[Preview] Assassins Creed Syndicate

Assassin's Creed terkenal sebagai seri gameaction-adventure yang bercerita tentang kisah seorang pembunuh bayaran, yang berlatar tempat dan waktu di masa-masa bersejarah. Udah banyak seriAssassin's Creed yang mengambil berbagai linimasa kota-kota bersejarah pada jamannya. Mulai dari Konstantinopel ke New York, Paris, hingga tiba saatnya seriAssassin's Creed Syndicate menginjakkan kakinya di London.

Sebagai salah satu kota besar di Eropa, London banyak menyimpan bangunan peninggalan sejarah dari era Victoria. Kota London sendiriterusmengalami krisis penghancuran bangunan bersejarah. Bisa jadi banyak tempat bersejarah yang akan tinggal jadi sejarah, dan cuma bisa dinikmati dalam bentuk digital, contohnya di game Assassin's Creed Syndicate. Ironis.



Kembali ke London, kota yang menyimpan surga di sudut-sudut gangnya, apalagi kalo bukanPub dan restoran klasik tempat tokoh Sherlock dan Watson sering ngobrol. Tapi bukan duo Sherlock-Watson yang akan berlaga diAssassin's Creed Syndicate, melainkan si kembar bersodara, Jacob danEvie Frye, kedua protagonis kali ini.



Dunia kota London yang digambarkan dalamAssassin's Creed Syndicate cukup kontras dengan kota Paris dalamAssassin's CreedUnity. Suasana kota London di siang hari terlihat lebih berwarnaketimbang kota Paris dalamAssassin's CreedUnity yang didominasi jalanan coklat berlumpur.

ASSASSIN'S CREED BERLATAR MODERN




Assassin's Creed Syndicate berlatar tema lebih modern di era Victoria dan revolusi industri kota London. Kereta kuda dan pejalan kaki berlalu-lalang di jalanan paving pusat kota. Langit dihiasi cerobong asap kawasan industri di daerah Southwark yang mengepulkan asap hitam ke udara.Marc-Alexis Cote selakucreative directorpernah bilang bahwa desain kota London dengan jalanan lebar, gedung-gedung yang menjulang tinggi, ditambah orang dan kendaraan yang hilir-mudik, merupakan tantangan desain yang baru bisa dijawab oleh teknologi komputasi saat ini.Bukan cuma terbatas dari desain kota yang cantik dan penuh hiruk-pikuk. Tapi mekanisme gameplay juga turut berpengaruh.

Si kembarJacob danEvie Frye punya nilaiunik, ga cuma keduanya bisa dimainin dalam game sebagai tokoh protagonis, tapi juga karena keduanya dibekali perlengkapan pelontar tali berpengait.Konsep desainnya sendiri ga jauh beda dari pengait maupun hookblade tokoh-tokoh terdahulu seriAssassin's Creed.Fungsi pelontar tali berpengait ini nantinya miripdengan punya Batman buat memanjat gedung-gedung pencakar langit dalam sekejap. Katanya sih dengan begitu, aksi parkourJacob dan Evie akan lebih mengalir. Ideal banget ketika dipake untuk kabur secepat mungkin dari situasi berbahaya.



Kabarnya, kota London dalamAssassin's Creed Syndicate memang dirancang untuk dipanjat dengan pelontar tali. Asal kalian tahu, manjatmenara gedung-gedung cuma dengan ngandelin kemampuan murni memanjat sangAssassin akan berasa berat. Maka dari itu perlu ada kombinasi cara antara keduanya untuk menjelajah bangunan kota LondonAssassin's Creed Syndicate dengan luwes.

OPSI PENYELESAIAN MISI DENGAN CARA ALTERNATIF




Pemain dijanjikan akan bisa nuntasin misi melalui berbagai metode supaya ga monoton. Seperti salah satu contohnya ketika Evie ditugasinharus membunuh seorang Templar keturunan Inggris di Menara London, pemain bisa menempuh berbagai cara untuk membunuh target. Apakah pemain mau nyoba mencuri beberapa item kunci untuk menyusup ke tempat target, atau cukup ngerjain misi tambahan dengan bantuin NPC yang punya akses langsungke tempat target berada.

Bahkan Evie bisa pura-pura buatmelancarkan skenario penculikan palsu untuk bisa disekap di tempat target berada. Entah bakal seberapa mulus dan ga monoton eksekusi dari tiap misi yang ditawarkan. Tapi variasi ini patut dicoba sih biar pemain ga bosen.

SI BRUTAL DAN SI WASPADA




Duo kembar Jacob dan Evie punya kemampuan dan gaya beraksi masing-masing. Dari beberapa demo gameplay yang beredar, sebagian dari kalian mungkin sadar kedua karakter ini punya pembawaan yang berbeda.

SebagaiMaster Assassin, Jacob lebih suka berhadapan langsung dengan musuh tanpa basa-basi. Dengan postur tubuh yang lebih kekar, dia juga punyaskill tree yang lebih condong untuk kondisi berantem lebih agresif.

Dibanding sodara laki-lakinya, Evie lebih mengandalkan teknik permainanstealth. Terlihat dari keluwesannya dalam mengendap-endap, ditambah persenjataan yang mendukung serangan jarak jauh seperti pisau lempar.



Kabarnya, tombol modestealth di seriAssassin's Creed Syndicate udah diubah. Dari yang tadinya harus mencet dan nahan tombol L2, sekarang tinggal cukup dengan sekali pencet tombol X (versi PlayStation). Nanti secara otomatis karakter akanmemasanghoodiekhas paraAssassin. Tapi perlu kalian tahu, perubahan ke dalam modestealth di tengah kerumunanwarga kota London akan cukup mencolok dan menarik perhatian. Jadi amati waktu dan tempat yang tepat, kapan harus berubah ke dalam mode "membunuh".

DESAIN PENGGUNAAN KARAKTER YANG IMBANG




Meski kedua karakter punya fokus kemampuan yang bertolak belakang, Ubisoft menjanjikan pemain akan dikondisikan untuk "wajib" menggunakan keduanya secara bergantian sepanjang permainan. Ini akan banyak berpengaruh di keefektifan penyelesaian misi. Salah satu contohnya adalah konsep level prajurit penjaga. Ketika pemain mengaktifkan modeEagle Vision, akan muncul angka di atas kepala musuh yang mengindikasikan tingkat kesulitan para penjaga. Dari situlah pemain bisa menentukan akan bermain sebagai siapa agar taktik perlawanan lebih efisien.



Dari segi animasi, keduanya sama-sama punya teknik gerakan membunuh yang kabarnya akan lebih sadis. Tetep dibekali dengan hidden blade, kedua karakter juga akandipersenjatai dengansword cane, terlihat seperti tongkat bantu jalan yang ternyata adalah sarung pedang tersembunyi.Sword cane atau yang biasa disebutSwordstick ini merupakan senjata terselubung yang pernah populer di Eropa pada abad ke-18.

Secara umum, animasi berantem akan lebih brutal dan intim. Patah tulang, gigi copot, sampe tengkorak retak akan lebih terasa. Penggunaan senjata api juga terasa lebih mengalir dengan waktureload yang singkat. Begitu juga dengan bom pelumpuh yang ga pernah absen di perlengkapan paraAssassin akan bikinkonfrontasi dengan musuh jadi lebih singkat dan mematikan.

Kadang kalo diteliti lagi, perbedaan pembawaan karakter antara Jacob dan Evie ini seolah-olah mewakili dua muka masyarakat Inggris pada masaitu. Yang satu terlihat lebih memberontak, dan satunya lebih hati-hati dalam bertindak. Sepertinya bakal banyak yang akan diungkap dari motivasi dan perkembangan kedua karakter seiringplot cerita terkuak.

KELILING KOTA DENGAN KERETA KUDA


Yup,pemain nantinya bisa nyoba mengendarai kendaraan yang ada diAssassin's Creed Syndicate. Salah satunya kereta kuda. Kendaraan ini nantinya ga berfungsi sebagai kosmetik aja tapi juga bisa dipake sebagai properti penunjang misi. Misal, buat tempat bersembunyi, tempat menyekap target yang diculik, kendaraan untuk kabur dari sergapan polisi, dan tentunya untuk mempercepat pergerakan pemain dari satu titik lokasi ke lokasi lain dong.

Mekanisme permainan hampir mirip seperti di game Grand Theft Auto. Merampas kereta kuda orang di tengah keramain tentu akan mengundang perhatian polisi setempat. Ga mengikuti aturan lalu lintas kota juga berpotensi mengundang hal yang sama.



Selain kereta kuda, kendaraan lain yang akan tampil adalah kereta uap dan perahu. Tapiapakah kendaraan lain tersebut akan bisa dikemudikan masih jadi hal rahasia. Masih banyakmisteri yangbelumdiungkap oleh Ubisoft Quebec tentang detilgameplayAssassin's Creed Syndicate. Kita tunggu aja apakah London akan "berjaya" di seriAssassin's Creedterbaru ini.Assassin's Creed Syndicate akan dirilis tanggal 23 Oktober 2015 untuk platform PlayStation 4, Xbox One, dan PC.

images: blog.ubi.com | gamespot.com | gizmodo.co.uk

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 03 September 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus