VSTEP (Virtual Safety Training and Education Platform) kini menyediakan sebuah game simulator anyar. Developer yang memang dikenal sebagai salah satu penghasil simulator untuk training ini, memberikan sebuah inovasi baru, yaitu simulasi mengemudikan kapal (ship). Kalau biasanya kita mendengar judul Train Simulator (simulasi kereta api), ataupun Flight Simulator (simulasi pesawat terbang), kali ini kita akan mencoba menyimak Ship Simulator 2006. Apa saja yang disajikan dalam game simulasi yang mengambil setting di perairan ini. semuanya akan dibahas tuntas dalam review kali ini.

Simple Interface.. Easy to Understand..
Ship Simulator 2006 tidaklah serumit game-game simulator lain seperti Trainz, Flight Simulator, dan lain sebagainya. Game ini hadir dengan interface dan panel kontrol yang mudah, ditambah dengan adanya beberapa dialog box yang berisikan data-data yang penting bagi Anda untuk menavigasikan kapal. Anda memang membutuhkan keyboard atau juga dapat menggunakan mouse, tetapi tingkat kompleksitas dan kerumitan jauh di bawah Flight Simulator. Jadi kalau Anda membayangkan Ship Simulator 2006 sebagai sebuah game yang memiliki tingkat kesulitan sangat tinggi, buang jauh-jauh persepsi Anda. Mungkin game ini dapat dikuasai hanya dalam waktu setengah jam saja, bahkan kurang dari batasan waktu tersebut. Apalagi dalam game ini, juga disediakan tutorial dan file guide lengkap dalam format PDF. So, Anda tidak perlu lagi merasa kuatir akan kesulitan mempelajari kontrol dalam game ini.

Dalam game ini, Anda berkesempatan mengendarai berbagai macam kapal, mulai dari kapal kecil sampai kapal besar nan mewah. Anda dapat merasakan bagaimana mengemudi kapal patroli pantai, ataupun bagaimana rasanya berada di atas kapal pesiar (yacht) mewah. Anda juga berkesempatan melakoni peran sebagai nahkoda kapal angkutan barang (kapal cargo), di mana kapal-kapal cargo tersebut disediakan dalam berbagai macam jenis dan ukuran. Dan lebih heboh lagi, Anda dapat mengemudikan kapal pesiar super mewah yang telah terkenal dalam film layar lebar, yaitu "The Titanic". Anda dapat merasakan bagaimana megahnya kapal ini pada eranya.

Kontrol dalam game ini sangat sederhana. Anda akan diberikan dua buah tuas yang akan mengatur kekuatan mesin yang akan digunakan. Tuas kiri merupakan kontrol untuk port engine, dan tuas kanan untuk starboard engine. Kedua tuas ini menentukan daya dorong yang akan diberikan oleh masing-masing mesin. Anda harus memperhitungkan kekuatan mesin ketika hendak berhenti, melakukan belokan, ataupun merapatkan kapal ke dermaga.

Kemudian Anda juga akan melihat ada sebuah thruster, sebuah tuas pengontrol yang berfungsi untuk menentukan kemiringan kapal saat berbelok. Hal ini harus diperhitungkan saat Anda melakukan belokan-belokan yang sangat tajam. Misalnya ketika Anda ingin memutar kapal Anda untuk keluar dari kawasan pelabuhan.

Untuk membelokkan kapal, Anda dapat melihat berbagai macam roda kemudi yang berbeda-beda. Anda akan melihat kemudi berbentuk bulat, berupa roda kayu dengan ruas-ruas untuk memutar pada kapal Titanic, seperti pada filmnya. Atau Anda akan mendapati kemudi berupa tuas kecil yang dapat didorong ke kanan dan ke kiri dengan sangat mudah, seperti yang banyak kita jumpai pada kapal-kapal modern saat ini.

Anda juga dapat melakukan aksi-aksi lainnya seperti pada realisme dunia perkapalan, misalnya Anda ingin menurunkan jangkar untuk memperlambat kapal ataupun menambatkan kapal di pelabuhan, atau menarik jangkar ketika Anda hendak melakukan pemberangkatan. Semua aktivitas dan mekanisme di dunia perkapalan dapat Anda lakukan melalui akses tombol di panel yang ada tersedia di layar Anda.

Walaupun game ini tidak sekompleks game-game simulator yang telah saya sebutkan di atas, Ship Simulator 2006 tetap berusaha menyuguhkan permainan yang detil. Anda akan merasakan pengaruh angin terhadap kapal Anda, pengaruh aliran air, dan juga pengaruh dari kedalaman laut di bawah kapal Anda. Semuanya telah dikalkulasikan sedemikian rupa sehingga menghasilkan simulasi yang realistik.

Bahkan game ini akan memperhitungkan kekuatan benturan antara kapal Anda dengan dinding dermaga, atau antara kapal yang satu dengan kapal yang lainnya. Bahkan, ombak dan angin pun dapat membengaruhi posisi kapal Anda, misalnya ketika Anda berjalan perlahan di dekat dinding dermaga, ada kemungkinan ombak yang besar menghempaskan kapal Anda hingga membentur dinding dermaga. Nah, terlihat jelas bagaimana VSTEP berusaha membuat Anda merasa seolah berada di laut sesungguhnya.


A Lot of Information to Help You...
Game ini juga menyediakan berbagai informasi penting yang akan membantu Anda untuk menyelesaikan misi-misi. Anda akan diberikan sebuah panel yang berisi objective atau goal yang harus Anda capai. Misalnya menjemput turis yang hendak berwisata, mengejar pelanggar lalu lintas perairan, atau mengirim barang ke dermaga lain, dan masih banyak lagi misi-misi yang harus Anda selesaikan. Total diberikan sebanyak 40 buah misi yang bervariasi, menggunakan kapal yang berbeda-beda juga, bahkan ada beberapa misi yang mengharuskan Anda menahkodai lebih dari satu kapal.

Anda juga dapat melihat panel mata angin untuk mengetahui arah kapal Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan mini map untuk melihat posisi kapal Anda, dan melihat daerah-daerah di sekitar Anda. Jangan sampai kapal Titanic Anda menabrak batu karang lagi. So, perhatikan baik-baik posisi kapal Anda, tujuan Anda, dan situasi perairan di sekitar Anda.

Kompleksitas status data yang ditampilkan juga sangat tinggi. Pada kompas, Anda akan disuguhi data mengenai Heading Direction, Course Over Ground (COG), Course To Waypoint (CTW), True Wind Direction (TWD), dan Apparent Wind Direction (AWD). Juga ada fasilitas GPS untuk membantu Anda menavigasikan kapal, meliputi informasi mengenai Latitude, Logitude, Speed Over Ground, Distance To Waypoint, dan Estimated Time.

Technically Average...
Dari sisi gameplay, marilah kita menengok ke sisi lainnya, yaitu grafis dan suara. Untuk gambar dari game ini, memang seluruhnya telah dirender dalam dunia full 3D, tetapi kualitas yang dihadirkan oleh VSTEP tidaklah terlalu mengesankan.

Desain kapal memang detil, bentuk dari setiap kapal pun berbeda. Hanya saja kualitas gambar yang kita lihat cenderung kasar dan jaggies, walaupun kita telah mengeset resolusi ke tingkat paling tinggi sekalipun. Gambar dermaga, pelabuhan, kapal patroli yang berlalu lalang, lifebuoy yang bertebaran di sepanjang perairan, semuanya nampak tergambar jelas. Anda juga dapat menyaksikan kapal lain yang akan berpapasan dengan kapal Anda. Kapal juga dapat dilihat secara fisik dari jauh (sehingga tampak detil luar dari kapal), maupun di zoom hingga detil, sehingga Anda dapat melihat kolam renang air panas, maupun kokpit dan kabin dari kapal. Walaupun demikian, desain interior tersebut masih tidak secantik Train Simulator dan Flight Simulator milik Microsoft.

Untuk kualitas suara, Anda akan mendengar suara mesin yang berbeda-beda dari tiap kapal. Deruan mesin akan meninggi dan merendah, sesuai dengan tenaga yang Anda berikan pada tuas mesin. Anda juga akan mendengar deburan ombak, suara benturan jika Anda menabrak dinding dermaga, atau suara benturan dengan kapal lainnya. Tidak ada musik latar yang menyertai game ini, sehingga suasana yang dihasilkan kurang begitu asyik. Game ini cenderung terdengar sepi dan sunyi.

So, Overall... Good Game But Just Average Quality...
Secara keseluruhan, dapat disimpulkan, game ini mencoba menghadirkan nuansa simulasi yang unik, yang berbeda dibandingkan game simulasi yang telah ada. Game yang bersetting di perairan luas ini cukup menarik, VSTEP menyertakan gameplay yang cukup realistis, disertai dengan kontrol dan interface yang mudah. Tetapi, game ini tidak didukung oleh grafis yang istimewa, dan juga kualitas suara yang dihadirkan kurang begitu mempesona. Jadi, bagi Anda yang bukan benar-benar penggemar dunia maritim, atau dengan kata lain, bukan penggemar permainan simulasi, maka game ini mungkin cenderung membosankan. Tetapi bagi Anda pecinta simulasi kapal, maka Ship Simulator 2006 berhak masuk dalam daftar koleksi Anda. So, the decision still on your hand, gamers! Try it just if you like it!



Game Information and Score

Publisher : Dreamcatcher
Developer : VSTEP
Genre : Simulation
Platform : PC
Number of disc : 1 CD

System Requirement :
Processor 1 GHz, Memory 256 MB, VGA 128 MB, HD Space 1 GB
Author : peter / x-pi
Posted : 17th July 2006

Overall Score : 70
Graphic : 7
Sound : 6
Gameplay : 8
Value : 7
Reviewer : 7

Author's Comment
Ingin menjadi nahkoda? Pernah bermimpi mengemudikan Titanic? Di sinilah jawabannya...



Screenshot :