[Preview] Hitman

Udah 9 tahun lebih berlalu semenjak IO Interactive merilis game Hitman yang digadang-gadang adalah seri terbaik, yakni Blood Money. Meski secara umumHitman Absolution dapet rating yangoke di banyak situs game, tapi tampaknya Hitman Absolution bukanlah seri Hitman yang mampu membekas di ingatan parahardcore fans game Hitman. Banyak kritikan pedas yang dilontarkan mereka yang mengaku sebagai fans garis keras seri Hitman, baik dalam bentuk postingan di forum maupun artikel. Rata-rata mereka mengungkapkan pendapat yang sama, bahwa ciri khas game Hitman dalam Hitman Absolutionmelenceng dari seri pendahulunya. Hal tersebut jadi cambuk bagi tim IO Interactive untuk mengembalikan masa kejayaan Hitman: Blood Money ke masa kini.



Detil pertama dari seri terbaru Hitman mengungkap sekilas dari latar cerita yang terjadi. Bermula di Parisian palace, lokasi di mana target Agent 47 berada, yakni seorang oligarch(member oligarchy, sekelompok grup yang punya kuasa atas sebuah negara. contoh: Rusia) bernama Viktor Novikov. Ada dua peristiwa utama yang terjadi di tempat ini: (1) fashion show lengkap dengan fotografer, karpet merah,catwalk, area klub malam yang diisi lautan NPC yang bersosialisasidari lantai dasargedung hingga ke area taman. (2) Di lantai atas gedung yang berada di tepi sungai, sedang berlangsung pelelangan rahasia yang diikuti oleh sang target. Di kejauhan terdapat menara tua yang terlihat cocok banget buat jadi tempatsniping. Ditambah dengan landasan helikopter dan rute pelarianspeedboat, jadilah skenario pelarian yang sempurna. Seperti inilah sandbox yang seharusnya ada dalamseri Hitman.

DUNIA YANG LEBIH LUAS




Kabarnya, dunia di seri Hitman terbaru ini akan enam kali lebih luas dibanding Absolution. Menurut sang produser, Hakan Abrak, dunia Hitman yang tadinya hanya bisa menampung sekitar 55 NPC untuk tiap lokasi level. Coba tebak sekarang berapa jumlah NPC yang bisa ditangani di seri terbaru kali ini? 300 NPC cuy! Dengan jumlah NPC yang demekian banyak, duniasandbox a la Hitman ga akan lagi terasa sepi.



Kota Paris yang terlihatdalam video gameplay seri Hitman terbaru, memang dirancang untuk memilikireplayability yang tinggi. Makin banyak jalan untuk menyelesaikan misi dalam sebuah level, maka makin banyak juga alat yang bisa dikumpulin untuk digunakan dalam metode pembunuhan yang lain. Ga hanya desain lingkungan aja yang jadifaktor pemain akan temui berulang kali (tiap mengulang misi). Ada serentetan dialog unik yang bikin pemain penasaran, layaknya ketika baca teks dialog game RPG. Mungkin gamer yang saking perfeksionisnya akan ngebela-belain load game cuma untuk baca bagian dialog yang ga sengaja ke-skip gegara tombol gamepad kepencet. Dengan mengikuti semua alur adegan yang berbeda, akan berujung di kesempatan untuk membunuh target.

Ide dasarnya sih emang IO Interactive pengen ngasih kesempatan buat pemain berperan sebagai Agen 47 seutuhnya, di mana mencoba mengawasi target setiap saat, menguping pembicaraan target yang jadi petunjuk gerak-gerik target selanjutnya, dan peka akan tiap kesempatan kecil sekalipun untuk melancarkan eksekusi terakhir.

PENINGKATAN REALISME KECERDASAN NPC




Selain desain lingkungan yang memungkinkan pemain mencoba berbagai metodepelenyapan target, NPC juga punya andil yang penting.

Contohnya ketika di salah satu skenario, Agen 47 harus melewati titik pemeriksaan senjata api olehpetugas keamanan, akan sangat riskan masuk area terlarang dengan senjata dalam bentuk apapun. Memang banyak tersedia benda di sekitar area yang bisa dipake sebagai senjata. Tapi ga akan lebih efektif ketika pake senjata sendiri. Terus gimana caranya menyelundupkan senjata ke area yang dijaga ketat?



Dalam salah satu demogameplay diperlihatkan bahwa pemain bisa memancing petugas keamanan untuk mengambil atau menjinakkan senjata yang dilemparkan untuk memancing petugas keamanan mendekat. Contohnya seperti bahan peledak kendali jarak jauh. Ketika petugas keamanan terpancing dengan peledak aktif berada di dekat mereka, para penjaga akan berusaha menjinakkan bahan peledak tersebut dan mengamankannya di dalam area terlarang. Dari sinilah pemain bisa mulai menyusup masuk dengan penyamarannya biar ga ketahuan.

Tempat yang paling memungkinkanbagi petugas untuk mengamankan senjata berbahaya adalah di gudang ruang petugas keamanan di bawah tanah. Ini adalah tempat strategis untuk mengambil stok persenjataan lain yang tersimpan dengan penyamaran sebagai petugas keamanan.



Variasi opsigameplay seperti inilah yang jadi alasan bagi pemain untuk kembali ke misi yang sama, hanya untuk mengeksplorasimetode pembunuhan apalagi yang bisa ditempuh. Selain itu "Contratcs Mode" jugakembali hadir, yakni mode di mana pemain bisa menentukan target tertentu untuk dikalahkan oleh pemain lain. Kabarnya seri Hitman terbaru ini nantinya akan banyak dapet update rutin terkait misi-misi unik yang bisa diselesaikan oleh pemain.

IO Interactive mendeskripsikanseri Hitman terbaru ini sebagai "pengalaman nyata" profesi seorang pembunuh bayaran. Mengingat premis banyaknya cara yang bisa ditempuh oleh pemain dalam melenyapkan target, kita boleh aja optimis dengan hasil akhir game ini ketika rilis nanti.



Perjalanan pengembangan Hitman masih cukup panjang kalo kalian pengen ikut andil dalam perbaikan seri Hitman terbaru ini. Mampir aja forum resmi Hitman: Hitman Forum. Para developer cukup responsif kok dengan masukan dari para fans Hitman. Ini adalah kesempatan buat para fans yang pengen balikin seri Hitman ke masa jayanya, jadi jangan sia-siakan kesempatan ini deh.



Game Hitmanrencananya akan dirilis bulan Maret 2016 nanti, untuk platform PC, PS4, dan Xbox One.

images: eggplante.com |wccftech.com

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 21 September 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus