[Preview] Pokemon Picross

Inget Pikachu yang lucu dan gemesin? Tikus bertenaga listrik dengan warna kuning ini emang identik dengan serial populerPokemon. Ya maklum, Pikachuudah jadi maskot utama serialPokemon. Petualangan Pikachu bareng Satoshi selama ini lah yang bikin berburu Pokemon ga pernah bikin bosen.



Nah, buat para gamer yang kangen sama kemunculan si makhluk bersuara super imut ini, bisabernostalgia lagi di seri game terbaruPokemon berjudul Pokemon Picross. Dah bisa nebak belum gameplay Pokemon Picross ini bakal kayak gimana?



Sekilas, gameplay Pokemon Picross dari video di atas terlihatenteng banget. Dengan mengusung konseppay-to-play puzzle, gamer handheld Nintendo 3DS bisa mengunduh gratis demo game ini sebelum membeli versi full-nya. Gameplay-nya cukup lumayan buatngilangin suntuk di waktusenggang, bukan berarti Jupiter Corporation, selaku developer ga bisa maksimalin kualitas Pokemon Picross. Meski minim di unsur cerita yang ga jauh-jauh dari berburu dan mengoleksi Pokemon, unsur gameplay dan tampilan visual yang baru cukup membawa angin segar buat penggemar seri game Pokemon.

POKEMON DALAM NUANSAPIXEL




Setelah nonton trailernya, pasti pada ngeh ada yang beda dari segigaya tampilan visualnya. Dari sisi seberapavivid warna-warni ceria dunia Pokemon Picross, aslinya ga kalah keren sama Pokemon Shuffle yang merupakan game free-to-play juga. Sama-sama colorful dan ceria. Perbedaan yang paling mencolokdari segi visual terdapat pada gaya visual pixelated, baik untuk area permainan maupun gambar Pokemon yang muncul. Gaya visual inibisa jadi diambiluntuk menyesuaikan gameplay dari Pokemon Picross sendiri. Emang kaya gimana sih gameplay-nya?

POKEMON, PICROSS, & MINESWEEPER




Istilah game Picross, yang merupakan singkatan dari Picture Crossword, juga dikenal dengan sebutan Nonogram, Hanjie, atau Griddlers. Picross merupakan permainan puzzle logika, di mana pemain harus menebak gambar apa yang terletak di kotak kosong, dengan cara mengisikolomgrid yang kosong menggunakan bantuan deret angka sebagai petunjuk. Hampir mirip game Minesweeper, cuma bedanya angka petunjuknya terletak di luar area permainan.

Hampir sebagian besar gamer mungkin kenal dengan game Minesweeper yang pernah populer di tahun 80-an di kalangan game puzzle. Pokemon Picross punya kemiripangameplay, di mana pemain harus menebak kotak yang tepat yang nantinya akan membentuk gambar jenis Pokemon. Tentunya jangan sampe salah klik dan malah buka kotak yang salah. Kalian bisa manfaatin petunjuk angka yang ada di tepi kotak area permainan. Angka-angka tersebut jadi petunjuk jumlah kotak yang terdapat dalam satu deret membujur dan melintang yang saling bersilangan.

Kalian juga bisa membandingkan preview gambar yang muncul di layar atas 3DS untuk membantu menebak posisi aman kotak yang tepat di layar permainan. Apa hadiahnya kalo level permainan berhasil kalian tamatin? Udah jelas Pokemon yang terbentuk dari level puzzle tersebut bakal jadi milik kalian! Tiap Pokemon yang berhasil ditangkap punya berbagai jenis skill untuk membantu kalian di level berikutnya.

Meski mungkin permainan terasa sulit di awal, tapi ketika kalian amaticore-gameplay-nya, Pokemon Picross nawarin permainan yang cukup ringan. Tapi tetep butuh ketangkasan otak buat mecahin level puzzle yang ada.

Akan ada lebih dari 300 puzzle berbagai jenis Pokemon, mulai dari karakter Pokemon umum hinggaPokemon legendaris. Jangan khawatir kalian bakal bosen ngulang maininlevel yang gagal kalian kelarin. Karena begitu kalian bisa namatin level tersebut, akan ada mode tantangan yang berbeda yang menambah tingkat kesulitan permainan level tersebut. Jelas Pokemon Picross punya nilaireplayability yang cukup tinggi.

TRIVIA UNIK POKEMON PICROSS




Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa Nintendo baru merilis game pay-to-playini dengan gameplay dari game jadul.Apakah Nintendo memang menargetkan pangsa-pasar game free-to-play mereka dengan memodifikasi gameplaydari game jadul?

Sebuah trivia menyebutkankalau tim pengembang Jupiter Corporation sempat ngembangingame dengan judul yang sama, yaituPokemon Picross, untuk dirilis di platform Game Boy dan Game Boy Color pada tahun 1999. Sayangnya game tersebut bataldirilis. Mungkin pada tahun tersebut, permainan Picross cukup menjamur sehingga Nintendo merasa saingan Pokemon Picross akan terlalu banyak dan berat kalo mereka rilis pada tahun tersebut.

Barulahtampaknya setelah 16 tahun berlalu,Nintendo baru menyetujui Pokemon Picrossuntuk dirilis. Trivia lain juga bilang Picross NP Vol.1, game dengan mode gameplay yang mirip udah dirilis akhir 90an namun untuk platform Super Nintendo. Tapi jangan berburuk sangka dulu. Di satu sisi mungkin kelihatannya Nintendo seolah kekurangan developer yang bisa mengembangkan game dengan permainan baru yang kreatif. Tapi kalo kita lihat sisi positifnya, apa salahnya mempopulerkan kembali permainan yang bagus untukgenerasi jaman sekarang?Selain itu, banyaknya game seri Pokemon dengan berbagai macam gameplay tentu akan nambah ragam pilihan gamer kan?



Buat yang udah ga sabar pengen mainin Pokemon Picross, harapbersabar dikit ya. Rencananyagame ini bakal dirilistanggal 2 Desember di Jepang, dan menyusul tanggal 3 untuk pasar Amerika dan Eropa untuk platform Nintendo 3DS.

images : ign.com | pokemon.com | perfectly-nintendo.com

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 12 November 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus