[Preview] Disaster Report 4 Plus: Summer Memories

Siapa yang ga takut ketika bencana alam melanda? Kuasa alam bukanlah tandingan bagi manusia. Seberapa canggihnya infrastruktur buatan manusia, bukanlah tandingan bagi alam semesta. Hutan beton yang paling kokoh pun bisa luluh lantak. Hanya masalah waktu hingga alam kembali mengambil alih.

Bencana alam seringkali dateng tanpa bisa diduga. Bahkan prediksi hitungan manusia pun masih bisa meleset dari rencana.Maka ga heran kalo banyak orang bisa panik ketika bencana alam melanda. Salah satu bentuk antisipasi yang bisa dilakukan hanya terus berlatih melalui simulasi bencana alam, biar ga gampang panik dan masih mampu memutar otak dalam waktu genting sekalipun.

Ngomongin soaltanggap bencana alam, udah bukan rahasia lagi kalo Jepang terkenal dengan warganya yang cepattanggap dalam merespon ketika bencana alam melanda. Bahkan rentang masa pemulihan pasca bencananya termasuk cukup cepat dibanding negara lain.



Sepertinya dari sinilah inspirasi Granzella muncul untuk bikin game bertema bencana alam. Seperti salah satunya bencana gempa bumi yang semakin sering terjadi, bikinbanyak negara melakukan simulasi untuk berjaga semaksimal mungkin untuk meminimalisir jumlahkorban jiwa.

Disaster Report 4 Plus: Summer Memories berlatar lokasi dinegara Jepang yang cukup rentan mengalami bencana seperti gempa bumi, seperti yang pernah melandaTohoku yang disertai Tsunami tahun 2011 silam. Bencana tersebut punya efek cukup besar pada industri video game. Banyak hardware maupunsoftware game yang mengalami kerusakan karena peristiwa tersebut. Akibatnya, tim developer mau ga mau terpaksa menundaperilisannya.



Nah, seri Disaster Report 4 Plus: Summer Memories (a.k.a.Zettai Zetsumei Toshi) sendiri sebenernya emang udah lama mengangkat tema bencana sebagai konten gameplay-nya. Sejak tahun 2002, game survival-action-adventureini konsistenmengusungisu bencana di banyak latar tempat. Misalnya aja di seri pertama yaitu Disaster Report 1, terjadi gempa bumi dengan latar tempatsebuah pulau buatanbernama Capital City. Di seri keduanya yaitu Disaster Report 2: Raw Danger! mengangkat isu banjir di sebuah kota sebagai permasalahan utamanya.Pada tahun 2009, seri ketiga dirilis dengan cerita dua tokoh protagonisnya yang terjebakdi sebuah bus dalam lorong bawah tanah ketikaterjadi gempa.

Lalu gimana dengan Disaster Report 4 Plus: Summer Memories kali ini? Ternyata game inisempethampir dirilis tahun 2011 silam. Namun sayangnya bencana Tohoku jadi penyebab game ini batal dirilis. Pihak developerberusaha menjaga perasaan para korban gempa, makanya mereka memilih untuk membatalkan perilisan. Empat tahun berselang, proyek pengembangan Disaster Report 4 Plus: Summer Memories dilimpahkan olehIrem, tim developer sebelumnya, ke tim developerbaru yaitu Granzella Inc.. Tetap di bawah pengawasanproduser Kazuma kuzo, apa yang bikin seri ini patut kita tunggu?

GAME SURVIVAL POPULERDENGAN RAGAM KARAKTER




Dilihat dari debut trailernya, kita langsung melihat suasana kota yang udah dalam kondisi porak-poranda pasca terjadinyabencana gempa bumi. Posisi mobil yang udah gaberaturan. Jalanan dan gedung retak dimana-mana. Hutan beton yang tadinya kokoh terlihat rubuh satu-persatu.Dengan iringan lagu melankolis, tampak game ini berusaha memvisualisasikanrasa dukakorban gempa langsung dariground zero.

Seri Disaster Report sebelumnya emang udah populer di Jepang, tapi bukanberarti pengembangan di seri terbaru ini akan stagnan dari segi kualitas. Ada beberapa improvisasi yang diaplikasikan oleh tim developer untuk menghadirkan nuansayang berbeda bagi gamerketikamainin Disaster Report 4 Plus: Summer Memories.

EKSPLORASI GROUND ZERO LEBIH DALAM




Dari segi gameplay, ada banyak peningkatan dalam game ini. Seperti salah satunyakarakter jadi lebih leluasa untuk mengeksekuiberbagai aksi survival, baik untuk menyelamatkandiri sendiri maupunorang lain. Karakterbisa memasuki berbagai ruangan dalambangunanyangruntuh untuk mencarikorban yang selamat atau merencanakanrute penyelamatan. Pemain juga bisa berburu banyak hal yang diperlukan saat penyelamatan, untuk mengobati luka atau keperluan genting lainnya. Ada juga fitur cleanliness parameter untuk mengukur tingkat kebersihan dan kesehatan karakter yang gamer mainkan. Paramater ini mempengaruhitampilan visual karakter berupa efekkucel dan dekil.Nantinya kondisi ini juga bakal berpengaruh ke tingkat stres karakter.

Pemain akan diberi kebebasan untukmemilih karaktermana yang mau mereka mainkan. Yang istimewa, game ini menawarkanlebih dari 60 karakter untuk dipilih. Bisa dibilang jumlah karakter dalam Disaster Report 4 Plus: Summer Memories merupakan jumlah terbanyak dalam sejarahseri Disaster Report. Tiap karakter juga memiliki fitur kustomisasi. Jadi pemainbebas milihgaya rambut dan penampilan wajah karakter yang dipilih.

SECUIL KISAH DISASTER REPORT 4 PLUS: SUMMER MEMORIES




Dari segi cerita, Disaster Report 4 Plus: Summer Memories menceritakan sang karakter utama yang pergi ke kota besar untuk menghadiri wawancarapekerjaan. Tanpa diduga, sebuah gempa bumi terjadi dan mendesak wargakota tersebut untuk menyelamatkan diri. Sebagai game survival yang mengombinasikan aksi dan petualangan, pemaindituntut untuk siap menghadapisituasi genting dalam bentuk apapundan harus bisabekerja sama dengan karakter lainnya.



Hingga saat ini belum ada informasi terkaittanggal rilis resminya. Kabarnya seri ini akan dirilis untukplatform PS4. Akan seperti apakah hasil final dariDisaster Report 4 Plus: Summer Memories? Pantengin Gamexeon terus untuk info terbarunya. ;)

sumber : allgamesbeta.com | gematsu.com

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 15 November 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus