[Preview] Carta Nova

Familiar dengan permainan kartu Yu Gi Oh yang sempat tenar beberapa tahun silam? Nah gimana kalau ide collectible card game (CCG) atau juga biasa disebut trading card game (TCG) tersebut diangkat lagi dalam permainan baru dengan pengembangan ceritayang lebih menarik?

Nah, Carta Nova hadir dengan konsep CCG yang menarik. Selain mengusung CCG, Carta Nova juga mengusung genre RPG alias Role Playing Game yang tentu udah banyak dikenal gamer.

Sebelum gw bahas lebih lanjut soal premis game Carta Nova ini, yuksekilas coba kita tengoksejarah tentang CCG.



Well, kalau ngomonginsoal sejarahnya, dari tahun 1993 udah banyak bermunculan game yang mengusung genre CCG. Yang paling ngehits di antaranya adalah Magic: The Gathering dan Wizards of The Coast yang dikukuhkan sebagai CCGpaling laku di masanya. Saking banyak peminatnya,maka gaheran permainan dengan media kartu ini terus berlanjut dari generasi ke generasi. Yu Gi Oh mungkin satu contoh sukses video game CCG yang pernah populer. Selain itu, banyak juga CCGyang diangkat dari seri film ternama, kartun atau bahkan tayangan TV favorit. Sejarah mencatat kalau animo terhadap permainan tanding kartu ini memuncak pada tahun 1994 dan 1995, ditandai denganlahirnya sederet nama game bergenre CCG yangberusaha menguasai pasar game. Konsep kolaborasi CCG dan RPG sendiri juga bukan hal baru karena Wizards of The Coast udah pernah memulainya 22 tahun silam. Terus apa yang membedakan Carta Nova dengan video game CCG pendahulunya yang serupa?



Carta Nova menjanjikanpengalaman bermain baik offline maupun online dimana gamer bisa berinteraksi dan berkompetisi dengan pemain-pemain lain secara bebas. Bebas disini terkait dengan segala hal dalam game, baik setiap kartu yang ada, costume, item, maupunDLC. Kalokebanyakan permainan trading card dilengkapi dengan transaksi mikro, dimana mode ini bikingamer ga sepenuhnya bisa mengakses konten game secara gratis, Carta Nova justru membebaskansemua itu. Hal ini ditempuh oleh developer Carta Novasebagai salah satu bentukpenghormatan terhadapgamer demi pengalaman bermain yang lebih maksimal.



Di atas papan berukuran 4x5, pemain akan meletakkan kartudi areaterbuka untuk mulai menyerang kartu lawan. Tugas kita tentu buat mengalahkan kartu-kartu milik lawan agar bisa jadi pengendaliutama di area papan permainan ini. Maintrading card gamega segampang yang dibayangkan. Butuhsiasat dan taktik jitu di tiap langkah sebelum mengambil keputusan. Kadang kita harus rela mengorbankan salah satu kartu untuk bisa ngalahinkartu lawan. Sama dengan game-game lain berkonsep CCG dan TCG, setiap kartu punya keunggulan masing-masing. Misalnya, ada kartu yang areajangkauan serangannya pendek, sehingga cuma bisa menyerang kartu lawan yang posisinya berdekatan.Tapi ada juga kartu khusus buat menyerangkartu lawan yang jaraknya cukup jauh.



Ada 3set peraturandi dalam permainan Carta Nova yang terdiri dari taktis, tradisional, dan hybrid. Tiga mode ini dibikin buat nyesuain permintaan fansTCG biar permainanlebih variatif. Berikut penjabaran 3 set peraturandalam Carta Nova :

  • Taktis : ini adalah mode asli yang berfokus pada strategi dan taktik berpikir pemain. Mode taktis biasanya udah lazim ada di banyak trading card game, jadi bisa dibilang mode yang satu ini sifatnya mendasarbanget.

  • Tradisional : Buat penggemar game collectible card atau trading card, mode yang satu ini patutdicoba. Kalau aturan mendapat kartu lewat mode taktis bisa diperolehtanpa diacak, di mode tradisional, pemain harus menarik dan memilih kartu secaraacak. Tentunya mode tradisional bisa jadi opsi menarik yang menantang.

  • Hybrid : mode Hybrid adalah kolaborasi antara mode taktis dan tradisional. Mode ini lah yang banyak di-request oleh gamer.




Poin plus lain Carta Nova terletak pada segi latar cerita dan fitur mode player. Dunia Carta Nova dibagi dalam dua benua yaitu Alenir dan Kieri. Berlatar waktusesudah perang yang terjadi lebih dari beberapa dekade, rakyat Alenir bersiap membangun kembali negara mereka. Pemainakan berperan sebagai warga negara dari selatan yang memutuskan untuk pergi ke ibukota untuk berpartisipasi dalam duel Carta. Perjalanan pemain nantinyaga akan mudah, karena bakal ketemubeberapa karakteryang ternyata ga pengenmempertahankan kedamaian di negara Alenir. Sementara itu, Kieri jadi pusat pertaruhan banyak orang. Mulai dari pelaut sampai pedagang pengenikut terlibat dalam duel Carta.



FYI, Alenir adalah tempat gamer bermain mode singleplayer,sementara Kieri jadi setting dimana semua pemainbisa berinteraksi secara online.

Carta Nova sendiri bisa dimainkan lewat dua opsi mode : singleplayer(SP) dan multiplayer (MP). Lewat mode SP, pemainbebas bertualang di dalam dunia RPG, sebuah suguhan dunia yang lebih interaktif dengan konsep story-driven. Cerita apa yang akan tersaji di dunia RPG ini bakal terbentuk dari pilihan atau kemampuan pemaindalam permainan tanding kartu. Selain itu tersedia juga modequick-matchbuat pemainyang khusus pengen mengasah kemampuan trading card-nya.



Minus dari game Carta Nova mungkin ada dari kuantitas jeniskartu yang bisa dimainin. Carta Nova nawarin sekitar lebih dari 600 kartu di dalam permainannya. Mungkin bagi sebagian fans berat TCG, jumlah ini masih tergolong sedikit ketika dibandingkan dengan game serupa seperti Hearthstone, yang punya lebih dari 60.000 jenis kartu. Wajar sih,namanya juga game indie yang masih baru banget. Tentunya kalau proyek ini berhasil jalan, jumlah koleksi kartu yang ada dalam game pun bakal bertambah kok.

Lalu di platform apa rencananya game ini bakal dirilis? Well, rencananya sih Carta Nova bakal rilisbuat platform PC (Windows, Mac, Linux), PS3, PS4, XBOX 360, Xbox One, dan Wii U. Kabarnya Nintendo 3DS juga masuk dalam daftar platformStudio Kima loh. Kita tunggu aja tanggal mainnya.



Overall, Carta Nova bisa jadi kandidat TCG favorit kalianberikutnya. Meskipun belum ada campaign crowdfunding-nya karena SE Collective baru dalam tahap voting. Laman campaign Carta Nova bisa kalian akses dari link berikut:

Campaign Link: Carta Nova -SE Collective



Kalau kalianmerasa sreg dan tertarik dengan kelanjutan game ini, bisa ikutan vote di link tersebut sebelum tanggal 17 Agustus 2015. Selain membantu developer, mungkin Carta Nova bisa jadi obat melepasrindu bagigamer yang kangen kejayaan CCG di era 90an dulu.

Image: collective.square-enix.com | youtube.com

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 12 July 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus