Welcome to the Gamexeon Forum.
Views: 19068
Replies: 9
Like Tree7Likes
  • 5 Post By nixc
  • 2 Post By sendz

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Listrik Jepret saat nyalain PC atau Perabot Elektronik laen

  1. #1
    Coder Achievements:
    Three Friends Veteran Tagger First Class 10000 Experience Points
    Array
    Posts
    229
    Points
    18,458
    Level
    14
    Points: 18,458, Level: 14
    Level completed: 56%, Points required for next Level: 1,192
    Overall activity: 10.0%

    Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Listrik Jepret saat nyalain PC atau Perabot Elektronik laen

    ASAL muasal perMASALAHan.

    Anda tinggal di rumah kost yg mcb-nya cuma satu, lalu saat Anda menyalakan notebook Anda di kamar, tiba2 mcb nge-trip. Padahal Anda belum sempat nge-save ketikan tugas Anda.

    Berarti Anda senasib sama saya, cari solusi alhasil ketemu artikel yang bahas ginian. semoga bermanfaat..

    Spoiler :



    1. THEORY


    Kenapa sih MCB bisa nge-trip padahal saya kan cuma nyalain notebook atau PC yang dayanya kecil?

    Peralatan elektronika modern seperti notebook dan PC biasanya menggunakan power supply yang dilengkapi dengan Capacitor untuk men-stabilkan tegangan output. Makin besar nilai capacitornya, makin stabil output tegangannya, sehingga komputer tidak gampang restart/hang saat sedang menjalankan aplikasi berat.

    Saat pertama kali dinyalakan, capacitor berusaha untuk mengisi dirinya secepat mungkin (dalam hitungan hanya beberapa milidetik!), dan resistansi rangkaian turun drastis sampai mendekati nol sehingga seolah-olah terjadi konslet/hubung-singkat. Menurut rumus fisika yang kita pelajari di SMP/SMA/SMK, besarnya arus yg mengalir adalah sama dengan tegangan jaringan listrik dibagi dengan resistansi rangkaian. Saat capacitor sedang mengisi muatan, resistansi yg tersisa hanyalah dari kabel jaringan. Seandainya kabel tersebut memiliki resistansi 1 ohm, maka arus yg mengalir bisa mencapai [220volt dibagi 1 ohm] = 220 Ampere! Lebih dari cukup untuk men-trigger mcb yg ada di rumah. Arus yg sangat besar ini disebut Inrush Current (atau Power Surge).
    Selain kapasitor, komponen lain yg ikut-ikutan menjadi biang kerok adalah Transformator (trafo). Saat pertama kali dinyalakan, trafo akan menarik arus yg besar sampai flux magnet yg ada di dalamnya stabil. Itu sebabnya kadang-kadang kita melihat kalau cahaya lampu agak meredup sesaat ketika kita menyalakan TV/monitor CRT atau Power Amplifier berdaya besar.
    Berikut ini daftar peralatan listrik yg sering menimbulkan Inrush Current :
    * Lampu tungsten
    * Lampu TL
    * Trafo
    * PSU (misalnya yg ada di PC atau TV atau Amli Hi-Fi)
    * Electric motor (termasuk juga pompa air, AC, kulkas, kipas)
    * CRT di monitor/TV tabung (terutama yg memakai degauss)

    Apakah Inrush Current itu bisa merusak peralatan elektronik?

    Bisa saja.

    Contoh gampangnya adalah lampu/bohlam. Biasanya mereka lebih sering putus/mati/rusak saat kita baru saja menekan saklar untuk menyalakan lampu. Jarang kejadian ada lampu tiba-tiba putus saat sudah menyala beberapa menit (kecuali gara-gara ada lonjakan tegangan karena petir atau sebab lain). Saat baru dinyalakan, lampu memiliki resistansi yang rendah sehingga arus yang mengalir sangat besar - ini yang menyebabkan filamen sering putus. Setelah filamennya memanas dan resistansinya meningkat, barulah arusnya turun mendekati nilai nominal daya lampu tersebut.

    Untuk peralatan lain, yang paling sering rusak pertama kali adalah Fuse/sekring, terutama yang ada di stabilizer/UPS yang terhubung dengan peralatan tersebut. Yang kedua adalah Bridge Rectifier (dioda penyearah) yang harus meng-handle arus yg melebihi batas toleransinya (terutama di power-Amp yang memiliki kapasitor waduk ukuran raksasa). Yang ketiga adalah kapasitornya sendiri, bila terlalu sering menarik arus yang melebihi batas ripple yang diperbolehkan oleh pabrik, maka lama-lama akan hamil (ehm... maksudnya rusak). Kumparan dalam pompa air atau motor listrik bisa terbakar bila arusnya terlalu besar. Walaupun jarang terjadi, trafo pun bisa mengalami kerusakan akibat inrush current (biasanya akan mulai berdengung bila chassis dan kumparannya tidak kuat menahan magnetic stress).


    Bagaimana cara menahan Inrush Current ini? Saya dengar kita bisa memakai peralatan yang disebut Softstarter/Inverator untuk keperluan ini, apa benar?

    Benar sekali.

    Ada beberapa cara untuk mengimplementasikan soft-starting :
    1. Menggunakan Triac untuk mengontrol duty-cycle (mirip dengan cara kerja dimmer)
    2. Menggunakan beban yang dipasang secara seri dengan peralatan elektronik tersebut.
    3. Menggunakan komponen pembatas arus seperti resistor/thermistor

    Cara 1 dan 2 biasanya dipakai untuk elektro-motor. Untuk komputer, kita biasanya memakai cara yang ketiga. Cara pertama tidak bisa dipakai di komputer karena TRIAC akan merusak bentuk gelombang sinus dari tegangan listrik yang masuk ke komputer, sehingga menimbulkan noise. Cara kedua juga tidak bisa dipakai karena banyak PSU yang menolak untuk bekerja bila tegangannya tidak mencukupi.

    Di pasaran, kita bisa menemukan inverator/sofstarter abal-abal yang hanya berisi sepasang resistor 22 ohm 10 watt dalam formasi parallel. Secara teori, inverator model ini cuma bisa digunakan untuk peralatan elektronik yang pemakaian dayanya 300 watt kebawah (misalnya TV, pompa air dan laptop). Disipasi daya pada resistornya hanya berkisar 10-20 watt, masih dalam batas toleransi.

    Contoh-contoh softstarter
    Spoiler :




    thx to ch*p

    Masalah muncul bila kita mencoba menggunakan sofstarter abal-abal ini pada komputer kelas enthusiast yang konsumsi dayanya sangat tinggi, katakanlah di atas 600 watt. Resistor akan mendisipasikan daya terlalu besar (100 watt atau lebih), sehingga dalam beberapa detik akan tercium bau hangus yang biasanya diikuti dengan terputusnya arus listrik ke PSU.


    Kalau begitu rig saya yang memakai PSU 750 watt gak bisa pake inverator abal-abal dong. Apakah ada rangkaian softstarter yang bisa dipakai untuk rig saya?

    Ada.

    Di internet tersedia beragam rangkaian softstarter, mulai dari yang sederhana (dengan hanya menggunakan 1 thermistor dan tak ada komponen tambahan) sampai yang agak rumit (dengan trafo dan relai). Bagaimana cara membuatnya akan kita bahas dalam post berikutnya.


    2. DESIGN SOFTSTARTER/INVERATOR

    A. Assumption, Requirement & Limitation
    Softstarter yang kita buat dalam proyek ini dirancang untuk bekerja pada tegangan jala-jala 220 volt 50 Hz, untuk jaringan listrik residensial/bisnis yang menggunakan Mini Circuit Breaker tipe C. Softstarter ini dirancang untuk digunakan pada peralatan elektronik yang menggunakan PSU (misalnya komputer, televisi, amplifier, stereo-set, dll), dan tidak dirancang untuk beban induktif (misalnya AC, pompa listrik, mesin bor, dll).

    Softstarter dirancang untuk menahan arus listrik selama 1 - 3 detik, dengan arus puncak sebesar 500% dari arus nominal yang tertera di MCB. Setelah itu, resistor pembatas arus akan di-bypass oleh relai sehingga tidak akan terjadi pemborosan daya berlebih pada resistor. Softstarter hanya boleh digunakan sesuai dengan ratingnya, misal :
    - Softstarter 2200VA tidak boleh digunakan pada jaringan yg menggunakan mcb 450VA.
    - Softstarter 450VA tidak boleh digunakan untuk PSU 700 watt.

    1 sofstarter hanya boleh dipakai untuk 1 peralatan listrik (atau 1 group peralatan listrik yg dinyalakan berbarengan). Penggunaan softstarter untuk satu group peralatan listrik yang tidak dinyalakan berbarengan (selisih waktu lebih dari 1 detik) akan mengakibatkan kegagalan kerja softstarter (MCB akan nge-trip). Pada saat Anda menyalakan/mematikan komputer, sebaiknya pencet saklar di softstarter saja, jangan pencet saklar yang ada di stabilizer ataupun casing CPU.

    B. Schematic
    Di internet tersedia beragam rangkaian softstarter, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan :

    1. Simple softstarter with Power Resistor : murah tapi cuma untuk daya kecil
    2. Simple softstarter with Thermistor/NTC resistor : compact tapi panasss
    3. Softstarter with Triac : compact tapi menimbulkan noise pada gelombang listrik.
    4. Softstarter with Relay (without trafo) : ringan dan bisa menangani arus besar, tapi tidak cocok untuk yg baru belajar nyolder (resiko kesetrum cukup besar)
    5. Softstarter with Relay (with trafo) : berat tapi bisa menangani arus besar.

    1. Power supply

    Terdiri dari sebuah Trafo stepdown 220 to 12 volt (yg kita ambil tap 9voltnya), dioda penyearah, dan kapasitor filter. Bila tidak punya trafo 300mA, boleh diganti dengan rating arus yang lebih tinggi (misalnya 500 mA). Trafo digunakan untuk menurunkan tegangan jala-jala (PLN) dari 220volt AC ke 9volt AC. Tegangan 9volt AC ini kemudian diubah jadi tegangan DC oleh dioda penyearah. Bila menggunakan trafo non-CT (gambar nomor 1), penyearahan full-wave dilakukan oleh 4 buah dioda yg dikonfigurasikan dalam bentuk bridge (atau bisa juga beli bridge yg sudah jadi). Sedangkan bila menggunakan trafo CT/Center-Tap (gambar nomor 2), kita cukup pasang 2 dioda saja untuk penyearahan full wave ini. Dengan penyearahan full-wave, tegangan 9volt dari trafo akan dinaikkan menjadi 1,4 kalinya hingga mendekati 12,7 volt. Tegangan ini kemudian diratakan oleh Elco1 yang berkapasitas 470 mikroFarad. Untuk Elco ini boleh saja menggunakan rating 25 volt, tapi saya menyarankan untuk menggunakan Elco dengan rating 50 volt agar tidak cepat kepanasan akibat arus ripple yg cukup besar. Output dari bagian power supply ini (lingkaran warna merah dan warna hitam) dihubungkan ke bagian selanjutnya, yaitu timer. Kapasitas Elconya sendiri boleh diganti dengan yang sedikit lebih besar (misalnya 680uF), tapi JANGAN diganti dengan yang kapasitasnya terlalu besar (misalnya 4700 uF atau 10000 uF) karena ini akan menyebabkan relai tidak bisa off dengan cepat saat terjadi pemutusan arus listrik dari jaringan (misalnya ada pemadaman singkat yang cuma berlangsung 2 detik). Bila Relai masih dalam kondisi on saat listrik padam sesaat, softstarter akan gagal menahan inrush current pada saat listriknya hidup kembali karena seluruh arus listrik tidak lagi melewati resistor pembatas arus (R4).
    Spoiler :
    Gambar 1. Trafo mini non CT 220 to 12volt non CT, dioda bridge 50v, dan Elco 470 mikroFarad 50 volt


    Gambar 2. Trafo mini CT 9v 300mA dua unit power dioda 1N4004 atau 1N5404, Elco 470 mikroFarad 35 volt



    2. Timer

    Terdiri dari sebuah Resistor 100K 0.5 watt, Trimpot 1M, dan Elco 220 mikroFarad. Saat softstarter dihidupkan, trafo akan mengisi muatan Elco1 terlebih dahulu (Elco2 yang terhalang oleh resistor R1 dan R2 tidak mendapatkan cukup arus untuk mengisi muatan dengan normal). Setelah Elco1 penuh, barulah Elco2 mengisi muatan melalui R1 dan R2 sampai mencapai tegangan yang cukup untuk men-trigger SCR. Dengan nilai komponen yg diberikan, waktu tunda bisa diatur dalam kisaran 1-3 detik. Waktu tunda tidak begitu akurat karena umumnya kapasitor elektrolit memiliki nilai toleransi yg terlalu besar (sekitar 20%) dari kapasitasnya, jadi dalam prakteknya kita masih harus men-tuning trimpotnya untuk mendapatkan waktu tunda yang diinginkan. Waktu tunda bisa diperbesar dengan menambah kapasitas Elco; misalnya dari 220 uF menjadi 470 uF maka waktu tunda akan menjadi dua kali lipatnya. Bila resistor 100K atau Trimpot 1M tidak ditemukan di toko, boleh diganti dengan resistor/trimpot lain yang nilainya cukup mendekati (misalnya resistor 120K dan trimpot 750K). Untuk elco2 di bagian timer ini tidak perlu rating tegangan yang tinggi, cukup pakai Elco 16 volt saja. Silakan bereksperimen untuk mendapatkan waktu tunda yang ideal.
    Spoiler :

    Gambar 3. Resistor



    3. Driver

    Terdiri dari sebuah resistor pelindung gate dan sebuah SCR/Thyristor untuk menggerakkan relai. SCR di sini berfungsi sebagai switch/saklar, yg sekali dinyalakan akan terus menyala sampai listriknya diputus total. Sebenarnya bisa saja kita mengganti SCR dengan transistor/mosfet, namun jadi tidak efisien karena base dari transistor harus selalu diberi arus listrik untuk membuatnya saturated (SCR cukup di-trigger sekali dan setelah itu SCR akan tetap ON walaupun arusnya diputus dari gate). Selain itu SCR juga bisa dianggap memiliki resistansi mendekati nol sehingga tidak perlu memasang heatsink/pendingin untuk arus yg kecil (typical relai hanya makan arus sekitar 60 mA). Bila SCR tipe TIC106D atau C106 tidak ditemukan, kita bisa menggantinya dengan SCR tipe apa saja (karena SCR sifatnya lebih universal, berbeda dengan transistor yg mesti ditentukan tipenya NPN atau PNP). Contoh alternatif SCR misalnya BRX 48, BRX 49, BT 151. Untuk resistor pelindung gate boleh diganti dengan yang nilainya agak mirip, misalnya 4k7 atau 6k8. Nilai resistor ini juga sebaiknya disesuaikan dengan arus minimum untuk men-trigger SCR (bisa dilihat di datasheet masing-masing SCR). Satu hal yang perlu diperhatikan mengenai SCR adalah komponen ini sangat sensitif terhadap listrik statis, jadi saat Anda membeli SCR ini sebaiknya langsung masukkan ke dalam kantong plastik anti static (seperti yg dipakai untuk membungkus motherboard dan harddisk). Saat Anda hendak memegangnya, buang dahulu listrik statis di tubuh Anda dengan cara menyentuhkan kulit kaki Anda ke lantai (jangan ke permadani/karpet!), atau dengan memegang metal part yang terhubung dengan ground di rumah Anda. SCR memiliki 3 kaki, yaitu gate, Anoda dan Katoda. Kaki anoda dihubungkan ke relai, sedangkan katodanya disambungkan ke ground (lihat lingkaran kecil berwarna hijau dan hitam).
    Spoiler :




    4. Relay

    Terdiri dari relai DC dengan coil 12 volt dan dioda pelindung yang dipasang parallel (tapi berlawanan arah) dengan coil tersebut untuk melindungi komponen lain dari induksi tegangan yg muncul saat catu tegangan dilepaskan dari coil. Kumparan relai dihubungkan ke catu tegangan positif 12 volt (lingkaran merah) dan Anoda dari SCR. Saat diaktifkan, relai akan menghubung-singkatkan (bypass) antara catu jaringan dengan peralatan listrik yg dilindungi oleh softstarter ini. Tak ada istilah "switching lag" dalam rangkaian ini, karena peralatan selalu terhubung ke jaringan listrik melalui limiter resistor (R4).
    Spoiler :



    5. Limiter

    Terdiri dari beberapa resistor daya tinggi (minimal 20 watt) yang dipasang secara parallel. Nilai total dari R4 harus disesuaikan sedemikian rupa agar arus puncak yang melewati resistor ini sesuai dengan tipe dan rating MCB yang Anda pakai di rumah. Bila Anda tidak bisa menemukan resistor dengan nilai tertentu, coba cari resistor dengan nilai yang sedikit lebih besar, kemudian pasang secara parallel agar mendapatkan nilai total yang sesuai. Misalnya : Untuk rumah dengan daya 450 VA yang memakai MCB tipe C (maximum peak current 500%) dengan rating 2A, maka arus puncaknya adalah : 5 x 2A = 10 Ampere. Nilai total resistor R4 = 220volt dibagi 10 Ampere = 22 ohm. Anda bisa memasang 1 buah resistor 22 ohm dengan rating 50 watt (kalau bisa menemukannya), atau bisa juga memasang 2 buah resistor 44 ohm dengan rating 20 watt yg dipasang secara parallel. Bila resistor 44 ohm juga tidak ditemukan, bisa pakai resistor yang nilainya mendekati, misalnya 40 ohm atau 47 ohm. Bisa juga dengan memasang parallel 3 resistor bernilai 67 ohm.
    Spoiler :
    Limiter Resistor R4



    KESIMPULAN DAN SARAN
    Jika gx'er berminat dan ingin segera mengatasi masalah listrik jepret sebaiknya simak saran berikut deh.
    • Mungkin gx'er yg sibuk akan memilih opsi untuk membeli, jika membeli barang jadi sebaiknya cek apa komponen2 softstarter/inverator tersebut ada relay-nya atau gak??

    • Bagi gx'er yang punya banyak waktu luang dan mengerti elektro bisa mendapatkan sesuai yang diinginkan dengan membuat sendiri. jika ingin membuat sendiri silahkan cek sumber yang saya cantumkan dibawah.



    Terimakasih buat SUMBER...!!
    Last edited by nixc; 23-02-12 at 01:27.
    BONK, mawan_kyo26, Cix and 2 others like this.

  2. #2
    Hacker Achievements:
    Tagger First Class 50000 Experience Points Veteran
    Array
    Posts
    101
    Points
    71,882
    Level
    27
    Points: 71,882, Level: 27
    Level completed: 84%, Points required for next Level: 868
    Overall activity: 0%
    Untuk Inverator ada pengaruh buruknya buat kompi?
    Pernah dengar klo tidak cocok buat peralatan elektronik, cocoknya buat peralatan listrik seperti Pompa Air, Setrika, etc apakah benar ?

    Untuk Stabilizer apakah juga bisa ?

    Tempatku 900VA buat nghidupin awal SAKLAR PSU ato UPS (bukan nghidupin BOOTING komputere) klo langsung kemungkinan besar pasti njegleg MCB-nya klo lewat Stabilizer nggak masalah cuman SWITCH di Stabilizer-nya kedengaran kerja.

  3. #3
    Coder Achievements:
    Three Friends Veteran Tagger First Class 10000 Experience Points
    Array
    Posts
    229
    Points
    18,458
    Level
    14
    Points: 18,458, Level: 14
    Level completed: 56%, Points required for next Level: 1,192
    Overall activity: 10.0%
    Quote Originally Posted by masYogo View Post
    Untuk Inverator ada pengaruh buruknya buat kompi?
    Pernah dengar klo tidak cocok buat peralatan elektronik, cocoknya buat peralatan listrik seperti Pompa Air, Setrika, etc apakah benar ?
    Untuk Stabilizer apakah juga bisa ?
    Tempatku 900VA buat nghidupin awal SAKLAR PSU ato UPS (bukan nghidupin BOOTING komputere) klo langsung kemungkinan besar pasti njegleg MCB-nya klo lewat Stabilizer nggak masalah cuman SWITCH di Stabilizer-nya kedengaran kerja.
    mungkin ada benarnya juga itu masYogo, karena ada setinggan timer dalam inverter dalam artikel ini kq. nanti deh saya tambahin.

  4. #4
    Hansip Gamexeon Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Created Album pictures Veteran Tagger First Class
    Array
    Posts
    18,492
    Points
    2,478,400
    Level
    100
    Points: 2,478,400, Level: 100
    Level completed: 44%, Points required for next Level: 17,850
    Overall activity: 0%
    di tempat ane pernah make inverator abal2 ternyata emang beberapa hari langsung bau hangus

  5. #5
    Coder Achievements:
    Three Friends Veteran Tagger First Class 10000 Experience Points
    Array
    Posts
    229
    Points
    18,458
    Level
    14
    Points: 18,458, Level: 14
    Level completed: 56%, Points required for next Level: 1,192
    Overall activity: 10.0%
    Quote Originally Posted by mawan_kyo26 View Post
    di tempat ane pernah make inverator abal2 ternyata emang beberapa hari langsung bau hangus

    mg gitu sihh om suka ngasal yg jual,, bilang klo bisa bwt ini lah itu lah. ane pake sehari keok.
    trus nemu artikel ini,, trus inverator yg gosong itu di build ulang sesuai artikel ini.. hasilnya lebih ok.
    kata temen yg bantuin bilang inverator itu gak bisa di asal. ada perhitungany juga.

  6. #6
    Pilot Gamexeon Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Created Album pictures Veteran Tagger First Class
    Array
    Posts
    2,363
    Points
    1,664,441
    Level
    100
    Points: 1,664,441, Level: 100
    Level completed: 2%, Points required for next Level: 25,409
    Overall activity: 20.0%
    @TS

    Selain kapasitor, komponen lain yg ikut-ikutan menjadi biang kerok adalah Transformer (trafo). Saat pertama kali dinyalakan, trafo akan menarik arus yg besar sampai flux magnet yg ada di dalamnya stabil. Itu sebabnya kadang-kadang kita melihat kalau cahaya lampu agak meredup sesaat ketika kita menyalakan TV/monitor CRT atau Power Amplifier berdaya besar.
    yang di bold edit dong trafo itu nama panjangnya transformator..
    Last edited by sendz; 22-02-12 at 15:19.
    BONK and Firhan like this.

  7. #7
    Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Tagger First Class 50000 Experience Points
    Array
    Posts
    3,529
    Points
    1,578,236
    Level
    100
    Points: 1,578,236, Level: 100
    Level completed: 64%, Points required for next Level: 9,214
    Overall activity: 7.0%
    @Sendz
    wakakakakakaa.... asli bro, post bro di atas bikin gw ngakak ampe terguling2

  8. #8
    Laskar Wani Piro Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Created Album pictures Veteran Tagger First Class
    Awards:
    Most Popular
    Array
    Posts
    4,230
    Points
    7,987,754
    Level
    100
    Points: 7,987,754, Level: 100
    Level completed: 0%, Points required for next Level: 0
    Overall activity: 0%
    Quote Originally Posted by sendz View Post
    ini transformer:
    Spoiler :





    ini transformator:
    Spoiler :




    pingin di infract?

    btw nih gambar komponen softstarternya kok gak dicantumkan yah, siapa tahu berguna

  9. #9
    Pilot Gamexeon Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Created Album pictures Veteran Tagger First Class
    Array
    Posts
    2,363
    Points
    1,664,441
    Level
    100
    Points: 1,664,441, Level: 100
    Level completed: 2%, Points required for next Level: 25,409
    Overall activity: 20.0%
    Quote Originally Posted by kenjiro88 View Post
    pingin di infract?

    btw nih gambar komponen softstarternya kok gak dicantumkan yah, siapa tahu berguna
    infract itu apa ya

    softstarter tuh kaya gini bukan ya.?



    BTW, TS cuma share ulang apa yang dia baca dan membagikan informasi yang dia dapat ke kita..

  10. #10
    Coder Achievements:
    Three Friends Veteran Tagger First Class 10000 Experience Points
    Array
    Posts
    229
    Points
    18,458
    Level
    14
    Points: 18,458, Level: 14
    Level completed: 56%, Points required for next Level: 1,192
    Overall activity: 10.0%
    Quote Originally Posted by sendz View Post
    @TS

    yang di bold edit dong trafo itu nama panjangnya transformator..
    @ bro sendz :
    iya udah bro makasih buat koreksinya.
    Spoiler :
    sebenarnya itu dari sononya
    agak ragu mau ngerubahnya. takut gak sesuai dengan isinya.


    Quote Originally Posted by BONK View Post
    @Sendz
    wakakakakakaa.... asli bro, post bro di atas bikin gw ngakak ampe terguling2
    @ om bonk :
    jangankn ente bro, ane juga ngakak tu.
    ampun dong omm kan anak baru...

    Quote Originally Posted by kenjiro88 View Post
    pingin di infract?

    btw nih gambar komponen softstarternya kok gak dicantumkan yah, siapa tahu berguna
    @ om kenjiro 88 :
    sudah sebagian kq om,,, abis banyak bnget jadi pusing
    terimakasih buat saranya om..
    Quote Originally Posted by sendz View Post
    infract itu apa ya

    softstarter tuh kaya gini bukan ya.?

    BTW, TS cuma share ulang apa yang dia baca dan membagikan informasi yang dia dapat ke kita..
    @ om sendz :
    udah kq disitu udah aq cantumin,, cuma kemaren penempatanny aja yg.
    memang bro ini saya share ulang biar temen2 di GX yg pnya masalah kek gini seperti saya bisa tau.
    Last edited by nixc; 23-02-12 at 00:57.



 

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141