Welcome to the Gamexeon Forum.
Page 1 of 7 1 2 3 ... LastLast
Views: 23354
Replies: 69
  1. #1
    Infiltrator Achievements:
    Three Friends Recommendation Second Class Veteran Tagger First Class 50000 Experience Points
    Array
    Posts
    826
    Points
    1,148,170
    Level
    100
    Points: 1,148,170, Level: 100
    Level completed: 16%, Points required for next Level: 18,080
    Overall activity: 0%

    Kabel komposit vs kabel komponen vs HDMI, Kebutuhan, harga atau kualitas ?

    Kabel komposit vs kabel komponen vs HDMI, Kebutuhan, harga atau kualitas ?

    Sebelumnya sudah ada beberapa topic yang membahas mengenai hal ini tapi saya pribadi menilainya belum komplit untuk hal itulah saya membuat topic ini sebagai rangkuman sekaligus bahan referensi.
    Bagi rekan-rekan yang gemar memainkan game via console pasti sudah tidak asing dengan media untuk menampilkan gambar di layar. Apapun media penampilnya entah itu TV CRT, Projector, LCD, Plasma atau bahkan Viewer sekalipun tetap butuh kabel penghantar sebagai media partnernya. Sejauh ini di Indonesia untuk jenis kabel yang umumnya beredar terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya ; Komposit, S-video, Komponen serta HDMI. Sebenarnya masih ada tipe kabel lainnya tapi karena tidak beredar di Negara kita maka tidak akan kita bahas.

    Sekilas pandang – sedikit teknis…
    Dalam dunia analog sinyal gambar sebelum bisa ditampilkan di media penampil – dalam hal ini akan kita sebut dengan TV saja – umumnya berisi informasi mengenai Luma dan Chroma, kanal Luma berisi informasi mengenai seluruh aspek data dalam format tanpa warna, termasuk contrast dan brightness dalam format hitam putih ada disini. Sedangkan Chroma berisi seluruh data tampilan dalam format full colour. Dalam section Chroma sendiri masih terbagi antara sinyal biru, merah dan hijau. Seluruh informasi ini umumnya akan ditumpangkan dalam satu sinyal sinkronisasi atau bisa juga disebut sebagai based signal atau carrier signal agar bisa diterima dan ditampilkan oleh TV dengan baik.

    Kabel komposit


    Kabel bawaan paket hampir tiap konsol. Bukannya mencemooh tapi tipe kabel ini adalah tipe kabel yang paling memasyarakat dan bisa dipastikan bila setiap TV dimanapun didunia pasti kompatibel dengan kabel tipe ini. Disamping paling umum tipe kabel ini juga merupakan kabel yang palling murah dari sisi harga.

    Kualitas kabel komposit
    Karena seluruh informasi gambar ( Luma, Chroma dan Sync data) dipaksakan untuk berkumpul dalam satu kabel maka bisa di tebak bila koneksi dengan kabel ini mendapat posisi yang paling buncit dalam hal kualitas.
    Degradasi kualitas yang umumnya muncul adalah kolorasi warna yang sangat mencolok sehingga detail colouring menjadi rancu --> Kuning kehijauan berubah menjadi kuning kemerahan contohnya. Disamping itu tingkat ketajaman juga sangat kurang, yang terakhir terkadang kadar contrast dan brightness juga turut mempengaruhi kualitas gambar.

    Kabel komponen


    Seperti namanya : sinyal gambar yang dilewatkan melalui kabel tipe ini akan terbagi menjadi 3, yaitu ; Kanal brightness dan Sinkronisasi, kanal luma biru serta kanal luma merah. Tapi…. kemana kanal luma hijau ? he..he…he..biasanya kanal hijau ditumpangkan dan di generate dalam kanal luma biru dan luma merah. Jadi bisa kita bilang bahwa kabel komponen membawa sinyal gambar secara independen sehingga gangguan interferensi bisa diminimalkan.

    Kualitas kabel komponen
    Kabel komponen merupakan standar benchmark untuk high def visual analog. Karena separasi warna tiap kanal bisa terjaga begitu pula kadar brightness, contrast serta sharpnessnya. Sehingga detil akan kita dapatkan dari segala aspek.
    Dari sisi bandwith, kabel komponen juga mendukung standar reso dari 480i sampai dengan 1080p sehingga tidak ada yang terlewatkan oleh kabel tipe ini. (Khusus reso 1440p dan 1600p belum ada konfirmasi mengenai tingkat kompatibilitasnya)

    HDMI


    HDMI sebenarnya merupakan “kembaran” dari kabel komponen. Bedanya disini : HDMI dilahirkan dari rahim Digital sementara Komponen dari rahim Analog. Ada perbedaan yang cukup mencolok disini dari sisi positif dan juga negative.
    Pros :
    1. HDMI membuat koneksi lebih simple. konektor untuk data gambar dan suara bermutu tinggi menngunakan hanya satu konektor ketimbang komponen yang banyak konektor.
    2. Dukungan reso high def. yang lebih tinggi ; 1440p dan 2160p ketimbang analog komponen yang so far hanya 1080p.
    3. Digitilizing dalam beberapa proses cenderung memberi hasil yang lebih baik.


    Cons :
    1. Ini yang paling buruk….. panjang kabel HDMI berpengaruh besar dalam hal kualitas tampilan. Jangan berharap mendapatkan hasil maksimal bila menggunakan kabel HDMI "Standar" dengan panjang lebih dari 4 – 5 meter….dijamin kualitasnya pasti turun drastis. Hal ini merupakan akibat dari besarnya beban bandwith yang harus ditanggung oleh penghantar dalam kabel HDMI. (Sesuatu yang tidak signifikan akan kita temui bila menggunakan kabel komponen analog)
    2. Dukungan HDCP juga membatasi kemampuan maksimal visualisasi di TV bila content yang dimainkan terbukti gagal dalam proses otentikasi right management content.


    Sementara ini HDMI tersedia dalam 4 standar ; Standar 1.1 sampai dengan Standar 1.3. Sedangkan type konektornya sendiri terbagi menjadi 4 juga : tipe A sampai tipe D.

    Manakah yang sebaiknya saya pilih ?

    Kabel komponen adalah pilihan yang terbaik, sebatas reso TV anda mentok diangka 1080p. Karena harga vs performancenya cenderung sangat baik. Bila layar TV anda sudah support lebih dari 1080p maka tidak ada salahnya untuk membeli sebuah “High speed” HDMI kabel sebagai teman konsol anda pada saat bermain game.


    Update perbandingan kualitas visual kabel komposite vs kabel komponen/HDMI @480i :

    Kabel komposite :

    Terlihat bleeding detail yang cukup parah serta kolorasi dan kesalahan warna tingkat berat baik untuk image NOM maupun backgrond warna dibelakang huruf M.


    Kabel Komponen/HDMI:

    Tidak ada bleeding pada detail, separasi warna juga sangat baik bahkan kadar brightness dan contrast tiap detail mampu terjaga dengan baik.

    Berdasarkan opini pribadi - Rkey
    Last edited by Rkey; 30-09-09 at 11:49.

  2. #2
    Retired Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Tagger First Class 50000 Experience Points
    Array
    Posts
    12,433
    Points
    891,122
    Level
    95
    Points: 891,122, Level: 95
    Level completed: 41%, Points required for next Level: 11,228
    Overall activity: 0%
    Superb article

    Ada beberapa pertanyaan..soalnya ga jelas buat gw :

    1. Maksudnya dari kata2 : " Digitilizing dalam beberapa proses cenderung memberi hasil yang lebih baik." itu gimana..? contohnya..?
    2. HDMI kenapa pake HDCP segala..? sedangkan Komponen gak pake.. HDCP itu standar buat apa..? Soalnya waktu dulu nyari LCD monitor buat main PS3..gw dikasih tau katanya monitornya harus dukung HDCP kalo gak gambarnya gak muncul..

    Thanks in advance

  3. #3
    Infiltrator Achievements:
    Three Friends Recommendation Second Class Veteran Tagger First Class 50000 Experience Points
    Array
    Posts
    826
    Points
    1,148,170
    Level
    100
    Points: 1,148,170, Level: 100
    Level completed: 16%, Points required for next Level: 18,080
    Overall activity: 0%
    Quote Originally Posted by DooRentZs View Post
    Superb article

    Ada beberapa pertanyaan..soalnya ga jelas buat gw :

    1. Maksudnya dari kata2 : " Digitilizing dalam beberapa proses cenderung memberi hasil yang lebih baik." itu gimana..? contohnya..?
    2. HDMI kenapa pake HDCP segala..? sedangkan Komponen gak pake.. HDCP itu standar buat apa..? Soalnya waktu dulu nyari LCD monitor buat main PS3..gw dikasih tau katanya monitornya harus dukung HDCP kalo gak gambarnya gak muncul..

    Thanks in advance
    1. HDMI karena merupakan varian digital maka proses kerja dan perjalanan gambarnya juga berubah dalam format digital (bukan analog seperti Komponen) sehingga noise-noise interferensi analog tidak mempan terhadap HDMI. Itu sebabnya seburuk apapun gangguan noise sebatas dalam ruang lingkup analog maka tidak akan punya pengaruh kepada kepada HDMI.
    Contohnya : kabel Komponen dan HDMI di dekat medan magnet besar maka HDMI relatif lebih resistan ketimbang kabel Komponen.

    2. HDCP - High bandwith Digital Content Protection - merupakan embedded feature yang dibuat oleh konsorsium maker HDMI.
    Mengapa bisa begitu ?
    Jawabannya tidak lain karena "Royalti right management".........dalam setiap devices yang di support oleh HDMI bisa dipastikan merupakan high value device dan media yang diputarpun cenderung untuk high definition sehingga 95% merupakan industri yang bisa ditarik royalti feenya (baca : harganya mahal). Itu sebabnya mengapa HDCP di embbed ke HDMI, karena sifat HDMI sendiri yang "digital" sehingga kustomisasi bukan merupakan hal mustahil bagi HDMI.
    HDCP ini sendiri sangat disukai oleh pihak vendor namun sangat dibenci oleh user, Mengapa ?
    Karena dengan HDCP pihak vendor bisa membatasi ekplorasi penuh bagi devices yang support ke HDMI bila menggunakan perangkat atau media yang tidak support HDCP, yang paling ekstrim........devices "kawinannya" tidak akan bisa di akses sama sekali...

    Semoga bisa dimengerti Bro.....any question ?

  4. #4
    Gunslinger Achievements:
    Three Friends Your first Group Recommendation First Class Veteran Created Album pictures
    Array
    Posts
    9,764
    Points
    3,506,409
    Level
    100
    Points: 3,506,409, Level: 100
    Level completed: 26%, Points required for next Level: 27,841
    Overall activity: 0%
    nice info nih

    Ohya baru tau kalo panjang kabel pengaruh sama kualitas gambar di HDMI trus memilih kabel yang terbaik ada tips nya ga bro? merk, harga, dan lain lainnya

    maksutnya yang Standar dan yang ga standar tuh dimana?

  5. #5
    Infiltrator Achievements:
    Three Friends Recommendation Second Class Veteran Tagger First Class 50000 Experience Points
    Array
    Posts
    826
    Points
    1,148,170
    Level
    100
    Points: 1,148,170, Level: 100
    Level completed: 16%, Points required for next Level: 18,080
    Overall activity: 0%
    Quote Originally Posted by odhiex View Post
    nice info nih

    Ohya baru tau kalo panjang kabel pengaruh sama kualitas gambar di HDMI trus memilih kabel yang terbaik ada tips nya ga bro? merk, harga, dan lain lainnya

    maksutnya yang Standar dan yang ga standar tuh dimana?
    HDMI dibedakan dalam 2 versi : Standar dan High Speed.
    Perbedaan keduanya ada pada kemampuan bandwith maksimal yang bisa dihandelnya. Nah...bandwith ini punya hubungan ke tinggi resolusi dan panjang maksimal kabel. Kabel Standar umumnya ukuran diameter core tembaganya lebih kecil dari HDMI High Speed (HDMI High speed umumnya minimal pake konduktor 24 AWG) sehingga kualitasnya pasti dibawah juga.

    Saran saya pribadi ; untuk reso maksimal 1080p dan panjang kabel dibawah 3 meter maka make HDMI standar aja sudah cukup. Mengenai soal merek sebenarnya semua merek itu beda-beda tipis saja, yang membedakannya hanya plating konektor dan insulasinya saja. Kalau core induktornya....ya...sami mawon alias sama aja.

    Beli HDMI yang 500 K sama yang 250 K cuman bedanya di konektor plating ama lapisan isolasinya aja...trust me !!

  6. #6
    Operator Achievements:
    Three Friends Veteran Tagger Second Class 5000 Experience Points
    Array
    Posts
    64
    Points
    8,325
    Level
    10
    Points: 8,325, Level: 10
    Level completed: 10%, Points required for next Level: 1,725
    Overall activity: 0%
    kayaknya gw ngak ngaruh deh, mau pake hdmi yang 5 meter dan 1,8 meter, tetep konclong gambarnya, padahal harganya murah banget, 180 rebuan bwat yang 5 meter

  7. #7
    Niobe Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Created Album pictures Tagger First Class
    Array
    Posts
    16,955
    Points
    1,479,614
    Level
    100
    Points: 1,479,614, Level: 100
    Level completed: 65%, Points required for next Level: 8,636
    Overall activity: 0%
    Lapisan isolasi itu jangan dianggap remeh...kalau ndak mutu bisa membuat kabel di dalamnya putus. Soalnya gwe dulu pernah punya kabel VGA 5 meteran, lama2 putus kabel dalamnya karena sering keinjek ...jadinya tinggal warna ijo dah, biru ama merah ilang ...

    Dari sisi bandwith, kabel komponen juga mendukung standar reso dari 480i sampai dengan 1080p sehingga tidak ada yang terlewatkan oleh kabel tipe ini.
    CMIIW, tapi bukannya maksimal resolusi komponen itu 1080i? 1080P cuma bisa dicapai HDMI kalau ndak salah...; Gwe taunya dari Google dan nyoba sendiri output dari PC ke HDTV Full HD, komponen cuma mentok di 1080i di driver.

  8. #8
    GX Elite Staff Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Created Album pictures Veteran Tagger First Class
    Array
    Posts
    13,472
    Points
    3,010,488
    Level
    100
    Points: 3,010,488, Level: 100
    Level completed: 52%, Points required for next Level: 16,962
    Overall activity: 16.0%
    mas makasih artikelnya, aku mau tanya tanya nih



    2. Dukungan HDCP juga membatasi kemampuan maksimal visualisasi di TV bila content yang dimainkan terbukti gagal dalam proses otentikasi right management content.
    maksudnya gimana bro aku bingung. bukanya HDCP itu cuman DRM? dulu ada ginian namanya "macrovision" kalau ga salah ingat. (jaman kaset VHS sampe DVD)


    Jawabannya tidak lain karena "Royalti right management".........dalam setiap devices yang di support oleh HDMI bisa dipastikan merupakan high value device dan media yang diputarpun cenderung untuk high definition sehingga 95% merupakan industri yang bisa ditarik royalti feenya (baca : harganya mahal)
    anu bro, HDCP kok bisa narik royalti maksudnya gimana yah bro aku bingung >__<


    Itu sebabnya mengapa HDCP di embbed ke HDMI, karena sifat HDMI sendiri yang "digital" sehingga kustomisasi bukan merupakan hal mustahil bagi HDMI.
    Maksudnya kustomisasi sinyal dijital di HDMI itu gimana yah bro?

    HDCP ini sendiri sangat disukai oleh pihak vendor namun sangat dibenci oleh user, Mengapa ?
    Karena dengan HDCP pihak vendor bisa membatasi ekplorasi penuh bagi devices yang support ke HDMI bila menggunakan perangkat atau media yang tidak support HDCP, yang paling ekstrim........devices "kawinannya" tidak akan bisa di akses sama sekali...
    HDCP itu wajib apa nggak sih bro? soalnya aku main xbox gak ada HDCP nya nih. jadinya ya enak enak aja hehe.

    terus maksudnya "vendor bisa membatasi ekplorasi penuh bagi devices yang support ke HDMI bila menggunakan perangkat atau media yang tidak support HDCP" itu membatasi eksplorasi apa ya bro? bingung aku.

    1. Ini yang paling buruk….. panjang kabel HDMI berpengaruh besar dalam hal kualitas tampilan. Jangan berharap mendapatkan hasil maksimal bila menggunakan kabel HDMI "Standar" dengan panjang lebih dari 4 – 5 meter….dijamin kualitasnya pasti turun drastis. Hal ini merupakan akibat dari besarnya beban bandwith yang harus ditanggung oleh penghantar dalam kabel HDMI. (Sesuatu yang tidak signifikan akan kita temui bila menggunakan kabel komponen analog)
    aku bingung bro. seingat saya, justru kabel analog yang kualitasnaya akan turun drastis bila kabelnya kepanjangan. Justru dengan HDMI yang dijital, selama bandwidth yang dicapai masih cukup tinggi untuk resolusi dan audio yang dikirim. Mau sepanjang apapun ya suara dan gambar HDMI tetep bagus.

    jadi kalau kirim suara L-PCM via hdmi, dan gambar 1080p, mungkin max cable cuman 3m,
    tapi kalau HDMI cuman dipake buat gambar 1080p (misal suaranya lewat SPDIF) ya mau sampe 6m juga gambar tetep bagus selama banwidth masih cukup. (ngambil teori kabel LAN )



    Sementara ini HDMI tersedia dalam 4 standar ; Standar 1.1 sampai dengan Standar 1.3. Sedangkan type konektornya sendiri terbagi menjadi 4 juga : tipe A sampai tipe D.

    Manakah yang sebaiknya saya pilih ?

    Kabel komponen adalah pilihan yang terbaik, sebatas reso TV anda mentok diangka 1080p. Karena harga vs performancenya cenderung sangat baik. Bila layar TV anda sudah support lebih dari 1080p maka tidak ada salahnya untuk membeli sebuah “High speed” HDMI kabel sebagai teman konsol anda pada saat bermain game.

    @GiFos
    bisa kok komponen buat nyampein sinyal 1080p --> 1080p over component cable Xbox 360 - AVForums.com
    "saat suatu kejadian berhenti diberitakan, masyarakat akan melupakannya"

  9. #9
    Infiltrator Achievements:
    Three Friends Recommendation Second Class Veteran Tagger First Class 50000 Experience Points
    Array
    Posts
    826
    Points
    1,148,170
    Level
    100
    Points: 1,148,170, Level: 100
    Level completed: 16%, Points required for next Level: 18,080
    Overall activity: 0%
    @mantap
    Mungkin kabel yang anda pakai tipe High speed sehingga pengaruhnya belum tampak karena untuk tipe standar dalam rentang 5 meter itu degradasi kualitas pasti akan kelihatan.

    @gifos
    Isolasi itu sebenarnya lebih kearah pelengkap saja karena kualitas core itu lebih penting. Core yang bagus umumnya juga cukup kuat menahan beban tekan tapi semua ada batasannya. Semua kabel standar umumnya tidak didesain untuk mendapat beban tekan besar, bila kemungkinannya sering tergencet sebaiknya mencari kabel yang ada armornya.

    Untuk kabel komponen secara analog (ingat ; analog bukan digital) pasti bisa support ke 1080p karena bandwithnya mencukupi. Kemungkinan saat anda coba ternyata gagal saya kira karena masalah driver sehubungan anda mencobanya menggunakan pc. Sesekali cobalah menggunakan dvd player stand alone pasti fitur 1080p jalan tanpa masalah karena kabel komponen itu itu memang didesain untuk analog sedangkan HDMI didesain untuk digital.
    Keduanya serupa........tapi tak sama....

  10. #10
    Banned Achievements:
    Three Friends Recommendation First Class Veteran Tagger First Class
    Array
    Posts
    1,752
    nais inpoh bro rkey,,tmennya spider geek forum sebelah ye?hehehe
    iya aku pernah beli komponen uk PS3 tulisannya suport 720p &1080i
    ane setup ps3 nya ke 1080p gambarnya malah kelap kelip, apakah itu masalah kualitas (cuman beli yang 75ribu) ato ada masalah yang lain?
    monitor suport 1080p



 
Page 1 of 7 1 2 3 ... LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141