[Preview] Monster Hunter Stories

Di artikel sebelumnya, gw udah bahas soal Monster Hunter X, seri terbaru dari franchise Monster Hunter. Ga cuma MHX yang lagi dikembangin Capcom. Kali ini gwakan bahas soal Monster Hunter Stories (MonHun Stories) yang galain adalahseri spin off MonHun.

Dari sekian banyak seri MonHun, ada hal yang unik dari konsep MonHun Stories ini. Hayo tebak apa coba.



MonHun Stories ga cuma punya tampilan grafis yang lebih fresh dibanding seri MonHun yang lain. Selain hadir dengan tekstur yang tampaklebih beresolusi tinggi, art style-nya juga terkesan lebih imut dan anime banget. Kalo mau dibandingin,yah level imutnya mirip ama Pokemon atau Digimon gitu deh. Mungkin Capcom pengen memperluas target pasarnya, sehingga gamer anak-anak yang suka grafis imut-imut jadi tertarik dan langsung jatuh hati sama MonHun Stories.





Di MonHun Stories ini, pemain akan berperan sebagai "Monster Rider". Kenapa disebut sebagai Rider, dan bukannya Hunter? Karena tugas protagonis dalam MonHun Stories ga melulu soal berburumonster untuk dibunuh. Seorang Rider lebih fokus untukbikin jinak monster, hingga monster tersebut cukup percaya pada Rider untuk bisa ditunggangi. Monster-monster yang dijinakkan ini berasal dari telur yang dikumpulin oleh para Rider. Makanya ga heran ada ikon telur dalam logo MonHunStories. Hmm, berasa mirip Pokemon ya?



Latar cerita MonHun Stories ini mengisahkan sang tokoh protagonis yang berlatih sebagai Rider. Seperti yang dilansir oleh Siliconera, MonHun Stories berawal dari "Desa Rider", tempat sang protagonis dapet "Bond Stone" setelah menempuh ujian untuk jadi seorang Rider.Ditemani sobat kucingnya, Nabiru, mereka bertualang kealam liar di luar desa asal mereka.

Seperti biasa, ceritanya ga bakal seru kalo ga ada kekuatan jahat yang mengancam eksistensi dunia.Jadilah kemampuan Rider dan Hunter diuji, apakah mereka cukup kuat untuk menghadapi bahaya yang mengancam atau ngga. Kuncinya terletak pada kekuatan misterius yang tersimpan dalam"Bond Stone". Dari situlah legenda MonHun Stories pun dimulai.




Selain duniaMonHun Stories yang lebih terkesan imut dan colorful, mekanisme gameplay-nya juga berubah dari yang semulaaction jadi turn-based. Mungkinbagi sebagian fans MonHun, perubahan mekanisme gameplay inicukup berpengaruh banyak terutama dari gameplay pace-nya. Tapi seperti yang kalian lihat dari video gameplay di bawah, level keseruan permainan ga berkurang kok.



Kombinasi tipe serangan yang ada terdiri dari 3 jenis: Power, Technique, danSpeed. Monster yang dilawan punya karakteristikyang nantinya berpengaruh terhadap jenis dan pola serangan. Dengan mengenalikarakteristik para monster ini, akan mempermudah kalian dalam mengatur strategi serangan. Pola pikir bermainyang pasti udah kalian paham kalo pernah main seri MonHun deh.



Seperti yang kalian lihat dari gambar kombinasi tipe serangan di atas,Powerlebih unggul dariTechnique,Techniquelebih unggul dari Speed, danSpeed lebih unggul dariPower.



Monster jinak yang udah jadi temen Rider dijuluki "Otomon". Dalam permainan, Otomon akan bertindak sesuaidi luar kontrol pemain dan mampumelancarkan serangan kombinasi bersama Rider.



Untuk serangan Rider sendiri akan bervariasi, tergantung darisenjata yang dipake. Jenis senjata juga berpengaruh terhadap jurus yang akan dimiliki Rider.



Seiring Rider bertarung bersama Otomon, jalinan persahabatan mereka akan makin kuat. Ketika level kepercayaan antara Rider dan Otomonudahbegitu dalem,Rider bisa menunggangi monster dan kemampuan keduanya juga turut meningkat. Dari sinilah peran "Bond Stone" akan beraksi. Sesuai dengan namanya, batu ini akan mengeluarkan kekuatan misteriusnya ketika ikatan persahabatan antara Rider dengan Otomonmenguat.




Fitur permainan terakhir yang bikin gemes adalah ketika kalian harus ngumpulin telur Otomon untuk dijinakin. Siapa sih yang ga suka ngoleksi sesuatu, apalagi telur monster yang bisa dijadiin sahabat? Beuh, udah pasti keren deh.



Teruskapan nih MonHun Series bakal dirilis? Belum ada tanggal resmi dari Capcom, tapi menurut kabarMonHun Seriesdirencanakan bakal rilisdi Jepang tahun 2016 nanti.Buat yang bertanya-tanya apakahnanti ada versi Inggrisnya untuk luar Jepang, ga perlu khawatir deh. Animo fans seri MonHun terlalu besar untuk bikin Capcom ga bakal merilis MonHun Stories untuk pasar di luar Jepang. Hahaha.

Otomon? Gotta catch them all! :D

image : monsterhunter.wikia.com | siliconera.com

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 18 August 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus