[Preview] Monster Hunter X

Kisah tentang David dan Goliath mungkin udah banyak yang tahu. Pertarungan David berbadan mungil dengan Goliath berbadan raksasa membuktikan bahwa badan besar bukan berarti ga bisa ditumbangkan. Berbadan mungil tapi lincah dan penuh strategi bisa jadi modal buat ngalahin makhluk yang badannya lebih besar yang belum tentu gesit.

Sepertinya dari situlah referensi Capcom pas ngembangin game Monster Hunter (MonHun). Pemain yang diposisikan sebagai pemburu "mungil" jika dibandingkan dengan badan monster raksasa buruannya, melipatgandakan kepuasan pemain ketika berhasil menumbangkan monster-monster di game ini.

Ga kerasa seri gamegame ini udah menginjak usia sekitar 11 tahun sejak pertama dirilis tahun 2004. Pertumbuhan komunitas fans game MonHun berkembang pesat seiring bertambahnya judul seri game Monster Hunter.

Tentunya buat kalian yang ngerasa salah satu fans MonHun, pasti udah tahu dong seri terbarunya. Ada 2 seri terbaru MonHun yang bakal menyambangi fans MonHun di seluruh dunia. Bukan, bukan versiseri spin-off yang pengen kita omongin di artikel ini. Hehe. Kita akan kupas lebih dalam versi itu di artikel lain.



Kalo ada yang nebak seri terbaruMonster Hunter X (MHX), selamat! Jawaban kalian tepat banget! Seri yang bakal segera rilis ini tentu jadiobat kangen fans MonHunyang udah ngikutin seri ini dari awal dong ya! Kira-kira apa ya yang menarik dari seri terbaru MonHun ini?



Apa yang Baru Dari Monster Hunter X?



Mempertahankan kualitas sebuah game hingga mencapai sekian seri, pastinya gagampang. Tapi kerennya, MonHunseolahga pernahkehabisanfanbase yang selalu gasabar nungguinproyek game terbarunya. Jangankan di Jepang, popularitas MonHun di kalangan gamer sedunia juga udah ga perlu ditanya. Terus apa sih hal baru yang bikin MHXtetep menarik dan keren?

Dari segi gameplay, bisa dibilang MHX gajauh beda dari seri pendahulunya. Inti gameplayMHX masih berkutat di seputar perburuan monster, sesuai yang dideskripsikan judul gamenya. Selain bertugas memburu beragam jenis monster buat dapetinreward,mekanismegameplaycarving (ngumpulin material tubuh monster yang bisa dijadiin senjata) juga masih jadi premis andalan game ini.



Yang baru di seri kali ini adalah kemunculan empat monster utama yang akan jadi buruan pemain.Ada jugasatu lokasibaru tambahan bernamaVerma Village. Kalo kalian udah lihat trailernya, keempat monsterbaru ini pasti cukup menggoda buat ditaklukin. Gimana engga? Dari bentuk sampe skill-nya aja udah kelihatan menantang! Yuk, coba kenalan ama karakter masing-masing monster!

DINOVALDO


Dilihatdari namanya, referensi nama Dinovaldo berasal dari kataDinosaurdanBlade. Kalo diartiin secara harfiah, kita udah ngerti jenis monster dan senjata macam apa yang dimiliki Dinovaldo ini. Konsep Dinovaldo yang mirip monsterRathalosdarat ini,tergolong sejenisWyvernganas (naga legendaris bersayap, berkaki dua, bertubuh reptil, dan punya ekor). Salah satu bagian tubuh yang paling mencolok dariDinovaldo adalah ekornya yang gede dan menyerupai pedang. Sekarang pada ngerti kan kenapa dinamai "Dinosaur" dan "Blade".

GAMUTO


Dari sosok luarnya, Gamuto kelihatan mirip Mammoth berambutlebat yang paling enak buat diusel-usel karena pasti anget. Sayangnya Gamuto bukanhewan peliharaan yang mau diusel-usel seenak udel oleh pemain. Gadingnya yang gede dengan tampang muka mirip Mammoth zombie jamur dari game The Last of Us, adalah tanda peringatan kalo Gamuto itu buasnya luar biasa. Dari moncong belalainya bisa ngeluarin jurus es yang membekukan apapun di sekitarnya. Brrr...

UNNAMED MHX MONSTER 4


Wyvernbersayap yang belum bernamaini punyajurus berelemen listrik.Hampirsebagian besar tubuhnya ditutupi sisik berwarna hijau-gelap berujung runcing. Kalo diperhatiin lebih seksama, sayapnya lebih mirip sayap serangga (kupu-kupu) ketimbang sayap seekor naga.Panjang ekornya hampir mencapai separuh dari total panjang tubuhnya. Monster ini berkepala kecil tapi bertanduk besar. Aliran listrik berwarna hijau bisa terlihat muncul dari sayap, ekor, dan tanduknya. Udah ada yang punya bocoran siapa nama monster ini? :D

UNNAMED MHX MONSTER 6


Monster yang terakhir bertubuh panjang dan terlihat mirip species Leviathan. Uniknya adalah monster initermasuk Leviathan yang punya rambut di sebagian tubuhnya, memanjang dari dada, perut, kaki, hingga ekor. Sisiknya berwarnakrem cerah keunguan, lengkap dengan sirip-sirip ikan di bagian kepala dan punggung. Dari trailer terlihat monster ini bisa mengeluarkan jurus gelembung yang belum diketahui efeknya jika mengenai mangsanya. Apakah sekedar jurus pelumpuh, atau punya efek tertentu? Yang pasti gw penasaran kira-kira apa nama yang cocok buat monster anggun ini. :D



Cuma itukah yang baru dari MHX? Eits, tunggu dulu. Melawanmonster di game MonHuntanpa senjata yang bervariasi dan teknik baru tentu berasaada yang kurang. Itulah kenapa di MHX, kita bisa lihat banyak updatedari segi menyerang, strategi, dan senjata.

Gaya Berburu Baru di Monster Hunter X?




Gw rasa sebagian fans bakal ngeh dengan perubahan efek serangan di trailer MHX kali ini. Ada cukup banyak efek gemerlapayunan senjata yang bikin visualgameplay makin rame. Selain efek gemerlap yang baru,cara berburu monster juga makin seru dengan gaya perburuan yang beragam.

Guild Style:menitikberatkan pada cara berburu yang imbang, antara menyerang, bertahan, dan mengatur strategi. Gaya bermain yang standar ditemui para pemain MonHun deh.

Striker Style:kalo gaya main ini lebih fokus ke gaya serangan membabi buta yang nantinya dipadupadankan dengan efek gemerlap serangan spesialHunting Arts.

Aerial Style:buat yang suka melancarkan serangan sambil lompat-lompat, gaya main ini kayanya cocok banget buat kalian. Serangan lebih banyak dilancarkan ketika di udara dengan menggunakan badan moster sebagai tumpuan pijakan sebelum melompat setinggi mungkin.

Bushido Style:gaya serangan ini memfokuskan pengumpulan daya serang yang mengkompromikan pertahanan karakter. Karakter pemain akan rentan terhadap serangan selama selang waktu tertentu sih, tapi kalo energi serangan yang dihimpun bisa tepat sasaran ketika diluncurkan, ga perlu ragu berapa gededamage yang dihasilkan.Gaya bermain ini ga disarankan untuk pemula.



Rencananya game inibakal rilis di Jepang pada tanggal 28 November 2015 buatplatform Nintendo 3DS. Seberapa seru MHX ini buatmencarifans seri MohHun lebih banyak lagi? Kita lihat aja nanti. Buat kalian yangpenasaran sama perkembangan gamenya, boleh banget mampir ke situs resminya: Monster Hunter X Official Site.

image: siliconera.com | monsterhunter.wikia |capcom.co.jp

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 03 August 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus