Berikut ini Berbagai Pertimbangan/Alasan Dibalik Perilisan Game PS4 Jepang diluar Negaranya

Munculnya platform terbaru dari PlayStation, yaitu PS4 otomatis mendorong para developer besar asal negara matahari terbit seperti Koei Tecmo, Bandai Namco, bahkan SEGA untuk merilis game nya diluar Jepang.

Pada sesi wawancara di Gamescom dengan produser Koei Tecmo Kenichi Ogasawara, kita bisa mengetahui pertimbangan/alasan apa saja yang menghambat dan mendorong para developer Jepang untuk merilis gamenya diluar negaranya sendiri.

Ogasawara menjelaskan bahwa lokalisasi (perilisan diluar Jepang) game Jepang bukan hanya sekedar menerjemahkan bahasa pada teks dan audio menjadi Bahasa Inggris tetapi, mereka juga harus menyusun rencana yang sangatlah komplex, baik pada distribusi dan marketing. Maka dari itu, terkadang perilisan game diluar Jepang sangatlah lama. Meskipun produk buatan Jepang pada saat ini sudah bisa diterima oleh masyarakat luas (barat).

Permasalahan lain yang bisa mendorong sekaligus menghambat bagi developer Jepang adalah; kebanyakan gamer Jepang masih bermain dengan platform PS3, sehingga game PS4 di Jepang kuranglah laku besar. Padahal di luar Jepang (Barat) sudah lompat generasi menjadi pemain PS4.

Itulah berbagai pertimbangan/alasan mengapa game asal Jepang terkadang perlu waktu yang lama atau bahkan tidak dirilis di luar Jepang, karena banyak hal yang perlu diperhatikan, dan tidak semudah yang kita kira sebelumnya.

Sumber.

Ditulis oleh Gregorius Pamungkas pada 10 August 2015 23:13



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus