PS4 Tutorial: Stream dengan PS Now

Konsol PlayStation dikenal di kalangan gamer sebagai konsol yangpowerful. Dari generasi pertama hingga saat ini, konsol pabrikan Sony ini punya banyak fitur yang menjadikan konsol PlayStation sebagai platform hiburan multifungsi. Tapi ada satu generasidi mana konsol PlayStation 3, yang punya arsitekturhardware dansoftware yang unik, sempat "tersedak" di tengah jalan ketika udah dikaitkan dengan kedua kata: "backward compatibility".

Arsitektur PlayStation 3 memang kompleks, sehingga kumpulan game last-gen (baca: PlayStation 3)ga bisa dijalankan di arsitektur PlayStation 4.Tapi Sony ga kehabisan akal.Seiring majunya infrastruktur koneksi internet dan penyimpanan data digital dicloud, maka terlahirlah ide online game streaming Sony yang bernama PS Now. Layanan PS Now jadi salah satu solusi yang memungkinkan bagi gamer PlayStation 4 untuk mainin ratusan game yang pernah rilis untuk platform PlayStation 3.



Terus gimana langkah-langkahbuat nyobain layanan PS Now? Tutorialselengkapnya bisa kalian baca di bawah ini.

LANGKAH1:TES KONEKSI




Mengingat layanan PS Now terfokus pada layananstreaming, maka hal paling utama yang dibutuhkan adalah koneksi internet. Sony menyarankan gamer untuk punya kecepatan koneksi internet yang stabil, minimal 5 Mbps. Makin rendahping yang diperoleh, maka koneksi akan lebih bagus. Layanan PS Now mendukung penggunaan koneksi internet kabel (Ethernet) maupun nirkabel (Wi-Fi). Tapi demi kelancaran permainan, koneksi internet kabel lebih disarankan. Akan lebih baik untuk menghentikan sementarapenggunaan internet yang memakanbandwith besar (download ataulayananstreaming lain) supaya pengalaman main layanan PS Now lancar. Kalo kalian ga yakin dengan kecepatan koneksi internet di rumah, kalian bisa tes melalui menuConnection Testdi bagian Networkdari mesin PlayStation 4langsung.

Prosedur awalyang perlu kalian tempuh tentu mengaktifkan layanan PS Now terlebih dulu. Kalian bisamengaktifkan promo gratis trial 7 hari PS Now di sini: PS Now 7 Day Free Trial

Sebagai catatan yang ga kalah penting, tentu kalian harus punya akun SEN/PSN (region 1 - US) yang udah teraktivasi secaraonline untuk bisa menggunakan fitur PS Now. Untuk mengaktifkan layanan PS Now, dibutuhkan kartu kredit untuk proses aktivasi. Langkah-langkahnya cukup simpel. Akses PS Store US dan pilih menu layanan PS Now di laman utama. Pilih game yang pengen kalian mainin dan tentukanlama masa sewa.

Untuk daftarkoleksi game selengkapnya, kalian bisa akses di situs playstationnow.com.

Sebagian koleksigame PS Now mendukung mode permainanlocal co-op maupunonline multiplayer. Untuk mengakses modeonline multiplayer, Sony ga mewajibkan pengguna untuk berlangganan PS Plus karena kedua layanan ini merupakan layanan yang berbeda. Tapi bagi gamer member PS Plus, bisa menggunakan keuntungan layanandownload danuploadsave game data baik ke mesin maupun ke cloud server.

LANGKAH2:PILIH JENIS LAYANAN SESUAI KEBUTUHAN




Ada dua opsilayananyang bisa dipilih oleh gamer ketika menggunakan layanan PS Now.

  • PS Nowrental: memperbolehkan pengguna untuk mengakses dan memainkangame PS Now, dengan rentang waktu sewa tertentu.

  • PS Now subscription: memperbolehkan pengguna untuk mengakses dan memainkan semua koleksi game yang ada dalam katalog, selama masa berlangganan masih aktif.


Kalian bisa sesuaikan tipe layanan di atas dengan kebutuhanmain dan dana yang kalian punya tentunya.Biasa sewa game rata-rata berkisar di rentang harga mulai dari$4.99 hingga$7.99 untuk masa sewa selama 2 hari, dan >$9.99 untuk masa sewa selama 30 hari. Masa sewa baru dihitung setelah kalian mainin gamenya, bukan saat membayar. Tapi sebagai catatan penting, kalian punya rentangwaktu 30 hari untuk memulai aktivasi masa sewa sebelum hangus.

LANGKAH 3:TIPSMENINGKATKAN PERFORMA KONEKSI INTERNET




Bukan ga mungkin kalian akan mengalami permainan yang sedikit nge-lag dan artifak di tampilan visual game akibat koneksi internet di rumah. Tapi seengganya berikut beberapa tips yang bisa kalian coba untuk mengurangi gejala-gejala yang bisa mengganggu kenikmatan aktivitas nge-game kalian.

Hal pertama yang patut dicoba adalah mengkoneksikan mesin PlayStation 4 keroutersecara langsung via kabel ethernet (bukan Wi-Fi). Kalo perlu kurangi jumlah peralatan yang terhubung langsung dengan koneksi ke router, sepertismartphone, tablet, laptop, PC, dangadget lain yang berpotensi mengurasbandwith koneksi internet rumah. Tapi perlu diinget, masih ada faktor lain yang bisa mempengaruhi kelancaran koneksi internet. Seperti misalnya ga lain adalah gangguan dari penyedia layananinternet yang kalian pake. Hehehe.

THE VERDICT




PS Now memang terobosan layanan revolusioner. Sayangnya dibutuhkan koneksi internet yang revolusioner pula untuk bisa manfaatin layanan PS Now secara maksimal. Tergantung dari kualitas jaringan penyedia layanan internet lokal, pengalamanstreaming game Sony akan banyak berpengaruh di kestabilangameplay dan visual game. Kalo kalian bisa menempuh usaha untuk memaksimalkanbandwith internet di rumah, kalianbisa menikmati layanan PS Now yang jadi jawaban atas mayoritas gamer PlayStation 4 yang pengen kangen-kangenan dengan game konsol pendahulunya, PlayStation 3.

images: blog.playstation.com

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 12 October 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus