Welcome to the Gamexeon Forum.
Views: 14552
Replies: 6
  1. #1
    Patcher Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Tagger First Class 10000 Experience Points
    Array
    Posts
    1,525
    Points
    22,836
    Level
    16
    Points: 22,836, Level: 16
    Level completed: 10%, Points required for next Level: 2,814
    Overall activity: 0%

    [PS2] Dragon Ball Z : Budokai Tenkaichi 2



    Dragon Ball Z bukanlah nama yang asing lagi di telinga kita. Apalagi telah ada komik dan film kartunnya yang sangat panjang, serta juga telah muncul banyak sekali game Dragon Ball Z. Kali ini, Namco Bandai Games dan Spike memunculkan sebuah game bertema Dragon Ball baru yang merupakan kelanjutan dari sekuel pertamanya yang sekarang diberi judul ”Dragon Ball Z: Budokai Tenkaichi 2”. Mungkin sudah banyak dari kamu yang pernah memainkan sekuel pertamanya. Dengan munculnya sekuel kedua ini, kamu bisa mencoba fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh game ini, sekaligus mengendalikan karakter-karakter baru yang juga ditambahkan di dalamnya.

    The Saga Continues...

    Pada jaman dahulu kala, diciptakan tujuh buah bola naga yang disebut dengan Dragon Ball. Apabila ketujuh bola naga ini dikumpulkan, akan muncul seekor naga yang akan mengabulkan satu keinginan. Kali ini, para petarung kembali berjuang untuk menghadapi musuh-musuh tangguh yang mengancam kedamaian dunia.



    Pada awal permainan, diceritakan bahwa Goku sedang berkumpul kembali dengan teman-teman lamanya, seperti Yamcha, Krillin, Tien, dan Chiaotzu. Goku juga telah mempunyai seorang anak yang diberi nama Gohan. Ketika mereka sedang asing berkumpul bersama, Piccolo yang sedang menjelajahi suatu pulau tiba-tiba merasakan kekuatan aneh di sekitarnya. Ia segera pergi mendekati arah datangnya aura itu. Tak lama kemudian, ia berhadapan dengan seorang petarung misterius yang menyebut dirinya sebagai pejuang Saiyan. Ia bernama Raditz, yang kemudian mendatangi rumah Master Roshi dan membawa pergi Gohan ke suatu pulau. Piccolo datang dan menawarkan bantuan kepada Goku. Tanpa berpikir panjang, keduanya segera berangkat menuju pulau tempat Raditz berada. Pertarungan pun segera dimulai. Raditz merupakan musuh pertama yang ditemui oleh Goku, sebelum ia bertemu dengan musuh-musuh lainnya. Mampukah Goku berjuang menghadapi penjahat-penjahat tangguh yang akan muncul dan mengancam keselamatan bumi?

    The Z Fighters Return

    Dalam sekuel yang satu ini, kamu kembali mengendalikan para pejuang lama dalam Dragon Ball Z seperti Goku, Vegeta, Gohan, Krillin, Yamcha, Tien, Chiaotzu, Goten, Trunks, dan teman-temannya. Selain itu, juga tersedia beberapa karakter baru yang juga tidak kalah tangguh, yang mana karakter-karakter ini tidak pernah muncul dalam film atau pun komiknya. Kamu bisa mencoba kemampuan masing-masing karakter, mulai dari serangan combo mereka yang cepat, power mereka yang dahsyat, hingga tenaga dalam yang mereka miliki.



    Selain menggunakan kemampuan normal mereka, beberapa karakter juga bisa berubah ke tingkat atau bentuk selanjutnya. Para pejuang Saiyan seperti Goku, Vegeta, Gohan, Trunks dan Goten mampu berubah menjadi Super Saiyan yang berambut kuning. Beberapa dari mereka bisa terus berubah ke tingkat Super Saiyan 2. Bahkan Goku dan Vegeta juga bisa berubah hingga mencapai tingkat Super Saiyan 4. untuk karakter seperti Frieza dan Cell, mereka bisa berubah bentuk dari bentuk pertama hingga mencapai bentuk sempurna mereka (2 atau 3 kali perubahan). Setiap kali berubah ke tingkat atau bentuk selanjutnya, kekuatan dan kecepatan karakter akan semakin meningkat. Damage yang dihasilkan akan semakin besar. Bahkan tenaga dalam yang bisa digunakan juga berubah menjadi jurus yang lebih hebat lagi.

    Selain berubah, ternyata juga tersedia Fusion, yang mana dua karakter akan bergabung menjadi seorang pejuang tangguh yang sulit dikalahkan. Contohnya adalah Goten dan Trunks yang bisa bergabung menjadi Gotenks. Untuk menggunakan teknik fusion, kamu perlu bermain dengan menggunakan dua karakter yang cocok sekaligus. Kamu bisa melakukannya dengan cara bermain dalam mode Tag Battle atau Free Battle. Dengan partner yang tepat dan kekuatan yang cukup, maka kamu bisa melakukan fusion.



    Tetapi, pada waktu pertama kali bermain, hanya tersedia beberapa karakter saja tanpa bentuk perubahan mereka selanjutnya. Setiap kali kamu berhasil mengalahkan musuh baru dalam story mode, maka karakter itu akan bisa kamu kendalikan dalam mode permainan lainnya. Tetapi, ada juga karakter yang tidak bisa kamu dapatkan walaupun sudah berhasil menamatkan keseluruhan ceritanya. Mereka hanya bisa kamu dapatkan melalui fusion item.

  2. #2
    Patcher Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Tagger First Class 10000 Experience Points
    Array
    Posts
    1,525
    Points
    22,836
    Level
    16
    Points: 22,836, Level: 16
    Level completed: 10%, Points required for next Level: 2,814
    Overall activity: 0%

    [PS2] Dragon Ball Z : Budokai Tenkaichi 2

    Choose Your Game!

    Dalam game ini disediakan beberapa mode permainan yang bisa kamu pilih. Mode pertama tentunya merupakan cerita utama dari game yang disebut dengan Dragon Adventure. Dalam mode ini, kamu akan bermain dengan menggunakan karakter-karakter yang termasuk dalam Z Fighter (karakter-karakter pada sisi baik). Cerita dalam permainan sama dengan cerita dalam komik dan filmnya. Musuh-musuh yang akan kamu temui juga sama persis. Kamu akan berhadapan dengan Raditz, Vegeta, Nappa, Frieza, Cell, dan lain-lain. Cerita dibagi menjadi beberapa chapter. Contohnya, chapter 1 menceritakan kedatangan Raditz, hingga keberhasilan Goku dalam menghadapi Nappa dan Vegeta. Masing-masing chapter umumnya difokuskan pada satu musuh tangguh saja, yang mana musuh ini kemudian baru bisa kamu kalahkan pada akhir chapter. Ketika akan memulai suatu chapter, kamu bisa memilih tingkat kesulitannya. Kamu bisa memilih level 1, 2, atau 3, dan tentunya semakin tinggi level permainan, maka musuh juga akan menjadi semakin tangguh. Disediakan banyak sekali chapter untuk kamu selesaikan, sehingga ceritanya terasa panjang dan pemain akan merasa puas apabila berhasil menamatkan game ini.



    Mode kedua adalah Ultimate Battle Z yang menggunakan sistem ranking. Kamu bisa memilih salah satu course untuk diselesaikan. Sebagai contoh, course pertama dinamakan Kakarot Road, yang mana kamu akan menghadapi semua musuh utama yang ada dalam cerita sebenarnya. Kamu akan diberi kesempatan untuk memilih karakter yang ingin kamu kendalikan, kemudian kamu harus menggunakan karakter itu untuk mengalahkan semua musuh yang ada. Tiap-tiap course bisa terdiri dari 5 hingga 10 musuh. Selain Single Battle, juga ada course yang menggunakan sistem Tag Battle. Bahkan terdapat course yang mengharuskan kamu memilih satu karakter saja untuk menghadapi 5 musuh sekaligus.

    Yang ketiga adalah Dragon Tournament yang menyediakan tiga macam tournament untuk kamu selesaikan. Walaupun hanya menyediakan tiga, tetapi masing-masing terdiri dari 4 level. Level ini hanya mempengaruhi jumlah babak yang harus diselesaikan dalam suatu turnamen. Pada awal permainan, hanya tersedia World Tournament saja, dengan pilihan level 1 dan 2. Level 1 berarti turnamen terdiri dari 3 babak, level 2 terdiri dari 4 babak, dan seterusnya hingga level 4. Setelah berhasil menjadi juara pertama dari kedua level tadi, barulah turnamen kedua terbuka dan bisa kamu mainkan.



    Berikutnya adalah Dueling. Dalam mode ini, kamu bisa bertarung dengan bebas. Kamu bisa memilih karakter dan tempat yang kamu inginkan. Sebelumnya, kamu harus memilih model permainan (Single Battle, Tag Battle, atau Free Battle). Single Battle berarti kamu bermain 1 vs 1. Tag Battle berarti 2 vs 2, yang mana kedua karakter saling bergantian untuk bertarung. Sedangkan Free Battle berarti 5 vs 5. Kamu bisa menentukan karakter yang akan ikut bertanding, baik itu karaktermu sendiri atau pun karakter yang dikenlaikan oleh AI. Karakter yang bisa kamu gunakan sesuai dengan karakter-karakter yang telah kamu unlock melalui Dragon Adventure, termasuk kemampuan untuk berubah ke bentuk selanjutnya dan kemampuan fusion.

    Mode terakhir adalah Ultimate Training. Dalam mode ini, kamu bisa menjalankan tutorial yang disediakan apabila kamu masih merasa asing dengan game ini. Selain mengikuti petunjuk bermain yang diberikan, kamu juga bisa berlatih sesuka hati dengan health yang tidak terbatas (baik karaktermu maupun karakter AI tidak akan pernah kehabisan nyawa).


  3. #3
    Patcher Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Tagger First Class 10000 Experience Points
    Array
    Posts
    1,525
    Points
    22,836
    Level
    16
    Points: 22,836, Level: 16
    Level completed: 10%, Points required for next Level: 2,814
    Overall activity: 0%

    [PS2] Dragon Ball Z : Budokai Tenkaichi 2

    Money is Also Important

    Ketika sedang memainkan Dragon Adventure, kamu bisa memperoleh uang dengan cara memenangkan pertarungan dengan musuh apapun. Uang dalam Dragon Ball Z dinamakan Zeny. Dengan memiliki Zeny dalam jumlah yang cukup, maka kamu bisa mengunjungi Baba’s Palace untuk membeli berbagai macam Z Item. Item dalam game dibedakan menjadi 4 macam, yaitu Equipment Type yang bisa meningkatkan stats karakter, Support Type yang juga bisa meningkatkan stats karakter dan memberi bonus lain, Fusion Type yang bisa digunakan sebagai bahan fusion untuk menghasilkan item baru, dan Secret Type yang merupakan karakter-karakter rahasia dalam game.



    Dengan menggunakan equipment type item, maka karakter akan mendapatkan tambahan stats. Misalnya kamu memberi Goku equipment berupa Health+5, maka stats untuk Health milik Goku akan bertambah 5 poin. Equipment Type juga bisa meningkat kemampuannya apabila terus menerus dipakai oleh karakter untuk bertarung.

    Support Type hampir sama dengan Equipment Type. Bedanya, Support Type tidak bisa meningkat bonusnya. Walaupun begitu, bonus awal yang diberikan oleh Support Type jauh lebih hebat daripada Equipment Type, bahkan juga terdapat beberapa Support Type Item yang memiliki bonus unik, misalnya meningkatkan kekuatan Homing Attack karakter.

    Fusion Type merupakan item-item yang bisa digunakan dalam fusion item. Dengan menggabungkan fusion item, maka kamu bisa memperoleh karakter-karakter baru. Fusion Type item juga bisa digabungkan dengan Secret Type item untuk menghasilkan karakter baru pula.

    Simple RPG Addition



    Game ini juga menambahkan sedikit unsur RPG ke dalam permainannya. Setiap karaker memiliki level dan stats yang pada awalnya sama semua, yaitu level 8 dengan 1 poin untuk semua stats. Stats ini terdiri dari Health, Ki, Attack, Defense, Speed, Blast 1, Blast 2, dan Ultimate Blast. Health merupakan nyawa karaktermu. Ki merupakan energi yang dimiliki karaker. Attack dan Defense merupakan kemampuan menyerang dan bertahan karakter. Speed mempengaruhi kecepatan karakter. Blast 1 mempengaruhi daya hancur tenaga dalam biasa tiap karatker. Blast 2 berpengaruh terhadap tenaga dalam tingkat tinggi. Sedangkan Ultimate Blast berpengaruh terhadap tenaga dalam terkuat karakter.

    Level karakter merupakan total dari jumlah seluruh stats. Karena memiliki 8 macam stats, maka level awal karakter adalah level 8 (1 poin untuk tiap stats). Apabila kedelapan stats mencapai 5 poin, maka level karakter akan meningkat menjadi 40.

    Ketika bermain dalam mode Dragon Adventure, kamu akan diberi kesempatan untuk menjelajahi bumi terlebih dahulu sebelum menuju ke tempat tujuan utama di mana musuh sedang menunggu. Ketika sedang menjelajahi bumi, kamu bisa berkeliling untuk mencari musuh lain dan mengalahkannya. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan level karaktermu. Selain mencari musuh untuk mengumpulkan experience, ternyata kamu juga bisa mengumpulkan Dragon Ball. Kamu bisa menemukannya baik dalam kota, atau ketika sedang bertarung di suatu tempat (menghancurkan bangunan ketika sedang bertarung di kota). Apabila kamu berhasil menemukan ketujuh bola naga, maka langkah berikutnya adalah mencari lokasi munculnya naga Shenron. Setelah menemukan Shenron, kamu bisa mengajukan satu permohonan yang kemudian akan dikabulkan olehnya.



    Sayangnya, game ini diplot berdasarkan filmnya. Biasanya setiap chapter diakhiri dengan mengalahkan musuh utama, padahal kamu akan bertemu dengan musuh ini beberapa kali secara berurutan dan ditugaskan untuk memenangkan setiap pertarungan dengannya. Sebagai contoh, ketika sedang menghadapi Frieza, kamu akan mengendalikan Vegeta dalam pertarungan pertama. Kamu diharuskan untuk menang supaya bisa melanjutkan cerita. Nah, setelah kamu memenangkan pertarungan ini, akan muncul cutscene yang menceritakan kekalahan Vegeta, seperti pada komik dan filmnya. Tentu saja hal ini membuat game menjadi konyol. Tetapi tanpa kekonyolan ini, cerita tidak akan berlanjut. Mungkin si developer masih belum menemukan jalan untuk mengimplementasikan kekalahan dalam game, masak player harus mengalahkan diri?

  4. #4
    Patcher Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Tagger First Class 10000 Experience Points
    Array
    Posts
    1,525
    Points
    22,836
    Level
    16
    Points: 22,836, Level: 16
    Level completed: 10%, Points required for next Level: 2,814
    Overall activity: 0%

    [PS2] Dragon Ball Z : Budokai Tenkaichi 2

    Time for Battle!

    Ketika sedang bertarung, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Yang pertama adalah health tentunya. Apabila health karakter habis, itu berarti kamu kalah. Yang kedua adalah Ki yang dimiliki karakter. Penggunaan tenaga dalam akan menguras Ki. Semakin kuat tenaga dalam yang kamu gunakan, maka Ki yang terkuras juga semakin banyak. Apabila kamu menggunakan tenaga dalam secara berlebihan hingga Ki karakter menjadi minus, maka karakter akan menjadi lemas dan tidak bisa bergerak hingga Ki mereka kembali lebih dari 0.



    Dalam pertarungan, kamu bisa melompat dan terbang dengan kecepatan tinggi. Dengan menggunakan sistem lock on, kamu bisa mengunci pandangan ke arah musuh. Dengan begini, kamu tidak akan pernah kehilangan jejak. Lock on sangat berguna untuk melakukan serangan, terutama ketika mengeluarkan tenaga dalam. Blast 1 dan Blast 2 bisa kamu gunakan dengan bebas, asalkan kamu memiliki jumlah Ki yang cukup. Sedangkan Ultimate Blast hanya bisa digunakan ketika karakter mencapai Max Power. Untuk mencapai kondisi Max Power, diperlukan minimal 1 Ki Boost. Selain untuk mencapai Max Power, Ki Boost juga diperlukan untuk melakukan transformasi (berubah ke tingkat atau bentuk selanjutnya) dan fusion.

    Terdapat banyak sekali jenis serangan close combat yang bisa kamu lakukan, mulai dari melakukan serangan combo beruntun, meluncurkan Homing Attack (terbang ke arah musuh dengan kecepatan tinggi dan memukul sekuat tenaga untuk mementalkannya), hingga membanting musuh ke tanah dengan keras. Combo yang dimiliki oleh masing-masing karakter bisa kamu lihat pada Combo List ketika sedang melakukan pertarungan.

    Still Enjoyable Graphics



    Dragon Ball Z yang satu ini dirender dengan menggunakan gambar kartun yang telah dilengkapi dengan teknik shadow dan lighting, sehingga karakter masih terlihat cukup menarik (tidak hanya sekedar kartun biasa). Sedangkan tempat bertarung beserta obyek-obyeknya dirender secara 3D. Selain itu, obyek-obyek tertentu seperti pohon, batu, dan bukit kecil bisa kamu hancurkan dengan menggunakan tenaga dalam atau dengan melempar musuh ke arah obyek tersebut.

    Di samping itu, yang paling menarik adalah animasi tenaga dalam yang dikeluarkan oleh tiap karakter, mulai dari kamehame yang sering kamu lihat, destructo disc milik Krillin, hingga tinju serigala si Yamcha, semuanya terlihat keren dan luwes seperti kartun aslinya di serial televisi.

    Standard Sounds Quality

    Sedangkan untuk kualitas suaranya tidak ada yang istimewa. Musik pengiring permainan terdengar kurang seru sehingga kurang berpengaruh dalam permainan. Sedangkan sound effect terdengar lumayan. Kamu bisa mendengar suara baku hantam, para pendekar yang terpental dan menabrak bangunan sampai hancur, hingga suara hempasan tenaga dalam yang dahsyat. Yang menarik adalah vokal karakternya. Walaupun intonasi kurang bagus, tetapi dialognya sangat beraneka ragam. Misalnya, Goku yang bertemu dengan Mecha-Frieza, akan mengucapkan kalimat berbeda dibanding saat bertemu dengan Vegeta. Intonasi yang kurang baik ini dikarenakan ini adalah versi terjemahan dalam bahasa Inggris, dialog Jepang di versi aslinya tampaknya lebih enak didengar.



    Last Words

    Secara keseluruhan, game ini hampir sama dengan sekuel sebelumnya. Apabila kamu termasuk fans Dragon Ball, maka tidak ada salahnya kamu mencoba game yang satu ini. Permainannya lumayan seru dan menyenangkan karena AI lumayan pandai. Selain itu model karakternya juga keren-keren, termasuk jurus-jurus mereka. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lanjutkan perjuangan para Z Fighters!



    Score
    Grafik : 6
    Sound : 6
    Gameplay : 7
    Value : 7
    Reviewer : 7

    Jumlah DVD : 1 keping

    Publisher : Atari
    Developer : Spike Co.
    Genre : Fighting
    Release Date : 3 November 2006

  5. #5
    The One Achievements:
    Three Friends Your first Group Recommendation First Class Created Album pictures Created Blog entry
    Array
    Posts
    61,825
    Points
    869,301
    Level
    94
    Points: 869,301, Level: 94
    Level completed: 25%, Points required for next Level: 14,149
    Overall activity: 0%
    Blog Entries
    2
    Lho kok PS2 ? Kaget saya..
    comment dulu baca abis comment

    (kaskus banget..)

  6. #6
    Agent Achievements:
    Three Friends Veteran Tagger First Class 50000 Experience Points
    Array
    Posts
    8,093
    Points
    764,795
    Level
    88
    Points: 764,795, Level: 88
    Level completed: 46%, Points required for next Level: 9,455
    Overall activity: 0%
    hah apa bedanya sama Budokkai 3 yg udah keluar dari dulu itu ya?

    *oh lain ya kalo gw liat tuh ada Janemba segala, bisa berubah jadi super form nya ga ya? keren tuh kalau bisa jurus "cubical teleportation" nya

    ada ssj4 Vegetto? bukan Gogeta loh ya.....
    Last edited by Napoleonic; 25-02-07 at 23:56.

  7. #7
    Patcher Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Tagger First Class 10000 Experience Points
    Array
    Posts
    1,525
    Points
    22,836
    Level
    16
    Points: 22,836, Level: 16
    Level completed: 10%, Points required for next Level: 2,814
    Overall activity: 0%
    ngga ada kayaknya... ga tau lagi kalo blm keunlock.... kayaknya gogeta yg paling tinggi

    budokai 3 gw ga maen lah dvdnya ga kebaca di ps2 gw



 

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141