Main game online free to play, tanpa beli item mall?

Selama beberapa tahun belakangan ini jagad game online di Indonesia diramaikan dengan kehadiran game-game free to play (F2P), alias gratisan. Di Indonesia sendiri, sistem ini sudah digunakan oleh hampir semua judul game yang beredar di server lokal.

Satu paket dengan sistem F2P, dikenal juga sistem microtransaction, yang juga dikenal dengan nama item mall. Melalui sistem ini pemain dapat membeli aneka item-in game, dengan menggunakan mata uang sungguhan. Biasanya melalui voucher game online, yang dapat dikonversi ke satuan mata uang khusus di dalam game. dengan inilah item mall tersebut dapat dibeli.

Problemnya adalah ada beberapa kalangan gamer yang menilai game F2P tak sepenuhnya gratisan. Apalagi jika item mall menawarkan banyak item premium, yang membuat permainan jauh lebih mudah. Tapi apakah bisa bermain game F2P, dengan mengeluarkan biaya seminim mungkin? Terlebih gratisan seutuhnya?

Sabar adalah kuncinya

Banyak item mall yang mempermudah dan mempercepat jalannya permainan, termasuk membuat karakter kuat secara cepat. misalnya saja senjata-senjata premium, yang lebih tangguh daripada yang dijual di toko NPC. Atau aneka boost, yang dapat memacu pendapatan exp dan drop item karakter. sehingga hunting bisa menjadi lebih cepat dan mudah.



Sekilas memang kelihatannya ga adil, apalagi jika dibandingkan dengan pemain yang benar-benar gratisan. Nah kuncinya di sini adalah sabar. Begini maksudnya: misalnya ada senjata kuat, yang bukan item mall, dan bisa didapatkan karakter murni melalui leveling. Memang untuk mendapatkannya dibutuhkan waktu lebih lama, dan niat yang cukup tinggi. Tapi bukannya tidak mungkin untuk memperolehnya, bahkan senjata itu bisa hampir menyamai item mall.

Menunggu event

Agar pemain tetap betah, publisher tentu aja memikirkan aneka cara guna mempromosikan dan membuat game mereka tetap menarik. ssalah satunya adalah mengadakan banyak event in-game, termasuk event khusus yang membagikan item mall secara gratis. syaratnya cukup mengikuti quest event yang tersedia, dan khusus dibuat hanya untuk event tersebut.



Sebagai pemain murni gratisan, saat-saat beginilah yang ga boleh dilewatkan. Sesekali akhirnya kalian bisa mencoba aneka item premium, tanpa mengeluarkan rupiah sama sekali. Memang pasti ada usaha lebih untuk memperolehnya, misalnya quest yang agak rumit proses penyelesaiannya. Tapi setelah itu akhirnya kalian bisa juga mendapatkan item premium gratisan. Hore!

Cermat memilih game

Membanjirnya game online di Indonesia bukan berarti kalian harus memainkannya semua. Sekalipun semuanya gratis, tapi tidak ada paksaan sama sekali untuk mencoba semuanya. Nah maka dari itu kalian sebagai pemain, kudu cermat dalam memilih game online F2P, yang lebih cocok untuk diri kalian sendiri.



Jika kalian menangkap gelagat ga enak dari sebuah game online, misalnya terdapat jurang yang kelewat jauh antara pemain berbayar dan tidak. Hmm, di sinilah kalian harus bisa menentukan sikap. Mau lanjut, tapi dengan resiko susah menang dalam PvP? Atau mencari game online lain, yang F2P tapi tetap adil pada semua kasta pemain.



Nah sobat gamer online. sebetulnya ga gitu mustahil untuk tetap bermain gratisan, di tengah gencarnya serangan item mall. Memang butuh lebih banyak usaha dan kesabaran, tapi bukannya tidak mungkin untuk tetap memainkannya dengan biaya seminim mungkin. Yup, memang sih permainan jadi lebih sulit, dan untuk beberapa aspek pemain ber-item mall pasti lebih unggul. Tapi jika kalian fine dengan hal-hal tersebut, well kenapa tidak untuk dicoba?

Ditulis oleh Chris Yang pada 14 November 2015 10:09



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus