[Preview] Lost Sea

Butuh rekomendasi game 3D Action-Strategybaru bertema seputar pelayaran tapi bosen dengan tantangan level yang gitu-gitu aja?Mungkin kalian perlu nyobaLost Sea, game besutan terbaru dari developer yang bikin seri Soldner-X dan Rainbow Moon.

Lost Sea merupakan game bergenre 3D Action-Strategy yang mengandalkan kontenprocedurally generated, jadi tantangan level yang akan ditemui pemain akan muncul secara acak. Dalam Lost Sea, pemain akan berperan sebagai tokoh yang terdampar di kepulauan Bermuda, di mana misi utamanya tentu fokus pada cara untuk keluar dari area tersebut. Untuk bisa kabur dari area Bermuda yang berbahaya dan menyimpan misteri, pemain tentu butuh kapal yang tangguh buat melewati tiap rintangan yang menghadang.

BAHAYA YANG MENGANCAM DI SEGITIGA BERMUDA




Berhubung tema utamanya adalah bertahan hidup dan merakit kapal yang kece, gameplay ga akan jauh dari aksi ngumpulinitem dancrafting peralatan yang jadi bahan dasar buat bikin kapal. Bahan-bahan ini cuma bisa dikumpulin dengan cara mengeksplorasi kepulauan yang tersebar di area Bermuda. Pastinya ga gampang buat nyari dan ngumpulin benda-benda ini, karena banyak bahaya mengancam di alam liar. Contoh nyatanya tentu hewan liar kayak babi hutan tukang seruduk, bahkan sampe unggasyang mirip burung dodo yang udah punah juga ada. Akan banyak hewan misterius yang mungkin udah punah atau bahkan ga disangka bakal eksis, tapi ternyata menghuni kepulauan Bermuda.

Keberadaan tanaman pemakan manusia juga perlu diwaspadai. Mereka ga cuma bisa nyerang dari jarak dekat, tapi juga bisa nembakin peluru berbentuk biji yang bisa meledak ketika menghantam obyek.



Ancaman sepertinya ga cuma berasal dari flora dan fauna yang mendiami kepulauan tersebut. Dari cuplikan singkattrailervideo di atas, sepertinya ada tanda-tanda "peradaban" yang nunjukin kalo ada suku pribumi yang tinggal di pulau tersebut. Sayangnya tanda-tanda peradaban ini ga menggambarkan bahwa suku yang gw maksud ramah terhadap pendatang asing. Gimana ga? Ornamennya aja berupa kepala tengkorak manusia yang ditancap ke tiang kayu. Serembanget dong.



Tapi ga usah takut. Gaya tampilan visual game Lost Sea malah jauh dari nyeremin. Dunia Lost Sea punya gaya visual kartun, dengan tekstur obyek yang sepenuhnya digambar tangan. Jadi kebayang dunia Lost Sea yang penuh warna itu dibikin secara artistik oleh tangan-tangan handal staff EastAsiaSoft.



Selain menitikberatkangameplay pada elemen bertahan hidup dancrafting, nantinya pemain juga akan bisa merekrut NPC untuk dijadikan kru kapal. Karakteristik NPC ini sifatnya beragam. Tiap NPC punya skillberbeda yang akan berguna untuk misi-misi tertentu. Belum pasti seperti apakah sistem pergantian partner NPC, jumlahpartner yang bisa diajak gabung ke dalam party,dan jenis skill apa aja yang mereka punya.

TEMA PENJELAJAHAN DAN BERTAHAN HIDUP DI KEPULAUAN MISTERIUS




Tema game bertahan hidup emang paling bisa bikin gamer yang suka tantangan betah berlama-lama ngejongkrok di depan monitor. Ya, kalo ga mana mungkin game setipe Don't Starve atau Metro: Last Light laku. Begitu juga dengan Lost Sea. Terdampar di kepulauan Bermuda tanpa bisa kemana-mana selalu jadi plot menarik, baik di film, buku, atau medium game. Proses adaptasi dan perkembangan karakter dalam cerita lah yang jadi aspek menarik buat diikuti. Apakah si karakter akan mampu beradaptasi mengatasi masalah yang timbul, atau justru cuma bisa pasrah dan ga ngerti harus berbuat apa.



Ide inilah yang mendasari Aidan Price, selakugame designer dari Lost Sea untuk dieksekusi jadigameplay. Karakter protagonis yang hanyalah manusia biasa, menjadikan game Lost Sea bisa menyajikan masalah yang jadi premis gamesurvival ini. Selain harus bisa mengambil keputusan dengan tepat, sang karakter utama harus bisa memimpin anak buahnya dalam bertahan hidup dan berjuang keras keluar dari kepulauan Bermuda lewat sebuah portal misterius.

KOMBINASI FILM KELAS BDAN GAYA KARTUN




Gaya kartun dengan visual cerah a laBanjo Kazooie dan Crash Bandicoot jadi inspirasi EastAsiaSoft buat bikin Lost Sea. Selain karena kedua game tersebut identik dengan game kenangan masa kecil Aidan dan rekan-rekannya, tipikal gameaction-adventure seperti itulah yang lebih terasa luwes buat dimainin dengan tampilan visual yang penuh warna. Makanya ga heran mayoritas tekstur in-game digambar langsung dengan tangan oleh para stafartist.



Selain itu tim EastAsiaSoft juga nyebut bahwa film-film kelas B turut menginspirasi mereka dalam bikin latarsetting buat Lost Sea. Bahkan mereka ga segan-segan melabeliLost Sea dengan sebutan "Cartoon B-Movie", yang mereka percaya bisa ngasih sesuatu yang fresh dan bisa disukai komunitas gamer.



Nah gimana? Kalo kalian merasa tertarik dengan tema survival yang fun, menyambangi kepulauan Bermuda barengLost Sea mungkin patut masuk daftar game yang ditunggu. Lost Sea rencananya bakal dirilistahun 2016 untuk platform PlayStation 4, Xbox One, dan Steam (PC/Mac/Linux).

images : eastasiasoft.com | lostseagame.com

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 24 October 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus