Suikoden: Game Klasik yang Tetap Dicintai Bag.2

Halo fans berat Suikoden di mana pun kalian berada! Akhirnya kita ketemu lagi di artikel Suikoden: Game Klasik yang Tetap Dicintai bagian 2. Di artikel sebelumnya, kita udah bahas sedikit sejarah latar belakang seri Suikoden yang pernah rilis di pasaran. Di artikel tersebut juga dibahas beberapa karakter yang ikonik, seri Suikoden favorit fans sepanjang masa, dan sedikit analisa faktor yang mempengaruhi pertimbangan Konami belum juga merilis Suikoden VI.

Di artikel bagian kedua kali ini, gw akan coba ulas linimasa Suikoden yang memang ga berurutan, hingga beberapa karakter yang dianggap punya peran penting dalam sejarah Suikoden. Selain itu gw juga akan sedikit bahas tentang fandom Suikoden yang mungkin sebagian dari kalian udah kenal.

Warning: artikel ini berisi minor spoiler. Silakan berhenti membaca sampai garis ini jika keberatan dengan minor spoiler.

MENILIK LINIMASA SERI SUIKODEN




Seri Suikoden boleh jadi punya latar universeyang sama. Tapicerita yang terjadi di dalamnya banyak yang berdiri sendiri dengan selisih tahun yang berbeda pula. Di seri Suikoden pertama, kisah perjalanan Tir McDohl bukanlah kisah awal mula darisejarah Suikoden. Justru dalam seri Suikoden IV lah linimasa Suikoden ditarik mundur sejauh 150 tahun. Alur penceritaan bolak-balik Suikoden layaknya seri Metal Gear Solid karya Hideo Kojima, emang bikin fans beratnya penasaran buat terus ngikutin. Gaya penceritaan demikian lah yang bikin fans Suikoden harus kritis dalam mendalami apa yang sebenernya sedang terjadi di dunia Suikoden.



Meski seri Suikoden punya rentang latar waktu yang cukup jauh. Ada hal unik yang pasti juga disadari tiap fans yang main seri Suikoden. Seperti salah satunya karakter Viki dan Jeane yang selalu muncul di tiap seri Suikoden. Viki adalah tokoh perempuan muda yang memang punya kemampuan teleportasi, yang ga menutup kemungkinan dia ga cuma berpindah tempat, tapi juga berpindah masa (melalui portal mesin waktu). Tapi hal yang aneh justru terletak pada Jeane. Dia ga digambarkan punya kemampuan teleportasi, tapi bisa muncul di tiap seri Suikoden dengan tampilan wajah yang ga menua sedikitpun.Masih banyak hal-hal misterius yang lebih bikin penasaran lagi selain asal-usulkarakter Suikoden.



Nah, terus buat gamer yang belum pernah nyobain main Suikoden sama sekali harus mulai dari mana? Sebenernya ga ada salahnya ngikutin linimasa Suikoden sesuai urutan tanggal rilis serinya dari awal. Tapi kalo pengen menikmati alur cerita yang lebih kronologissih bisa coba mulai dari Suikoden IV (143 tahun sebelum Suikoden V dan 150 tahun sebelum Suikoden)→ Suikoden V (6 tahun sebelum Suikoden)→ Suikoden (3 tahun sebelum Suikoden II)→ Suikoden II (15 tahun sebelum Suikoden III)→ Suikoden III (168 tahun setelah Suikoden IV).

SIAPA KARAKTER PALING BERKESANDI SERI SUIKODEN?




Salahsatu kekuatan Suikoden adapada ragam karakternya. Game ini punyabanyak karakter yang brilian, menarik, dan berkesan buat fans Suikoden. Mulai dari protagonis yang pertama kali dikenal, siapa lagi kalo bukanTir McDohl. Lalu Viki sigadis cantik yang jago teleportasi, Kasumi yang menawan, Jane yang misterius dan memikat, Leon Silverberg sang antagonis utama, Jowy yang setia kawan, dan yang paling sering diomongin: Luca Blight. Luca Blight memang salah satu antagonis yang paling memorable di Suikoden karena kekejaman dan kegilaannya. Namun dibalik itu semua, cerita tragis lah yang bikinsosok Luca juga jadikarakter kerendi dalam dunia Suikoden. Gw yakin ga cuma gw doang yang bisa kagum ama idealisme tokoh antagonis dalam game, karena terkadang yangBadass emang lebih keren sih. Haha!



Pastinyangomongin soal siapa karakter terfavorit di Suikoden bakal ga ada habisnya,mengingat banyak banget karakter di universeSuikoden.Tiapfans pasti punya karakter idolanya sendiri.

FANDOM SUIKODEN DI INDONESIA




Ketika kita udah ngomongin fans Suikoden, gadisangkal kaloSuikoden punyabasis fans yang kuat. Ga cuma di negara asalnya aja, tapi Suikoden juga dicintai oleh fans dari berbagai belahan dunia. Misalnya sutradara Fantastic Four, Josh Trank sampepasangheader dan avatar Twitter bergambar Suikoden di akun pribadinya. Di Twitter, Josh sempetmemohon pihak Konami buat ngembanginSuikoden VI.



Tapi gacuma Josh Trank aja loh. Basis fans Suikoden juga adadi Indonesia dan yang pasti gakalah ramenya. Ini bisa dilihat dari akun Twitter @SuikoIndo yang eksis dan punyalumayan banyak followers. Suikoden Indo adalah wadah para fans Suikoden dari berbagai kota diIndonesia yangudah sering ngadain gathering, seperti yang baru aja digelar tanggal 19 September kemarin.

Kalo reformasi aja bisa tergerak karena andil para mahasiswa, masa iya Konami ga bisa didesak untuk nyari jalan keluar supaya proses pengembangan Suikoden VI bisa segera terwujud? Padahal udah banyakaksi-aksi lewat di social media,bahkan aksi nyamperinkantor Konami secara langsung oleh para fans.



Yah, sambil menunggu ketidakpastian akan nasib Suikoden VI, para fans bisa mainin seri-seri sebelumnya dengan download versi digitalnya di PS Store. Paling ga itu bisa sedikit menghibur ketimbang ga bisa main seri Suikoden sama sekali. Hehehe.

Tapi kalo ditanya akan seperti apa tampilanstyle grafis Suikoden, kalian lebih milih a la anime atau di-remake total dengan tampilan 3D menawan a la Final Fantasy VII next gen?

images:suikoden.wikia.com | suikosource.com | id.techinasia.com | twitter.com | youtube.com

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 27 September 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus