Welcome to the Gamexeon Forum.
Page 1 of 2 1 2 LastLast
Views: 10457
Replies: 17
  1. #1
    Moderator
    14
    Achievements:
    Three Friends Your first Group Recommendation First Class Veteran Created Album pictures
    Awards:
    Posting Award
    Array
    Posts
    31,329
    Points
    6,808,800
    Level
    100
    Points: 6,808,800, Level: 100
    Level completed: 0%, Points required for next Level: 0
    Overall activity: 16.0%

    Saur Sepuh (Brama Kumbara)

    Ini buat temen2 yang lahir diatas tahun 1985 ke atas kaya'nya gak ngerti deh ... OK ... cuman mo bahas sandiwara radio Saur Sepuh jadul...



    Brama (Ferry Fadli), raja Madangkara, tipe lelaki welas-asih, jujur, menarik, dan ksatria dalam arti sebenarnya. Punya 2 ajian ampuh: Lumpuh Lampah dan Serat Jiwa. Dialah generasi pertama Madangkara. Belakangan tak terberita ke mana ia pergi.

    Harnum (Ade Yulia), isteri resmi Brama. Tipe wanita lincah, centil, supel, tapi sayang suami.

    Pramita (Maria Untu), sangat keibuan, dan memegang teguh kesetiaan. Ibu 2 anak ini yang kemudian diperistri Brama, lantaran sang ksatria menaruh belas-kasihan melihat nasibnya yang terlunta-lunta, serta kehilangan suami.

    Garnis (Anna Sambayon), putri sulung Pramita. Kecantikan dan kejujurannya persis ibunya, tapi sifatnya lebih mirip Mantili.

    Bentar (Petrus), putra bungsu Pramita, pewaris segala sifat ayah tirinya, yakni Brama. ialah sentrum cerita, dengan petualangan membasmi kejahatan, menegakkan keadilan. dari dia pula, pesan moral cerita terwakili. Petualangannya sampai ke negeri Tibet, mencari Biksu Kampala.

    Astagina, guru Brama. Dalam lakon ini tak banyak dibicarakan.

    Biksu Kampala, terpaksa mengarungi lautan karena ingin menjajal kesaktian Brama. Pertempuran antar keduanya berakhir dengan jalinan persahabatan. Atas dasar sikap saling mnyegani itulah, Biksu Kampala berniat mengangkat murid Bentar, setamat dari ajaran Brama.

    Mantili (Elly Ermawatie), adik tiri Brama (seibu namun lain ayah). Tipe wanita lincah, periang, suka petualang, berilmu tinggi, namun keras kepala. Sekalipun, jiwa welas-asihnya tak bisa hilang. Budinya terlalu baik untuk berbuat jahat, meski terkadang muncul sifat urakannya. Senjatanya Pedang Setan dan Pedang Perak.

    ~ Setelah selesai perawatan, Brama memasukkan ajian Sri Gunting kepada Mantili, yang kemudian dijadikan pukulan pembalas kepada Lasmini.

    Samba (Edi Dhosa), bekas tunangan Mantili. Jalinan cintanya dengan Mantili tak berlanjut, lantaran kedua pihak sama-sama keras kepala.

    Gotawa (Lukman), posisi sebenarnya wakil Brama dalam pemerintahan Madangkara. Ia suami yang baik buat Mantili. wawasannya luas, dan menghadapi Mantili, ia lebih banyak ngemong. Ksatria penurut, serta suami yang baik.

    Paksi Jaladara (Bambang Jeger), putra tunggal pasangan Mantili-Gotawa. Dialah calon jagoan bermodalkan karakter tinggalan ibunya. Namun tanda-tanya besar masih menggantung di atasnya, mau jadi apa dia kelak?

    Bongkeng (Bahar Mario), bekas perampok yang ditundukkan oleh Mantili. Kemudian, ia pun jadi abdi yang baik wanita ini. Ya, menemani kemana-mana, ya mengulurkan tangan selagi mantili mengalami kesulitan.

    Lasmini (Ivone Rose), wanita pemuja kemurkaan dari Gunung Lawu. Ia berambisi besar menghancurkan Kerajaan Madangkara sampai ke akar-akarnya. Mulai dari Brama, Mantili, Bentar, bahkan Paksi Jaladara. Kadang-kadang tanpa kecermatan, dan nafsu jahatnya tercampur dengan rasa simpati. Asal tahu saja ia naksir Brama.

    ~ Pertempuran pertama, Lasmini cundang. Perjumpaan kedua, Mantili terluka hebat, dan harus dirawat selama seminggu, akibat hempasan Cipta Dewa, ilmu andalan Lasmini. Ajian hebat ini ditemukannya dari hasil kombinasi 2 ilmu andalan Brama – Lumpuh Lampah dan Serat Jiwa – serta ilmu hasil contekan dari kakak-beradik Kijara-Lugina, waringin Sungsang.

    Kijara (Idris Apandi), semula begitu gigih menempur Kerajaan Madangkara. Setelah takluk oleh Brama, ia justru bersahabat. Meski sesekali kumat lagi, lantaran hasutan dari Lasmini yang sering ditemuinya.

    Lugina (Iwan), adik sperguruan Kijara, ikut bahu-membahu menempur Brama. Akhirnya – bebarengan dengan abangnya – tewas di tangan Biksu Kampala. Persoalannya karena salah paham saja, sebetulnya Kampala yang turun gunung dan menyeberang lautan karena ingin menjajal Brama, langsung ketemu Kijara-Lugina, yang telah bershabat dengan Brama. Karena merasa harus membela raja yang sudah menaklukkannya itu, kedua jagoan yang sudah tobat ini memerangi Kampala. Dan kalah, tewaslah keduanya.

    Pasopati, tak banyak diceritakan. Ia seorang pertapa, yang mengangkat murid kakak beradik Kijara dan Lugina. Setelah menurunkan Ilmu Waingin Sungsang, ia dikhianati. Ajian hebat inilah yang dipakai 2 bersaudara seperguruan itu buat menempur Brama. Dengan Waringin Sungsang, Kijara dan Lugina berhasil mengalahkan Brama. Tapi belakangan, Raja Madangkara memukul balik keduanya, dengan ajian Serat Jiwa.

    Aki Kolot (Harry Akhiq), menolong Lasmini dari kekalahan bertanding melawan Mantili, kemudian mengangkat murid. Tokoh ini tak ketahuan asal-usulnya, sebagaimana tipologi kejahatannya tak begitu kentara.

    Anjani (Novia Kolopaking), putri tunggal Lasmini dari ayah yang tak ketahuan juntrungannya. Gadis ini kasihan sebenarnya. Di satu pihak, karakternya tak begitu jahat. Tapi, di lain pihak ibunya begitu indoktrinatif menanamkan kebencian dan angkara murka. Alhasil simpatinya pada Bentar, bercampur-baur dengan sikap permusuhan yang dihembuskan ibunya.

    ~ Setelah Mantili undur diri buat bertapa, Lasmini makin malang-melintang, dan jadi musuh utama dinasti Brama. Baik secara sendiri, melalui tangan Anjani, ataupun menggunakan tangan-tangan para cecunguk tak jemu-jemu merongrong Bentar.

    ~ Tanda tanya pun muncul disini. kalau mungkin kisah asmara antara Anjani dan Bentar bisa diulur-ulur lebih dramatis. Sekaligus, situasi setiap saat membenturkan Anjani pada kebimbangan


    yep

    kangen

    di era modern ini, dimana ya cari serialnya? VCD kek
    kan udah pernah di film-kan tuh
    GXer angakatan "babe gwe" sharing dungz, thanks
    Last edited by becco; 21-02-08 at 17:08.

  2. #2
    Wie Amalia Achievements:
    Three Friends Your first Group Recommendation First Class Veteran Tagger First Class
    Array
    Posts
    11,145
    Points
    830,430
    Level
    92
    Points: 830,430, Level: 92
    Level completed: 14%, Points required for next Level: 15,820
    Overall activity: 9.0%
    mungkin video tape kali ya yang mungkin ada. kalo vcd agaknya susah dicari.

  3. #3
    Angel Agent Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Tagger First Class 10000 Experience Points
    Array
    Posts
    1,437
    Points
    14,190
    Level
    12
    Points: 14,190, Level: 12
    Level completed: 89%, Points required for next Level: 260
    Overall activity: 0%
    ^
    wew, gw tau tuh. drama radio jadul
    coba aja cari di eBay mungkin ada

  4. #4
    Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Blog entry Tagger First Class
    Array
    Posts
    7,914
    Points
    758,185
    Level
    88
    Points: 758,185, Level: 88
    Level completed: 9%, Points required for next Level: 16,065
    Overall activity: 0%
    Blog Entries
    3
    oh awal nya drama radio yah..gw taunya film nya ,kerentuh filmnya kalau nggak salah ampe 4 biji deh filmnya ,pas film yg ke 4 pedannya menyatu dengan jagoanya dan semua pedang yg di pegang jadi pedang sakti

    ayo perusahaan film,sekalian aja di bwat Bd-DVD nya

  5. #5
    Moderator
    14
    Achievements:
    Three Friends Your first Group Recommendation First Class Veteran Created Album pictures
    Awards:
    Posting Award
    Array
    Posts
    31,329
    Points
    6,808,800
    Level
    100
    Points: 6,808,800, Level: 100
    Level completed: 0%, Points required for next Level: 0
    Overall activity: 16.0%
    iya kan pernah difilmkan
    1. Satria Madangkara
    2. ?
    3. Kembang Gunung Lawu
    4. ?

    sampurasuuun.... rampeeeees

    ini Lasmini dan Bentar



    *Anang, tau dimana cari serialnya?

  6. #6
    Moderator
    14
    Achievements:
    Three Friends Your first Group Recommendation First Class Veteran Created Album pictures
    Awards:
    Posting Award
    Array
    Posts
    31,329
    Points
    6,808,800
    Level
    100
    Points: 6,808,800, Level: 100
    Level completed: 0%, Points required for next Level: 0
    Overall activity: 16.0%
    dari wiki, mateb banget nih
    Saur Sepuh mengambil tema pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk di Majapahit.

    Ceritanya berpusat pada Brahma Kumbara, seorang pewaris tahta kerajaan Madangkara yang pada awal kisah diceritakan tengah di jajah oleh kerajaan Kuntala. Setelah kemudian Brahma berhasil menumbangkan kekuasaan Kuntala dan memulihkan kedaulatan Madangkara, kisah berlanjut dengan permusuhan antara Brahma dengan Gardika yang ingin kembali mengembalikan kekuasaan Kuntala.

    Dalam sebuah pertarungan dengan Gardika, Brahma yang terluka parah oleh ajian serat jiwa milik Gardika diselamatkan oleh seekor burung Rajawali raksasa. Burung rajawali ini kemudian menjadi sahabat Brahma. Rajawali bahkan kemudian menunjukkan kepada Brahma dimana tersimpan kitab asli ajian Serat Jiwa yang ternyata adalah milik kakek Astagina, kakek dari Brahma. Secara tidak sadar ilmu yang selama ini dipelajari oleh Brahma dari Kakek Astagina (ajian Tapak Saketi, ajian Gelang Gelang, dan ajian Bayu Bajra) adalah bagian dari ajian Serat Jiwa. Brahma berhasil menguasai ajian Serat Jiwa hingga ke tingkat yang paling tinggi (Tingkat 10).

    Permusuhan Brahma dan Gardika akhirnya mencapai puncaknya ketika keduanya berduel hidup mati dan berakhir dengan tewasnya Gardika di tangan Brahma. Gardika yang sepanjang hidupnya banyak melakukan kejahatan digambarkan tubuhnya hancur menjadi tepung.

    Dalam perjalanannya, Gardika detemai oleh seorang bernama Kendala. Pada dasarnya Kendala adalah seorang yang baik, setelah Gardika tewas di tangan Brahma, Kendala mendapat pengampunan dari Brahma dan kemudian mengabdi kepada Madangkara.

    Kisah kemudian dilanjutkan dengan perseteruan antara Brahma dengan Panembahan Gunung Saba, pada bagian ini dikisahkan bahwa Ajian Serat jiwa yang sebelumnya dianggap sebagai ilmu tertinggi menemukan tandingannya, yaitu ajian Waringin Sungsang. Brahma yang hampir tewas setelah bertarung hidup mati dengan dua murid Panembahan Gunung Saba (Kijara dan Lugina) malah secara tidak sengaja mendapatkan ajian Lampah Lumpuh yang digambarkan tidak dapat dikalahkan. Sampai akhir cerita ajian lampah lumpuh tidak terkalahkan, hanya 1 kali bertanding imbang dengan ilmu Ikatan Roh milik biksu Tibet.
    manteb narasinya

    hiyaaaaat hiyat
    Kijara dan Lugina dengan ajian Waringin Sungsang
    ...

  7. #7
    Destroyer Achievements:
    Three Friends Recommendation Second Class Veteran Created Album pictures Tagger Second Class
    Array
    Posts
    4,581
    Points
    368,080
    Level
    61
    Points: 368,080, Level: 61
    Level completed: 69%, Points required for next Level: 3,870
    Overall activity: 0%
    ini sandra kan becc..
    trus dipelemin judule saur sepuh
    yang jadi lasmini dolo temen maen di Solo..
    lupa namanya ...
    dolo kampungan amat neh sandra, wa aja kaga' taw ...
    gettu pelemnya nongol baruw dee pade eeeeboohh,..
    terutama pemeran lasmini yank paling seksi ... ke' mulan jameelaa songss...
    :bawanglol:

  8. #8
    Moderator
    14
    Achievements:
    Three Friends Your first Group Recommendation First Class Veteran Created Album pictures
    Awards:
    Posting Award
    Array
    Posts
    31,329
    Points
    6,808,800
    Level
    100
    Points: 6,808,800, Level: 100
    Level completed: 0%, Points required for next Level: 0
    Overall activity: 16.0%
    ^ pemeran Lasmini yang di film layar lebar mbak Murti Sari Dewi om gadis Solo
    emang mantaaaab

    klo yang di sandiwara radio Ivone Rose

  9. #9
    Gunslinger Achievements:
    Three Friends Your first Group Recommendation First Class Veteran Created Album pictures
    Array
    Posts
    9,764
    Points
    3,506,409
    Level
    100
    Points: 3,506,409, Level: 100
    Level completed: 26%, Points required for next Level: 27,841
    Overall activity: 0%
    Duh gwe jadi inget kenangan lama waktu masih es-de, dengerin drama bersambung Saur Sepuh di RRI pas pagi2...Huaaak.... CiaaaaaT.. Djederrrr!!!

    Pelem pertama yang di tonton di bioskop juga Saur Sepuh, tp lupa yang kebrapa. tapi paling keinget adegan Brama naek Burung Rajawali Raksasa (Garuda...yah!?).

    Bring back my old memories.

  10. #10
    Prime Program Achievements:
    Three Friends Veteran Created Album pictures Tagger First Class 25000 Experience Points
    Array
    Posts
    6,172
    Points
    46,442
    Level
    22
    Points: 46,442, Level: 22
    Level completed: 58%, Points required for next Level: 1,808
    Overall activity: 16.0%
    wah, sandiwara radio

    jadi inget ada lagunya "Mantili bernyanyi...." tapi gua dah ngga inget lagunya kek apa, cuma inget aja kata2 depannya itu



 
Page 1 of 2 1 2 LastLast

LinkBacks (?)

  1. 05-10-11, 18:09

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141