suit bagi masing-masing NPC, adanya aktivitas NPC yang saling berbeda, berbagai jenis tema musik dan latar, akan terus menggoda gamer untuk selalu kembali masuk ke dalam dunia SKyrim, meskipun gamer telah berhemti sekian waktu dari memainkan TES V ini. Ada begitu banyak quest yang belum terungkap, berbagai sekte rahasia yang tersembunyi, item-item semacam senjata dan amor yang unik-unik dan yang terkuat, semua menanti gamer untuk bisa ditemukan, belum lagi beberapa wilayah/dungeon terbaru yang bisa gmer jelajahi untuk menemukan hal-hal baru lainnya. Di rpg ini, juga memberikan kebebasan bagi gamer untuk bisa menjadi vampire, werewolf, bahkan hingga jadi kanibal. Karena tertarik untuk menyelesaikan sebuah quest sampingan di kota Markarth, penulis akhirnya jadi terjebak dengan bergabung ke sebuah sekte rahasia dan menjadi kanibal. Ya setidaknya bisa memakan mayat tubuh dari musuh-musuh yang telah penulis bunuh, bukan dengan "memakan" tubuh mereka ketika masih hidup, sama seperti kaum vampir/werewolf di dunia TES V ini.

    TES V memberikan kebebasan yang begitu tinggi bagi gamer dalam hal cerita dan gameplay. Tapi bukan berarti alur cerita bakal sebebas seperti yang terdapat dalam rpg FO NV, yang bisa menghasilkan multi ending. Di TES V ini, ending dari quest utama sih hanya satu saja, tiada sebuah cutscene movie yang epik. Tapi gamer dibebaskan untuk memilih berpihak kepada para pemberontak atau pihak tentara kerajaan, dan ending dari kedua faksi terbesar itu terpisah dari quest utama yang berisi perburuan para naga. Ending dari tiap faksi juga tak mempengaruhi ending dari cerita utama. MUngkin bagi sebagian gamer yang masih baru dalam dunia game rpg ataupun dunia TES, melihat durasi waktu dalam menamatkan cerita utama hingga puluhan jam akan terlihat menakutkan. Lalu melihat sistm HUD yang sangat sederhana dan model sistem inventory yang agak aneh, bisa menambah keraguan untuk memainkan game ini. Tapi percayalah, bgitu gamer bisa membiasakan semuanya di awal-awal permainan, lambat laun gamer akan tersedot dengan cepat ke dalam dunia SKyrim tanpa henti.

    Satu hal lagi, jika gamer telah menamatkan semua quest utama di TES V ini, apakah serangan kaum naga akan berhenti begitu saja?? well tidak sama sekali, gamer akan tetap menjumpai kemunculan para naga secara acak dan ada pula yang suka muncul terus di tempat-tempat tertentu. Tidak hanya naga, jika gamer menghabisi para bandit di suatu bangunan hingga bersih, maka jika menunggu sekian hari di dalam game, para bandit itu akan kembali muncul dan biasanya memiliki peralatan yang lebih baik daripada sebelumnya. Hal yang sama juga berlaku di beberapa wilayah tertentu, dimana para monster bisa kembali muncul lagi meskipun area-nya itu telah gamer bersihkan sebelumnya. Hal itu semua menjadikan unsur candu dalam rpg offline ini sangat tinggi, sehingga berhati-hatilah bagi gamer jika mau meneruskan perjalanan ke dalam dunia SKyrim ini lebih jauh lagi. Penulis sudah memberi peringatan, selanjutnya terserah gamer. Waspadalah.




    EPILOG
    Sekali lagi, Bethesda sukses mengembangkan sekual dari TES IV, memang mereka mengurangi beberapa sisi gameplay tapi disi lainnya mereka memberikan banyak inovasi baru dan membuat TES V ini menjadi lebih menyegarkan. Jika bujet mencukupi, alangkah baiknya dan sudah sepatutnya bagi gamer untuk membeli dvd resmi dari TES V ini, dan dvd edisi kolektor juga wajib dimiliki. Karena rpg ini takkan mengecewakan gamer, khususnya bagi penggemar rpg action yang kompleks.



    ============================================
    Penilaian
    ============================================

    Storyline----> 10
    Gamer bisa menjadi Ksatria naga yang sangat perkasa

    Gameplay-----> 10
    Sebagian Musuh bisa lari ketakutan jika terdesak

    Sound--------> 10
    Tema Musik dan latar musiknya terdengar sangat menarik

    Gfx-----> 9
    Pemandangan kota Markarth yang terlihat sangat indah

    Replayability----> 10
    Bebas pergi kemana saja dan bertindak sesuka hati gamer

    Total Skor = 9,8


    (+) :
    - mendukung penuh mods dan tweaking dari pihak ketiga
    - dunia SKyrim benar-benar terasa sangat hidup
    - begitu banyak quest yang tiada habisnya di Skyrim
    - model wajah dan tubuh setiap NPC hampir tiada yang sama persis
    - kepribadian setiap NPC sangat beragam
    - gamer bisa masuk penjara
    - bisa menaiki sang naga
    - loading game sangat cepat


    (-) :
    - sistem HUD-nya tak ramah terhadap pengguna kibord
    - masih muncul tak sedikit bug di quest-quest yang ada
    - masih memakai gfx engine yang lama



    ===========================================
    Minimum System Requirements
    ===========================================

    Code:
    OS	: Windows 7/Vista/XP (32 or 64 bit)
    CPU	: dual core 2GHz
    RAM	: 2GB
    HDD	: 6GB hard disk space
    GFX	: DX9c gpu with 512MB VRAM
    OTHER	: Internet Access for Steam activation
    ============================================
    Recommended System Requirements
    ============================================

    Code:
    OS	: Windows 7/Vista/XP (32 or 64 bit)
    CPU	: quad-core Intel/AMD
    RAM	: 4GB
    HDD	: 6GB hard disk space
    GFX	: DX9C gpu with 1 GB Vram
    GFX	: GTX 260/Radeon 4890 or higher
    Audio	: DX compatible sound card



    ============================================
    Detail DVD
    ============================================

    Code:
    Total Disc:	1 DVD9/2 DVD5
    Developer :	Bethesda Game Studios
    Publisher :	Bethesda Softworks 
    Rating    :	Mature (M)
    Last edited by arni; 27-11-11 at 19:02.
    setya5785, z13ghost, Goor and 6 others like this.

  8. #8
    Angel Agent Achievements:
    Three Friends Recommendation Second Class Tagger First Class 50000 Experience Points Veteran
    Array
    Posts
    1,482
    Points
    449,220
    Level
    68
    Points: 449,220, Level: 68
    Level completed: 4%, Points required for next Level: 13,030
    Overall activity: 0%
    Wew.... Nice Revuew bang arni.... panjang banget reviewnya sampe2 gak kebaca semua
    BTW skornya tinggi amat..

  9. #9
    Hacker Achievements:
    Three Friends Veteran 10000 Experience Points
    Array
    Posts
    162
    Points
    10,968
    Level
    11
    Points: 10,968, Level: 11
    Level completed: 44%, Points required for next Level: 1,182
    Overall activity: 0%
    wow keren gan review nya.. jd pengen cepet2 maen game ini..

  10. #10
    Soldier Achievements:
    Three Friends Tagger First Class 50000 Experience Points Veteran
    Array
    Posts
    331
    Points
    600,366
    Level
    78
    Points: 600,366, Level: 78
    Level completed: 50%, Points required for next Level: 7,884
    Overall activity: 0%
    akhirnya muncul jg review skyrim nih.. .. mantap reviewnya, bro..
    dan seperti biasa klo review dari bro arni selalu super lengkap.. good job..

    btw, di gambar yg ini koq health, magicka, staminanya bs sampe 9000 gitu ya.. ?

    Spoiler :

    wawan likes this.



 
Page 1 of 6 1 2 3 ... LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141