Bercita-cita Jadi Developer Game? Video Ini Tunjukkan Seram dan Serunya Bikin Game

Double Fine menerbitkan 20 episode dokumentar secara gratis ke YouTube yang membuka misteri dibalik proses pembuatan video game. Kamu tidak hanya akan melihat rasa antusias dan serunya membuat video game, tapi juga berbagai tantangan dan realita pahit yang menjadi makanan sehari-hari developer game.

Video dokumenter yang disajikan secara apik ini berfokus pada proyek Double Fine Adventure yang akhirnya berujung sebagai game bertajuk Broken Age. Proyek game ini berhasil menarik dana sebesar 400 ribu US dollar dalam hitungan jam, dan akhirnya meraih total 3,3 juta US dollar (sekitar Rp 45 milyar) melalui Kickstarter.

Dana yang begitu banyak meningkatkan suasana kerja dalam Double Fine dan membuat pimpinan dapat mempertahankan pegawai yang akan dipecat. Tim Schafer sebagai bos bahkan mengaku: “Kondisi ini sangat membebaskan, memberi kebebasan, membuat saya hanya perlu memikirkan betapa bagus game yang akan dibuat, tanpa ada hal lain yang mengganggu."

Sayangnya proses pembuatan video game tidak pernah begitu mudah dan Broken Age bukanlah sebuah pengecualian. Tim developer diterjang banyak tantangan, dan perlu mengambil keputusan berat yang mendapat kecaman dari fans.



Kini Broken Age telah terbit dan nggak hanya bisa kamu mainkan di PC, tapi juga di PS4 dan banyak lagi platform lain.

Seluruh 20 episode dokumenter Double Fine Adventure tersedia di sini: https://www.youtube.com/playlist?list=PLIhLvue17Sd7F6pU2ByRRb0igiI-WKk3D

Ditulis oleh Bayu Bramantya pada 25 October 2015 10:51



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus