[Preview] Hello, Neighbor!

Pernah punya pengalaman ga sih komplek rumah kedatangan tetangga baru, yang tadinya dikira orangnya seru tapi ternyata jauh daribayangan kita? Tetangga baru ini ternyataorangnyaanti sosial. Setelah pindah rumah ga pernah keluar menyapa tetangga sekitar. Yang adamalah mengurung diri di rumah melulu. Kira-kiradia ngapain aja ya di rumahnya?

Nah, itu adalah sekilas premis dari cerita game indie thriller besutan Dynamic Pixels, di mana kalian akan berperan sebagai tetangga yang penuh rasa ingin tahu sama tabiat tetangga baru kalian yang misterius.Game ini berjudul Hello Neighbor!

IDE AWAL PENGEMBANGAN HELLO NEIGHBOR!




Dari deskripsi Dynamic Pixels, Hello Neighbor! terinspirasi dari kisah bangunan penuh misteri yang lebih mirip labirin ketimbang rumah. Ada 2 nama tokoh dalam sejarah yang tercantum dan berhubungan dengan bangunan misterius yang pernah eksis di dunia.

SARAH L. WINCHESTER


Mungkin ada yang familiar begitu bacanama belakangnya? Buat yang hobi baca-baca soal senjata api, mungkin ada yang tahusenapan Winchester, seperti yang dipake John Marston di Red Dead Redemption. Ayah mertua Sarah adalah penemu senapan tersebut. Sarah percaya kalo arwah orang yang mati terbunuh senapan buatan mertuanya itu, akan menghantui dan membunuh dirinya. Saking parno-nya, Sarah pun membangun rumah dengan interior menyerupai labirin yang kompleks biar arwah yang gentayangan ga bisa membunuhnya.

Para pekerja bangunan terus membangun rumah itu siang dan malam selama 38 tahun! Di dalam rumah tersebut banyak tersimpan pintu dan jendela imitasi, ruang rahasia, dan lorong buntu. Tanpa pengetahuan akan rancang bangun rumah tersebut, orang yang masuk bisa aja tersesat atau tewas karena salah masuk pintu jebakan. Rumah labirin itu dikenal sebagai Rumah Winchester.

H. H. HOLMES


Lebih dikenal dengan nama Dr. Henry Howard Holmes, dia terkenal akan kejahatan pembunuhan berantai yang dilakukan di dalam "hotel" miliknya, yang ga lain adalah labirin tempat para korbannya panik dan terjebak tanpa bisa melarikan diri. Warga lokal lebih mengenalnya dengan sebutan "The Castle". Cuma H. H. Holmes sendiri yang tahu denah rancangan bangunan penuh tipu muslihat itu. Konon jasad para korban pembunuhan H. H. Holmes masih banyak yang tersembunyi di dalam bangunan hotel itu.



Seperti bangunan kedua tokoh di atas, rumah karakter di Hello Neighbor! juga banyak menyimpan misteri. Ga ada yang tahu apa yang tersimpan di balik pintu ruang bawah tanah rumahnya, kecuali si tetangga sendiri. Meski kelihatannyamisi kalian sesederhananyari tahu apa yang tersimpan di balik pintu ruang bawah tanah rumah si tetangga, tapi kenyataannya ga demikian. Banyak misteri yang harus kalian pecahin dengan mengeksplorasi rumah sang tetangga berkumis untuk bisa memahami apa misteri yang sebenernya sedang terjadi, sebelum pada akhirnya kalian memasuki ruang bawah tanah. Jangan sampe ketahuan oleh si tetangga, karena kalo ga hati-hati bakal buruk banget akibatnya.

KECERDASAN AI HELLO NEIGHBOR!




Mengingatgameplay utama game ini adalah pemecahan puzzlesambil menghindari sergapan AI tetangga yang aktif, ga heran pemrograman AI karakter sang tetangga sedemikian kompleks.



Pihak Dynamic Pixels mengklaim bahwa Hello Neighbor! merupakan gameFirst-Person Tactical Puzzler dengan level kecerdasan AI yang tinggi. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh AI sang tetangga berkumis:

  • Algoritma AI yang mampu berkembang secara mandiri.

  • AI mampu mempelajari taktik pemain.

  • Dari taktik pemain, AI mampu mengambil tindakan serangan balik yang efektif.

  • AI merekam dan mampu mengingat probabilitas tindakanyang diambil oleh pemain.

  • Ai mampu menyusun rencana untuk menjebak pemain.




Ada 3 kondisi dasar yang dimiliki AI tetangga selayaknya manusia pada umumnya. Dalam kondisiidle, sang tetangga akan berkeliling di dalam rumahnya melakukan aktivitas selayaknya tetangga normal. Ada kalanya tetangga berkumis ini bikin kopi, nonton TV sampe bosen, baca buku, bahkan tidur.

Ketika ada hal-hal ganjil terjadi di rumahnya akibat keusilan yang dibuat pemain, maka AI tetangga ini akan beralih ke modehunting, di mana dia akan menyelidiki tiap sudut rumah buat mencari si "orang iseng" yang ga lain adalah kalian.



Begitu pemain kepergok sama si tetangga, maka dia akan beralih ke modeattack yang akan bertindak agresif terhadap pemain dengan cara apapun. Bahkan pemain bisa dikejar sampe keluar halaman rumah sang tetangga hanya demi "membungkam" pemain! Satu-satunya jalan teraman adalah kembali ke dalam rumah kalian sendiri. Tapi bisa jadi hal ini ga menjamin kejaran tetangga yang udah melihat wajah kalian akan berhenti begitu aja. Hiiii, serem banget deh pokoknya.

Visualisasi lebih detil bisa langsung kalian tonton di video di atas.

3 KATA KUNCI GAMEPLAY HELLO NEIGHBOR!




Gameplay Hello Neighbor! bisa didefinisikan dalam 3kata: Eksplorasi-Pemecahan Teka-Teki-Kucing-Kucingan.Mengingat game inijuga mengusung genre thriller, pemilihan sudut pandang orang pertama bikin kengerian dikejar "tetangga ga waras" jadi makinmenegangkan. Kesan pertama pas nonton gameplay Hello Neighbor! jelas berasa seru sekaligus deg-degan. Jarang banget ada game yang bisanambah adrenalin dengan tampilan visual yangbegitukontras dan jauh dari kesan dark dan gloomy.



Kegagalan di satu level adalah mimpi buruk bagi pemain di level berikutnya. AI tetangga yang belajar dari taktik pemain di permainan sebelumnya akan berpengaruh pada tingkat keamanan rumah sang tetangga.Kamera pengintai dan berbagai macam jebakan akan terus bertambah dan mempersulit pemain dalam mencapai rahasia yang tersimpan di balik pintu ruang bawah tanah si tetangga.

Pemain bisa memanfaatkan benda-benda di sekeliling rumah tetangga untuk memecahkan teka-teki yang tersebar. Tapi jangan berisik kalo ga mau ketahuan dan dikejar-kejar sang tetangga berkumis.

STEAM GREENLIGHT & KICKSTARTER




Saat ini game Hello Neighbor! telah lolos proses seleksi komunitas Steam Greenlight dan sedang menggalang dana via Kickstarter. Mengingat kompleksitas pemrograman AI dalam game ini, ga heran target dana yang pengen mereka capai cukup ambisius,bahkan untuk sekelas game indie sekalipun. Kalo kalian suka dengan premis game ini, kalian bisa ikut mendukung Dynamic Pixels mewujudkan mimpi mereka mencapai target dana sebesar$100,000.
How well do you know those living next door?

Rencananya Hello Neighbor! akan dirilis di akhir tahun 2016 untuk platform PC, Mac, Linux, PS4 dan XBOX one.

images:helloneighborgame.com | kickstarter.com | wikipedia.com

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 15 October 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus