[Preview] Call of Duty: Black Ops III

Ga kerasa bentar lagi seri terbaru Call of Duty (COD) udah mau rilis aja. Seri COD terbaru yang dikembangin oleh Treyarch, Beenox, dan Mercenary Technology ini ga lain adalah COD: Black Ops III yang kabarnya akanlebih menonjolkan aspek cerita dengan perpaduangameplay yang koheren. Seberapa bagus eksekusi premis dari COD: Black Ops III nantinya, akan coba kita kupas dalam artikel preview kali ini.



Seperti yang dilansir dari situsxboxachievements.com, Jason Blundell selaku produser sekaligus penulis naskah (dibantu oleh Craig Houston, penulis naskah) mengungkapkan,
"This is the most f***ed up story Ive ever worked on.

Bisa jadi dari pernyataan tersebut, akan ada plot atautwist yang seru di storymode.Mengingat COD: Black Ops sempet masuk nominasi kategoriBest Action Game di ajang BAFTA, kalian boleh sedikit berekspektasi lebih lah.



Sedikit mengupas tentang latar cerita di COD: Black Ops III, pemain akan dibawa ke tahun 2065, 40 tahun setelah kejadian diCOD: Black Ops II. Robot dan penerapanteknologi genetik untuk militer udah makin canggih. Kalian akan berperan sebagai prajurit Black Ops squad yang udah "dimodifikasi" sedemikian rupa. Diawali denganperistiwa akan perubahan iklim yang drastis di Singapura, pemain ditugaskan untuk menyelidiki lokasi kejadian yang disinyalir ada kaitannya dengan insiden serangan area terlarang CIA, oleh sekelompok teroris yang menamakan dirinya54I. Investigasi ini berujung di baku tembak membabi buta antara manusia dan robot.



Adegan tersebut adalah bocoran sekilas akan plot cerita yang notabene bisa dimainkan secaraco-op. Yup, pada dasarnya gamer nantinya bisa memainkanstory mode secaraco-op. Hal yangsebetulnya bukan sesuatu yang baru, mengingat udah banyak game 4 player co-op seperti Left 4 Dead, Dead Island, dan game sejenis.



Kalo melihat dari demo gameplay di ajang E3, mode gameplayco-op campaignsecara visual cukup bikin pusing mengingat pergerakan dan taktik AI lawan digadang-gadang berbeda dari seri sebelumnya. Tingkat kecerdasan AI musuh berubah secara dinamis tergantung dari jumlah pemain yang aktif dan tingkat kesulitan yang dipilih di awal permainan.Akan jarang ditemui AI musuh muncul dari tempat yang sama dengan taktik perlawanan yang sama pula. Secara teori, itu sih yang diklaim pihak pengembang.



Video demo gameplay di atas merupakan cuplikan misi di levelRamses Station, Kairo. Misi utama di level ini adalah meledakkan seluruh jalanan kota tempat konflik terjadi untuk menahan pergerakanpasukan musuh. Misi dimulai dengan jatuhnya dinding portabel yang dalam waktu singkat jadi dinding barikade tempat pasukan pemainmelakukanbriefingsebelum ke medan tempur.Peperangan berlangsung ricuh mengingat pergerakan AI musuh terus dinamis.

KEKUATAN CYBER CORES


Ga ada yang terlalu spesial dariloadoutsenjata api yang terlihat. Salah satu perubahan persenjataan yang mencolok adalah Cyber Cores. Cyber Cores sendiri masih terbagi jadi beberapa jenis kemampuan yang berbeda, di antaranya:

  • Firefly Swarm: Melepas drone kunang-kunang untuk membutakan pandangan musuh dan melepas serangga api untuk membakar mereka.

  • Immolation: Membakar robot musuh dan meledakkan semua bahan peledak yang dibawanya.

  • Protocol Override: Meretaske 2 robot kawan atau lawan agar berpihak di kubu pemain.

  • Remote Hijack: Mengambil alih kendaraan robot musuh dari jarak jauh.

  • Overdrive: Bergerak lebih cepat, membidik lebih akurat, dan mempercepat pemakaianitem.

  • Misdirection: Mengelabui musuh dengan serangan bombardir palsu agar mereka mencari tempat berlindung.

  • Cacophony: Meledakkan sumber bahan bakar, sumber daya, dan kontainer listrik.

  • Sonic Anti-Personnel: Melumpuhkan musuh dengan serangan gelombak sonik/suara.

  • Electrostatic Strike: Melumpuhkan musuh dengan pukulan beraliran listrik.

  • Sensory Overload: Membuat tuli dan buta musuh manusia sesaat.

  • Augmentation: Exo-suit yang menjadi target akan menyerang penggunanya sendiri.

  • Surge: Robot target akan berlari ke arah kerumunan dan menghasilkan ledakan aliranlistrik.

  • Servo Shortout: Menghancurkan robot dengan menyerang servo persendiannya.

  • System Paralysis: Menonaktifkkan turret dan robot musuh sesaat.

  • Ravage Core: Melepas paksapower cell robot musuh dari intinya dan melemparkan ke arah musuh sebelumpower cell meledak.

  • Smokescreen: Mengeluarkan asap pertahanan bertenagaion di sekitar pemain.

  • Weapon Lockout: Membuat senjata musuf malfungsi sesaat.

  • Active Camo: Menjadi kasat mata sesaat. Lebih efektif ketika pemain berdiam diri.

  • Concussive Wave: Melancarkan ledakan yang membunuh musuh yang terdekat dengansumber ledakan, dan menghempaskan musuh lain yang ada di sekitarnya.

  • Unstoppable Force: Bergerak secara cepat dan membunuh semua musuh yang berada di jalur pergerakan pemain.

  • Rapid Strike: Melontarkan dua serangan pukulan mematikan susulan setelah melontarkan pukulan pertama.





Cukup banyak pilihan "jurus" yang bisa dieksplorasi ketika main nih. Bahkan jenis kendaraan dan robot musuh ga terbatas buat drone aja. Kemampuan meretas ini juga berlaku untuk tank dan kendaraan lain. Terkesan terlalusuper power dan mengada-ada? Ga juga, karena semua teknologi dalam COD: Black Ops III didasari dengan riset ilmiah.

BERMAIN AMAN DI SAFE HOUSE


Dalam game ada areaSafe House, di mana pemainberkumpul untuk mengoprek loadout dan tampilan karaktersebelum misi dimulai. Ada raktrophy sebagai tempat pamerachievement. Ada opsi menutraining simulation yang bisa diakses bareng temen untuk berlatih skenario misi. Ga ketinggalan ada mesin yang bisa dipake untuk merakit senjatacustom yang bisa ditukar dengan mata uang dalam game. Fitur-fitur di atas hampir mirip dengan menuloadout multiplayer, hanya saja bisa diakses distory mode.



Salah satu elemen unik mengingat story mode dalamCOD: Black Ops III bisa dimainkan secara multiplayer adalah pemain dapat mengakses keseluruhan misi cerita dari awal. Ini berarti tiap pemain bisa loncat ke level manapun buat main bareng temennya. Ga perlu takut untuk mengakses level terakhir meski persenjataan masih cupu sekalipun. Tinggal pinjem temen yang senjatanya lebih canggih. Terus gimana dong sama elemen ceritanya kalo mainnya aja loncat-loncat?

Justru di situ uniknya. Treyarch mengaku kalo plot cerita yang disiapkan di masing-masing level lebih berdiri secara mandiri. Tapi secara ga langsung tetep ada plot cerita yang terkait di misi satu sama lain. Kalo pengen ngerti apa yang sebenernya terjadi dalam cerita COD: Black Ops III, pemain harus menggali sendiri lebih dalam dengan mainin semua misi.



Jason Blundell sempet ngaku kalo seri game COD sebelumnya banyak cenderung terfokus digameplay yang serba tembak sana-sini. Tapi dengan desain unsur cerita yang sedemikian rupa dalamCOD: Black Ops III, pemain (yang suka sama aspek cerita) diberi kesempatan untuk sedikit melambatkanpace bermainnya buat bertanya-tanya, apa sih sebenernya yang terjadi diCOD: Black Ops III ini.

COD: Black Ops III akan dirilis tanggal 6 November 2015 untuk platform PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, dan PC.

images: callofduty.com | gamespot.com

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 15 September 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus