[Insight] Tearaway Unfolded

Nama Media Molecule melejit semenjak merilis seri Little Big Planet yang terkenal dengan gameplay-nya yang seru. Seri game yang bisa tumbuh sendiri karena komunitasnya ini jadimemberi ruang Media Molecule untuk berpindah ke IP baru untuk PS Vita, yakni Tearaway yang rilis tahun 2013 lalu.Dengan rating review yang tinggi dari gamer di seluruh dunia, akhirnya seri Tearaway berkesempatan untuk merambah platform PlayStation 4 bulan September 2015 lalu yang berjudul Tearaway Unfolded.



Karena prestasi itu, maka cukup pantaslah kalo kita sedikit mengulik kisah perjalanan Media Molecule dengan Tearaway Unfolded-nya di artikel profil kali ini.

Ketika pertama kali rilis, harusnya Tearaway buatan Media Molecule dapet cukup sorotan ketika pertama kali rilis untuk platform PS Vita beberapa tahun yang lalu. Hingga pada akhirnya Tearaway memperoleh hak yang sepatutnya didapet dengan dirilisnya Tearaway Unfolded untuk platformPS4, dengan konten tambahan dan kompatibel dengan fungsi gamepad DS4.

Tearaway Unfolded bisa dibilang merupakan versiDirector's Cut dengan kualitas reso HD untuk PS4. Kebayang kan keindahan dunia kertas Tearaway dengan grafis ceria a la game karya Media Molecule terpampang kece di layar kaca. Dijamin kalian bakal sering-sering mencet tombolshare dari DS4 kalian deh.

KONSEP PENGEMBANGAN DUNIA TEARAWAY




Tearaway Unfolded mendorong gamer untuk jadi gamer kreatif, seperti yang udah dilakukan oleh pendahulunya, seri Little Big Planet. Bahkan Media Molecule punyatemplate papercraft dari salah satu karakter dalam Tearaway Unfolded yang bisa dicetak oleh pemain untuk dirakit jadi karyapapercraft yang imut.

Hal-hal kecil semacam ini yang bikin fans dan tim developer punya ikatan komunitas lebih erat. Di satu sisi, gamer merasa senang dengan produk buatan Media Molecule. Dari sisi lain, Media Moleculemerasa hal ini merupkan bentuk cinta dari para fans sebagai penyemangat bagi mereka untuk terus berkarya.

Aspek yang menjadi ciri khas Tearaway adalah dunianya yang terbuat dari kertas. Pasti pada penasaran kan kenapa Media Molecule mengambil media kertas sebagai tema dari dunia Tearaway?Ternyata alasannya sederhana. Bagi kalian yang berprofesiatau menekuni bidang seni yang berhubungan dengan proses menggambar konsep, pasti seengganya ga pernah lepas dari media kertas sebagai tempat menorehkan ide. Begitu pula dengan tim Media Molecule. Karena merasa ga ada perkembangan yang signifikan dari gambar konsep mereka di atas kertas, akhirnya mereka mutusin kenapa ga mengeksplorasi media yang mereka pake buat mengonsep? Yang ga lain adalah kertas itu sendiri?

Kertas adalahmaterial yang menarik dengan keterbatasan yang dimilikinya. Tapi dari keterbatasan itulah yang terkadang bisa mendorong seseorang untuk mengeksplorasi hal yang terbatas lebih jauh. Seperti Media Molecule yang sampe mengundang seniman buku pop-up. Dari sinilah pemahaman tim Media Molecule tentang karakteristik media kertas pop-up bangkit, hingga lahirlah Tearaway.

Ciri khas gaya visual karakter pada mulanya pengen nerapin visuallow-poly. Tapi berhubung konsep dunia Tearaway termasuk parakarakter di dalamnya adalah kertas, maka visuallow-polydirasa kurang pas. Jenis visual ini dianggap terlalu kaku untuk diaplikasikan ke desain karakter yangberbasis media kertas dengan segala kelenturannya.



Namun setelah sekian kali percobaan, entah kebetulan atau bukan, bentukkarakter yang dihasilkanmiripseperti Orko dari animasi He-Man. Tapi pada akhirnya setelah prosesbrainstorming dan desain yang panjang, lahirlah kedua karakter Tearaway yang ikonik, Iota dan Atoi. Lengan dan kaki panjang dan lentur seperti kertas dari keduanya memang jadi ciri khas desain yang Media Molecule cari untuk Tearaway. Pada nyadar ga kalo muka mereka terlihat mirip kertas amplop?

PERUBAHAN MEKANISME TEARAWAY UNFOLDED




Sebelum dikembangkan buat platform PS4, mekanisme gameplayTearaway memang dimaksimalkan untuk PS Vita. Transisi Tearaway dari PS Vita ke PS4 bukan berarti tanpa perubahan yang ga signifikan. Salah satu keunggulan PS4 adalah platform ini diakui terlalu bertenaga melebih ekspektasi Media Molecule. Dari segi kualitas grafis udah ga perlu ditanya lagi bakal sekece apa nantinya. Ditambah dengan dukungan fiturtouchpad, sebenernya udah cukup mendukung Media Molecule untuk mengkonversimekanisme gameplay di platform PS4.

KOMBINASI CERITA, VISUAL, DANAUDIO




Ending Tearaway di platform PS Vita begitu kuat dan ninggalin kesan emosional mendalam bagi sebagian besar pemain. Media Molecule pun ga akan melepas ketiga elemen utama yang jadi kunci kekuatan Tearaway Unfolded kali ini.Aspek cerita, visual, dan audio merupakan ketiga elemen yang ga terpisahkan di Tearaway Unfolded.Dari ketiga aspek inilah yang nantinya akan mempengaruhi interpretasi pemain dalam dapetin pengalaman namatin Tearaway Unfolded.

PERSEPSI BARU DI TEARAWAY UNFOLDED




Anggapan versi Director's Cut ga akan pernah lepas dari kesan versi game yang rilis sebelumnya. Mungkin banyak di antara kalian yang nganggep Tearaway Unfolded hampir ga ada bedanya dari Tearaway versi PS Vita, terutama aspek ceritanya. Tapi apa benar ga ada hal baru yang bisa menarik perhatian di Tearaway Unfolded? Belum tentu.

Mungkin kalian pernah denger ungkapan dari gamer yang udah memasuki masa menyandang status mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa tingkat akhir bukanlah mahasiswa bodoh yang ga bisa lulus tepat waktu. Tapi bisa jadiproses belajar yang lebih lama adalah untuk menggali pemahaman materi secara mendalam.

Sama seperti ketika seorang gamer mengulangi permainan dari game yang pernah ia tamatin. Ketika main untuk kedua kalinya, ada pengalaman emosional yang lebihbagi gamer. Akan ada eksplorasi yang melibatkan rasa nostalgia pemain, hingga muncul keterikatan dengan game yang dimainin. Begitu pula dengan yang diungkapkan Media Moleculeakan Tearaway Unfolded ini. Bukan cuma tampilan grafis yang lebih keren aja yang bakal kalian dapet, tapi juga pengalaman emosionalterlebih bagi para fans berat Tearaway.



Salah satu contohnya adalah area "Harbour" di mana pemain bisa mengeksplorasi area teluk lebih dalam dengan kapal terbang kertas. Di area Harbour sendiri akan banyak konten dan misi tambahan yang bisa dimainin.

TRIVIA UNIK SEPUTAR LATAR BELAKANG KONSEP TEARAWAY




Awalnya, Tearaway dirancang sebagai game RPG open-world ambisius untuk PS Vita yang melibatkan fungsi GPS, di mana posisi karakter dalam game sama dengan posisi pemain berada. Hanya saja dalam versi dunia kertas Tearaway. Untuk tim Media Molecule yang hanya berjumlah sekitar 5-10 orang, proyek Tearaway RPG terlalu ambisius. Karena sumber dayayang masih minim, akhirnya desain game Tearaway dirombak ulang hingga lebih sederhana dan lahirlah Tearaway yang sekarang ini.

Bagi Media Molecule, dirilisnya Tearaway Unfolded bukan semata-mata untukmenjaga dapur tetep ngebul. Gw sendiri yakin banyak gamer di luar sana yang pengen terjun langsung ke industri game dan merasakan serunya jadipengembang game. Ngembangin game adalah cara keren untuk mengekspresikan perasaan terdalam dari pengembang dan membaginya ke gamer di seluruh dunia. Semoga ini juga hal yang mendasari Media Molecule merilis Tearaway Unfolded untuk PS4.

images: tearaway.mediamolecule.com | playstation.com | fastcompany.net

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 24 November 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus