Welcome to the Gamexeon Forum.
Page 1 of 9 1 2 3 ... LastLast
Views: 9121
Replies: 87
Like Tree3Likes

Vampire

  1. #1
    GX Elite Staff Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Album pictures Created Blog entry
    Array
    Posts
    5,982
    Points
    2,029,909
    Level
    100
    Points: 2,029,909, Level: 100
    Level completed: 48%, Points required for next Level: 14,841
    Overall activity: 23.0%
    Blog Entries
    4

    Vampire


    Saya akhirnya menurunkan tulisan tentang vampir ini, ekslusif pertama kali hanya untuk gamexeon.com. Saya akan menyertakan beberapa penjelasan yang jarang di ekspos media tentang mahluk misterius yang memenuhi kepala dan imajinasi manusia selama berabad2.

    Kisah vampir sendiri memang sudah diangkat ke beberapa game. Tentu kita tahu tentang game Castlevania, atau bagi penggemar Facebook mungkin juga tahu tentang Vampire Wars, dan masih banyak game yang bernuansa vampir lainnya. Namun pernah terpikir untuk mengetahui latar belakang vampir? Apa yang anda lihat di film/game/novel, belum tentu semuanya benar. Dan berikut saya akan menyajikan cerita2 menarik tentang vampir, yang memang berdasarkan mitos kuno dan legenda2 yang sebetulnya, bukan hasil kreasi media.

    Etimologi

    Menurut Kamus Oxford English Dictionary, Kata 'vampire' pertama kali dipakai dalam bahasa inggris disebuah jurnal perjalanan berjudul Travels of Three English Gentlement pada tahun 1745. Berita tentang vampir sendiri juga sudah menjadi bahan perbincangan di naskah2 dan tulisan2 di Jerman.

    Kata vampire dalam bahasa inggris diperkirakan berasal dari bahasa jerman, dan berasal dari bahasa serbia pada awal abad ke 18, vampirвампир/vampir. Sedangkan dalam bahasa perancis, disebut vamprye. Bulgarian вампир (vampir), Czech and Slovak upír, Polish wąpierz, dan (mungkin terpengaruh dari East Slavic) upiór, Russian упырь (upyr'), Belarusian упыр (upyr), Ukrainian упирь (upir'), dari Old Russian упирь (upir')

    Mitos dan Legenda


    Menurut kepercayaan kuno, sudah ada sejak jaman dahulu mahluk yang meminum darah dari yang hidup. Pada jaman sekarang, kita menyebutnya vampir, tp pada jaman dahulu, kata vampir itu sendiri belumlah ada. Kegiatan atau mahluk yang meminum darah itu biasanya diasosiasikan kepada setan atau roh ataupun iblis, atau juga bisa kepada dewa dan dewi. Yang menariknya, hampir semua masyrakat dunia mempunyai berbagai versi tentang vampir dalam mitologi dan legenda mereka.

    Penemuan vampir dalam sejarah bermulai dari bangsa persia kuno, di mana ditemukan sebuah vas yang bergambar seorang pria yang sedang melawan sebuah mahluk besar yang sedang berusaha menghisap darahnya

    Dalam kepercayaan Mesir Kuno, ada dewi Sekhmet yang meminum darah, di Indian Kuno ada dewi Kali dengan taring dan memakai kalung yang terdiri dari unataian tengkorak dan mayat yang juga dihubungkan dengan peminum darah. Babylonia kuno memiliki cerita tentang Lilith. Bahkan dalam kepercayaan Romawi dan Yunani Kuno ada Empusae, Lamia, striges. Dan mungkin kalian juga sudah mengenal tentang Jenglot yang berasal dari Indonesia.

    Ada juga mitos2 dan legenda vampir yang berasal dari kepercayaan Slavic.


    Ada banyak sekali kepercayaan, mitos dan legenda tentang vampir dari seluruh negeri, semuanya mengacu ke satu hal : mahluk yang meminum darah. Penasaran? silahkan klik satu ini : List of vampires in folklore and mythology - Wikipedia, the free encyclopedia

    Lalu? Bagaimana dengan penggambaran vampir yang biasa kita lihat di film, game, novel? Banyak diantaranya memang mengambil mitos2 vampir dari abad pertengahan di Eropa. Namun, kisah tentang vampir tidak berhenti sampai di situ, cerita2 vampir terus ada hingga abad ke 18, sampai dengan sekarang. Mulai dari Count Dracula, hingga The Cullens, vampir memang terus mengisi imajinasi dan kepala manusia.

    Mitos-mitos vampir paling populer

    Banyak sekali mitos2 populer vampir yang sudah kita kenal diantaranya vampir takut dengan bawang putih, sinar matahari, dll. Dari manakah sumber semuanya itu? Kebanyakan mitos2 itu berasal dari era Dark Age di Eropa. Saat itu, Eropa sampai pada masa gelap mereka, di mana ilmu pengetahuan digantikan oleh kepercayaan dan tahayul. Hal2 yang mungkin pada saat ini masuk akal, pada jaman itu mungkin bisa menjadi luar biasa dan membingungkan.

    Berikut adalah mitos2 vampir populer disertai dengan penjelasan singkatnya :


    1. Vampir tidur di peti mati
    kepercayaan ini berasal dari temuan para penggali kuburan yang melihat hal2 ganjil di makam yang diduga adalah makam seorang yang sudah berubah menjadi vampir. Sebetulnya, vampir dapat tidur di mana saja. Ada kepercayaan yang mengatakan bahwa vampir harus tidur di dalam tanah asli di mana ia dimakamkan, bukan di petinya.


    2. Bawang putih dapat mengusir vampir
    Sebetulnya, indra penciuman vampir itu tajam, dan mereka tidak menyukai bau2an yang menusuk hidung seperti bawang putih. Mereka berusaha menghindari bawang putih karena baunya tidak membuat mereka nyaman. (Mungkin, jika di Eropa sana ada duren, vampir juga akan menghindarinya. Karena bau menyengatnya itu.)


    3. Vampir bisa dibunuh dengan menusukan pancang kayu ke dada mereka, dan kadang disertai juga sambil memenggal kepala mereka, membakar mayatnya hingga jadi abu dan dibuang terpisah di beberapa daerah.


    4. Salib dan berbagai benda2 suci lainnya dapat mengusir vampir
    Nah, ini dia mitos yang populer sekali. Benda2 suci seperti salib, rosario, Alkitab dapat mengusir vampir. Sebetulnya, itu tergantung dengan iman si pemegangnya, bukan dengan bendanya.

    5. Vampir dapat terbakar di bawah sinar matahari
    Vampir sangat sensitif dengan sinar matahari karena bentuk iris mata mereka, selain itu mereka juga menimbulkan reaksi yang dramatis seperti epilepsi saat terkena sinar matahari, namun tidak membakar mereka. (saya heran, kenapa di film blade, vampir bisa terbakar sampai jadi abu karena sinar matahari, sementara count dracula bisa jalan2 di kota London di siang hari dengan kaca mata hitam antiknya)

    6. Air yang sudah didoakan dapat membakar vampir
    Semuanya kembali ke si pendoanya, apakah si pendoa memiliki iman yang kuat atau tidak. Namun, ada satu hal yang jarang di ekspos ke media tentang vampir dan air, yaitu : vampir bisa tenggelam di dalam air dan dapat mati, mereka tidak bisa berenang.

    7. Vampir dapat berubah menjadi kelelawar.
    Tidak. Vampir memang diasosiasikan dengan kelelawar dan srigala, tp mereka tidak bisa berubah menjadi itu. Saya suka miris banged kalau melihat film/game/buku yang menggambarkan vampir menjadi kelelawar.

    8. Vampir dapat terbang dan dalam beberapa kasus juga dapat mempunya kekuatan super melebihi manusia
    Tidak. Secara umum, vampir yang memiliki kekuatan super itu hanyalah imajinasi dan buatan media saja biar lebih seru gitu. Jika kalian terpesona dengan kekuatan Blade, itu hanyalah buatan saja, vampir nda kayak gitu lho, hihi. Namun vampir bisa melompat tinggi.

    9. Vampir tidak terlihat di cermin.
    Saya jujur bingung tentang ini, karena ada banyak versi. Ada yang mengatakan vampir sebetulnya bisa terlihat di cermin, namun mereka tidak menyukai pantulan muka mereka sendiri. *jelek mungkin, coba seganteng si cullen ya? hoho*

    10. Benda dari perak dapat melemahkan vampir.
    Saya belum mendapat banyak sumber yang menjelaskan tentang hal ini. Sori, nyusul ya. hehe

    Bagaimana menjadi vampir?


    Metode paling populer untuk menjadi vampir adalah dengan digigit dengan vampir lainnya. Namun, bagaimana cara si vampir penggigit itu bisa menjadi vampir? Rumit? Ya, ini pertanyaan yang berputar2 di kepala saya dulu.

    Penjelasannya adalah : seseorang bisa menjadi vampir karena berbagai alasan. Misalnya seorang anak yang dilahirkan pada hari2 suci bisa menjadi vampir, lahir di saat di mana siang dan malamnya sama lamanya, anak ketujuh yang lahir dari anak ketujuh juga bisa menjadi vampir, seorang ibu yang pada saat mengandung bertatapan dengan vampir maka anak di kandungannya bisa menjadi vampir juga.
    Ada juga penyebab menjadi vampir terjadi setelah kematian itu sendiri. Di beberapa daerah di Romania, jika mayat dikubur dengan wajah menghadap atas, maka dia bisa menjadi vampir. Atau mayat yang dikubur dengan tak layak juga bisa menjadi vampir. Atau binatang seperti kucing, anjing, atau yang lainnya melompati mayat yang belum dikubur, maka mayat itu bisa menjadi vampir. Bisa juga karena mayat yang belum dikubur itu terkena sinar bulan atau sinar matahari, atau terkena bayangan dari orang yang masih hidup, atau seorang biarawati yang melangkahi mayat.

    Atau bisa juga karena kematian yang tidak menyenangkan, misalnya karena dibunuh, bunuh diri, ditenggelamkan, dan kematian yang belum pada saatnya. Roh orang itu menjadi gentayangan dan memasuki mayat sehingga menjadi hidup kembali. Ada banyak faktor juga seperti kematian penyihir, pembunuh, pencuri, pembohong, eksomunikan, orang yang memakan daging domba yang dibunuh oleh srigala, atau anak yang lahir dengan sisa plasenta masih ada dikepalanya.

    Ciri-ciri vampir ada disekitar kita.


    ironshod.deviantart.com

    Jika disuatu tempat terjadi kematian2 aneh dan ganjil, orang2 menjadi lemas dan pucat pasi seperti kehilangan darah, atau penyerangan oleh 'sesuatu' yang tidak bisa dijelaskan, dan sebelum itu semua terjadi, pernah juga seseorang meninggal di sana dengan cara tidak wajar. Bisa jadi, vampir ada disekitar kita. Lalu bagaimana kita bisa mengetahui ciri-cirinya?

    Ada beberapa ciri khas yang bisa dijumpai di mayat yang dicurigai sebagai vampir, dan ciri2 di sekitar makam mayat itu yaitu :

    1. mayat dengan keadaan mata dan mulut terbuka, keadaan wajah yang gemuk dengan wajah kemerahan, dan tidak ada tanda2 terjadinya pembusukan.
    2. Rambut dan kukunya tumbuh panjang
    3. Ada darah dimulut, dan taringnya memanjang
    4. peti mati yang penuh darah
    5. tungkai yang lentur
    6. hati yang memutih
    7. di tanah makam itu, ada lubang2 sebesar jari
    8. batu nisan dan peti yang berpindah tempat
    9. keadaan tanah sekitar makam yang rusak
    10. ada jejak kaki berasal dari dalam makam
    11. kuda dan anjing tidak mau memasuki makam, anjing bahkan menyalak keras. dan angsa bahkan berisik saat di dekat makam itu
    12. terdengar suara mengerikan seperti erangan atau rintihan dari makam.

    Lalu ciri2 orang yang terkena gigitan vampir:

    1. Tidak bisa tidur nyenyak
    2. mimpi buruk
    3. Anemia
    4. ada bekas gigitan di leher
    5. kecapekan berlebihan
    6. sesak napas dan sulit bernapas
    7. tidak ada selera makan, dan berat badan turun drastis
    8. mendadak tidak menyukai bawang putih, dan perubahan aneh pada gigi taring

    Wah, saya curiga dengan seseorang yang saya pikir dia adalah vampir, lalu apa ciri2nya?

    1. Ada taring tajam dan aneh di giginya, mata yang merah, dan kuku yang panjang
    2. Pucat
    3. enggan masuk ke rumah tanpa diundang
    4. telapak tangan berbulu
    5. menghindari cahaya terang, jarang kelihatan saat siang hari
    6. tidak ada selera makan, dan memiliki langkah kaki yang pelan
    7. nafas bau busuk dan seperti bau darah.

    Gawat, memang ada vampir di makam itu, lalu apa yang harus diperbuat?

    1. Mayat itu dikubur dengan pancang kayu yang menancap ke tanah, lalu sebuah pancang kayu harus di tusuk ke jantungnya
    2. bakar mayat hingga jadi abu, buang abunya jauh dari desa
    3. Kubur mayat itu dengan keadaan wajah menghadap tanah
    4. tarulah bawang putih di mulutnya, dan patahkan lehernya
    5. tarulah mayat kucing didekatnya, agar pada saat ia bangun, ia akan sibuk menghitung bulunya
    6. tarulah uang di mulutnya

    Vampirisme dan ilmu pengetahuan


    Mengerikan ya ciri2 di atas? Well, para ahli berusaha menjelaskan semua kejadian ajaib itu dengan ilmu pengetahuan. Harap di catat juga, bisa jadi mitos dan legenda itu terjadi karena memang kejadian yang bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan, namun karena kurangnya pengetahuan masyarakat saat itu, mereka jadi menyangkut pautkannya dengan tahayul.

    1. Penyakit Rabies
    Ada kesamaan ciri2 penderita rabies dengan ciri-ciri vampir, misalnya takut terhadap sinar terang, sensitf dengan bau2 tajam, takut air, dan otak yang terganggu sehingga orang itu akan terbalik jam tidurnya menjadi siang hari, dan aktif di malam hari. Selain itu, hewan2 seperti kelelawar dan srigala yang diasosiasikan dengan vampir, adalah salah satu hewan yang membawa virus rabies dengan gigitan mereka.

    2. Dekomposisi
    Kurangnya pengetahuan di jaman dulu, menyebabkan terjadinya salah paham. Pembusukan mayat itu tergantung dengan keadaan tanah, dan orang-orang jaman dulu tidak mengetahui bagaimana proses pembusukan itu terjadi. Mayat akan membengkak karena adanya gas dan menyebabkan tekanan darah naik ke hidung dan mulut, sehingga terlihat seperti gemuk dan wajahnya kemerahan. Darah yang naik ke hidung dan mulut itu menyebabkan mulut dan hidung mayat terlihat seperti habis menghisap darah. Selain itu suara erangan aneh itu bisa karena proses pembusukan oleh gas itu. Gas lari keluar dari mulut dan melewati pita suara, seperti proses keluarnya gas perut atau kentut yang lazim kita lakukan setiap hari

    3. Dikubur hidup-hidup
    Jaman dulu, di mana pengobatan belum secanggih sekarang, bisa jadi orang dikubur hidup2. Disangka mati, padahal cuma pingsan atau koma. Dan pada saat ia bangun, ia menyadari dirinya dikubur hidup2, dan mencoba berteriak meminta tolong dan mencakar2 petinya dan berusaha untuk keluar.

    4. Psikopat dan BDSM
    Well, mungkin jaman modern ini kita mengetahui tentang psikopat yang aneh2 itu, tp bagaimana jaman dahulu? Bagaimana cara menjelaskan Countess Elizabeth Báthory yang gemar mandi darah perawan dan meminum darahnya? Atau mungkin banyak kasus lainnya yang tidak terekspos? Atau bagaimana dengan perilaku seksual yang seperti melukai pasangannya untuk mendapatkan kepuasan seks? Mengigit badannya, dan menghisap darahnya? Well, itu bisa saja.

    5. Wabah penyakit
    Black Death dan wabah-wabah penyakit yang bisa menulari 1 desa dan membuat kematian mendadak. Orang-orang tidak paham dengan apa yang terjadi, dan mulai mengarang cerita seru untuk menjelaskan fenomena aneh disekitar mereka.


    Kesimpulan


    Ada pertanyaan yang sering saya dapat, apakah vampir itu ada? Untuk menjawab pertanyaan ini, memang membingungkan. Manusia memang sudah memiliki konsep tentang mahluk yang meminum darah sejak jaman dahulu. Kita tidak bisa mengatakan vampir itu ada atau tidak, tapi vampir akan terus mengisi pikiran manusia dengan segala pesona dan misteri di belakangnya. Apakah benar masyarakat jaman dulu memang kurang dengan ilmu pengetahuan sehingga menjelaskan kejadian2 aneh itu dengan tahayul yang tidak kalah anehnya, atau memang semua tahayul2 itu betul adanya, dan vampir memang ada di antara kita. Hoo, tak ada yang tahu.

    Media sering kali memgabaikan mitos2 tentang vampir dan melebarkan imajinasi mereka untuk membuat vampir mereka sendiri. Saya maklumi, karena mitos2 itu sendiri juga lahir dari imajinasi manusia. Namun hal itu mengaburkan berbagai hal penting dari vampir, dan malah membingungkan. Ketidaktahuan dan kurangnya riset juga fatal, karena dapat menyebabkan kebingungan massal. Misalnya apakah vampir bergemerlapan saat kena matahari? atau malah terbakar jadi abu, atau malah kebal sama sekali.

    Sekian tulisan saya kali ini. Maaf juga, mungkin masih banyak yang belum saya cantumkan di sini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan teman2 sekalian.



    bonus : pertanyaan sejuta umat
    Spoiler :
    Saya uda sering juga ditanyakan hal ini : git, bedanya vampir ada dracula apa toh? Oke, dracula adalah nama orangnya. Atau juga disebut count dracula. Dia diasosiasikan dengan vampir karena karya bram stoker yang ngetop itu, Dracula. Kebiasaannya yang menurut legenda adalah meminum darah lawannya dari piala, katanya yang menjadi sumber cerita vampir dracula.

    Jadi, jelas ya? Dracula adalah nama orangnya, dan vampir adalah nama mahluknya.


    dari berbagai sumber
    Last edited by gitablu; 14-03-10 at 23:51.
    renzhe and arni like this.

  2. #2
    Martial Artist Achievements:
    Three Friends Recommendation Second Class Veteran Tagger Second Class 50000 Experience Points
    Array
    Posts
    637
    Points
    171,098
    Level
    42
    Points: 171,098, Level: 42
    Level completed: 38%, Points required for next Level: 5,152
    Overall activity: 0%
    wogh sis skrng lg demen bikin artikel nih
    bisa request ga ? hehe
    wah gue jadi tau tntng vampire nih , oh iya menurut sis vampire beneran ada ga sih ? (yg gigit2 manusia gitu haha)

  3. #3
    GX Elite Staff Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Album pictures Created Blog entry
    Array
    Posts
    5,982
    Points
    2,029,909
    Level
    100
    Points: 2,029,909, Level: 100
    Level completed: 48%, Points required for next Level: 14,841
    Overall activity: 23.0%
    Blog Entries
    4
    ^

    mo rekuest apa, hehe Akan saya usahakan



    wah, kalau ditanya pendapat saya pribadi sih, saya juga rada bingung sebetulnya. Ini misteri, dan susah melacaknya karena memang sudah berabad2 lalu. Tapi yang menarik, kayaknya di kepala manusia itu memang sudah ada konsep tentang penghisap darah, buktinya? banyak masyarakat yang mempunyai vampir versi mereka sendiri2. Mungkin memang ada vampir diantara kita.

  4. #4
    Ravager Achievements:
    Three Friends Your first Group Recommendation Second Class Created Album pictures Veteran
    Array
    Posts
    5,718
    Points
    1,951,994
    Level
    100
    Points: 1,951,994, Level: 100
    Level completed: 72%, Points required for next Level: 7,856
    Overall activity: 0%
    Blog Entries
    4
    wah penggemar vampire nih, benernya ane pernah baca salah satu artikel (lupa dimana), bahwa ada juga salah satu penyakit yang disebut vampirism. yaitu penyakit dimana orang kekurangan salah satu dari sel darah. trus inilah yang menyebabkan vampire dikaitkan sama blood drinking. cuma gak tau dah bener apa nggaknya. CMIIW

    cuma yah kalo famous blood drinker yang menginspirasi terciptanya tokoh dracula sih beneran ada. seperti vlad the impaler, or countess elizabeth bathory.
    mereka percaya bahwa dengan meminum darah dapat membuat awet muda.

  5. #5
    Martial Artist Achievements:
    Three Friends Recommendation Second Class Veteran Tagger Second Class 50000 Experience Points
    Array
    Posts
    637
    Points
    171,098
    Level
    42
    Points: 171,098, Level: 42
    Level completed: 38%, Points required for next Level: 5,152
    Overall activity: 0%
    @gitablu

    hmm boleh request ngulas tntng Miyamoto Musashi dan Sasaki Kojiro ga ? terus ama perang salib juga bisa ga ?
    soalnya yg tntng perang salib itu saya kurang mengerti hehe terus kalo yg musashi sbnrnya udh tau pas baca novelnya yg TEBEL itu -_- tapi udh agak lupa soalnya baca juga udh hmm 2-3 tahun yg lalu hehe

    opps sorry OOT

    oh iya vampire ama yg cewe itu (yg ngebunuh cewe juga supaya dia awet muda itu tapi lupa namanya :P) ada hubungannya ga ?

    oot lg : hmm gitablu sbnrnya cewe atau cowo ? bingung jadinya haha

  6. #6
    GX Elite Staff Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Album pictures Created Blog entry
    Array
    Posts
    5,982
    Points
    2,029,909
    Level
    100
    Points: 2,029,909, Level: 100
    Level completed: 48%, Points required for next Level: 14,841
    Overall activity: 23.0%
    Blog Entries
    4
    ^

    wah, baru aja saya kepikiran mau ngangkat perang salib. Tapi, ini tantangan juga lho, soalnya ada 2 kubu pandangan tentang perang salib ini. Klo soal Miyamoto Musashi dan Sasaki Kojiro akan saya usahakan. Tunggu aja ya


    wah penggemar vampire nih, benernya ane pernah baca salah satu artikel (lupa dimana), bahwa ada juga salah satu penyakit yang disebut vampirism. yaitu penyakit dimana orang kekurangan salah satu dari sel darah. trus inilah yang menyebabkan vampire dikaitkan sama blood drinking. cuma gak tau dah bener apa nggaknya. CMIIW
    yup, memang ada penyakit itu. Saya agak lupa nama penyakitnya itu. Penyakit yang cukup langka sih.

    oh iya vampire ama yg cewe itu (yg ngebunuh cewe juga supaya dia awet muda itu tapi lupa namanya :P) ada hubungannya ga ?
    elizabeth bathory? Dikatakan dia adalah a truly vampire, more than vlad dracul. Ngeri juga tentang countess satu ini, terutama penyiksaannya dan pembunuhannya terhadap cewe2, dan meminum darahnya. Tapi, ga ada bukti juga yang mengatakan kalau dia ini vampire yang saya bahas di atas itu.

    kalau vlad dracul sendiri meminum darah musuhnya itu adalah strategi perang untuk menakuti musuhnya, sehingga musuh akan jiper duluan melihatnya, dan kabur. Dan kisah itu juga berbaur dengan banyaaakkk legenda Vlad.

  7. #7
    Ravager Achievements:
    Three Friends Your first Group Recommendation Second Class Created Album pictures Veteran
    Array
    Posts
    5,718
    Points
    1,951,994
    Level
    100
    Points: 1,951,994, Level: 100
    Level completed: 72%, Points required for next Level: 7,856
    Overall activity: 0%
    Blog Entries
    4
    ^ yup countess Elizabeth Bathory aka blood countess, mendalangi banyak pembunuhan gadis gadis didaerahnya, malahan tuh darahnya dipake blood bath juga. and sempet dijadiin tema albumnya cradle of filth nih.
    sejarahnya sih dia begitu gara gara pengen awet muda, trus awalnya gara gara kecipratan darah pelayannya, trus dia merasa inilah elixir of life.

  8. #8
    Macan Garong Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Album pictures Tagger First Class
    Awards:
    Discussion Ender
    Array
    Posts
    44,924
    Points
    9,209,047
    Level
    100
    Points: 9,209,047, Level: 100
    Level completed: 0%, Points required for next Level: 0
    Overall activity: 19.0%
    salah satu game vampire terbaik yg pernah mampir ke PC...............seri vampire masquerade bloddlines, ama seri jadul vampire redemption.................

  9. #9
    Hacker Achievements:
    Recommendation Second Class 1 year registered 25000 Experience Points
    Array
    Posts
    198
    Points
    47,947
    Level
    22
    Points: 47,947, Level: 22
    Level completed: 93%, Points required for next Level: 303
    Overall activity: 0%
    Klo gtu gw pengen nich jadi VAMPIR cz gw bs ngigit cw caem d leherny.. hehehehehe.....

  10. #10
    Infiltrator Achievements:
    Three Friends Tagger First Class Veteran 50000 Experience Points
    Array
    Posts
    788
    Points
    610,991
    Level
    79
    Points: 610,991, Level: 79
    Level completed: 18%, Points required for next Level: 12,959
    Overall activity: 0%
    Quote Originally Posted by Monkey_D_Zotty View Post
    Klo gtu gw pengen nich jadi VAMPIR cz gw bs ngigit cw caem d leherny.. hehehehehe.....
    cuman gigit gan??... ane mah gag perlu jadi vampir dah bisa lebih dari itu...



 
Page 1 of 9 1 2 3 ... LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141