[Preview] Street Fighter V

Gw rasa ga ada gamer penggemar game fighting yang ga kenal dengan nama Street Fighter. Buat generasi gamer fightingera 90-an, Street Fighter adalah salah satu gamefighting yang nge-hits banget di masanya. Terlebih ketika onomatopoeia salah satu jurus dari karakternya yang ikonik, Ryu, bernama Hadouken, bertransisi jadi Abuget. Itu baru sebagian dari sekian hal yangmemorableyang masih membekas bahkan sampehariini.



Sejak pertama kali rilis di tahun 1987, franchise Street Fighter terus dikembangin mengingatfanbase-nya yang juga makin tumbuh. Ga kerasa Street Fighter V bakal rilis bulan Maret 2016 mendatang. Terus, fitur baru apa aja nih yang ditawarin Capcomdi Street Fighter V?

ENGINE BARU, GRAFIS BARU




Street Fighter V kabarnya pake Unreal Engine 4 biar bisa ngejar grafis yahud. Selain buat mempercakep karakter-karakter Street Fighter yang berotot, Capcom pengen ngejar visual animasi jurus-jurus yang penuh efek gemerlap nan kece di seri terbaru kali ini.

Ketika pertama kali dikenalin di ajang Sony PlayStation Experience 2014lalu, Capcom dan Sony mengumumkan bahwaStreet Fighter V akan dirilis eksklusif untuk platform konsol PlayStation 4, di samping juga akan dirilis di PC. Awalnya sih pernyataan mereka sempet bikin kontroversi, terutama di kalangan gamer fans Street Fighter dan game fighting Xbox. Tapi Capcom yakin,ekosistem Street Fighter V yang terfokus di satu platform akan bikin komunitasnya makin solid. Pernyataan ini juga didukung oleh Oom Yoshinori Ono.

MEKANISME SISTEM PERTARUNGAN BARU




Tiap fans Street Fighter yang udah ngikutin serinya sejak era 90-an, punya ekspektasi lebih atas perubahan di Street Fighter V nantinya. Kabarnya akan ada beberapa elemen dari seri Street Fighter III: 3rd Strike dan Street Fighter Alpha yang hadir lagi, seperti contohnya sistem Guard Breaks. Mekanisme sistem pertarungan ini merupakan sistem pertahanan karakter, di mana tiap karakter ga akan bisa berlama-lama menangkis serangan lawan. Pertahanan akan tembus seiring karakter pemain menerima banyak pukulan, dan pada akhirnya akan rentan untuk dibombardir dengan berbagai serangan dan jurus kombo.



Selain itu akan ada sistem pertarungan bernama Variable System atau yang biasa disebut V-System. V-System terdiri dari 3 kategori mekanisme unik yangmanfaatin V-Gauge sebagai dasar cara kerjanya. Ketiga mekanisme V-System ini antara lain, V-Skill, V-Trigger, dan V-Reversal.

  • V-Skill: adalah kemampuan unik tiap karakter yang bisa dilancarkan kapan pun dengan menekan tombol Mid-Punch (MP) dan Mid-Kick (MK) bersamaan. Kemampuan ini ga butuh pake V-Gauge, jenis penggunaanyaberbeda untuk tiap karakter. Sebagai contohnya, Ryu punya kemampuan V-Skill untuk menangkis serangan lawan secara efektif. Chun-Li punya serangan udara spesial. Sedangkan M. Bison bisa menyerap serangan proyektil musuh. V-Skill banyak berguna buat tiap karakter untuk mengatasi kondisi-kondisi tertentu di mana di situlah titik kelemahan mereka.

  • V-Trigger: kemampuan unik tiap karakter yang cuma bisa diaktifin dengan cara menekan tombol Heavy-Punch (HP) dan Heavy-Kick (HK) bersamaan ketika V-Gauge dalam keadaan penuh. Biasanya V-Trigger dipake unuk membalik keadaan karena efek serangannya yang brutal.

  • V-Reversal: Butuh 1 bar V-Gauge untuk mengaktifkan kemampuan ini. V-Reversal memperbolehkan pemain untuk membalas serangan lawan ketika dalam keadaan bertahan sehingga menciptakan jeda ketikapemain berhasil memutus serangan kombo lawan. Mekanisme V-Reversal mirip banget dengan sistem Alpha Counters dari seri Street Fighter Alpha. Bedanya sih ga semua serangan balasan V-Reversal punya efek yang sama. Beberapa contohnya seperti memukul mundur musuh, memukul jatuh, atau bahkan berganti posisi.


Selain itu, EX Moves juga kembali sebagai eksekutor jurus pamungkas, berbarengan dengan Critical Arts (Super Moves) yang manfaatin EX Gauge. Dijamin keren deh animasi jurus-jurusnya.

STAGE TRANSITIONS & FINISHER ANIMATION




Akan ada banyak spot menarik di area pertarungan di manatitik-titik tempat ini bersifat interaktif dengan permainan. Seberapa interaktif area pertarungan ga terbatas dengan efek yang diakibatkan dari pertarungan.Perpindahan area bisa terjadi akibat kondisi serangan tertentu. Sepertinya misalnyatembok yang jebol, bus yang bisa terhempas akibat kejatuhan karakter, dan masih banyak lagi. Lumayan bikin penasaranarea-area tersembunyi interaktif di Street Fighter V nantinya.

KARAKTER BARU




Engine baru, tampilan baru. Karakter juga harus ada yang baru dong. Selain Street Fighter V bakal kedatangan beberapa karkater lama yang memulai debutnyamuncul di era next-gen, akan ada karakter baru juga di seri kali ini.



Ada Necalli, Rashid dan Laura. Ketiga karakter debutan ini tampak menjanjikankekuatan dan jurus baru yang menarik untuk dicoba. Necalli kelihatan sangar dengan rambut merah menyalanya, Rashid dengan penampilan ala Timur Tengahnya, dan ada Laura dengan kemampuan Brazillian Jiu-Jitsunya. Gacukup sampe disini, para fans juga terus request karakter-karakter lama buatdimunculin lagi di Street Fighter V nantinya.Contohnya seperti Blanka atau Dalshim yang termasuktokoh memorable di seri Street Fighter. Makin banyak karakter Street Fighter bisa reunian, kenapa engga? Ye kan? Hehehe

LINIMASA STREET FIGHTER V




Hingga saat ini, belum ada pemberitaan resmi tentang latar waktu yang diambil untuk seri Street Fighter V ini. Dari beberapa forum penggemar game fighting, banyak fans Street Fighter berharap seri kali ini ga jauh dari linimasa Street Fighter III: 3rd Strike mengingat masih banyak plot cerita yang bolong dan gantung. Dan kalo bener, celah alur cerita yang sempet ilang bisa jadi keren banget. Kalo liat warna rambut M. Bison yang udah ubanan, kira-kira udah berapa lama ya semenjak Street Fighter 4?

Capcom sendiri menargetkan penjualan Street Fighter V akan terjual hingga 2 juta kopi.Kalo mengingat daritrack record Capcom, dari dulu emang Capcom selalu menargetkan "keuntungan sebanyak-banyaknya". Tapi bisa dipastikan nama besar Street Fighter yang mendunia bakal membawa berbagai halbaru di Street Fighter V sukses di pasaran. Selama Capcom ga melakukan keputusanmilking yang merugikan gamer seperti di seri sebelumnya loh ya. Gw rasa fans berat game berantem ini akan mau kembali dan terus kembali main Street Fighter sampe bosen.



Street Fighter V akan dirilis kuartal pertama tahun2016 ekslusif untuk PS4 and PC dengan fitur cross-platform play. Siapa yang udah ga sabar ber-abuget-ria? Cung!

images : streetfighter.wikia.com | nerdexp.com| youtube.com | kotaku.com

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 27 October 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus