Amiibo - Demam Koleksi Karakter Nintendo

Dari tiap generasi, banyak tokoh baru dengan ciri khas yang unik yang lahir dari beragam IP video game. Tokoh karakter yang memorable bikin video game lebih terasa ikonik. Kita udah lihat begitu banyak game yang udah sukses melahirkan karakter ikonik dari tahun ke tahun. Makanya ga heran kalo ikon karakter video game tersebut diproduksi dan dijual dalam berbagai jenis produk. Mulai dari poster, kaos, boneka, sampe toys dan action figure.

Ga dipungkiri pernak-pernik karakter ikonik video game jadi barang yang paling diburu oleh komunitas GEEK. Umumnya sih barang yang dikoleksi jenisnya ga jauh dari mainan. Kalo ga berupa action figure ya video game. Tapi gimana jadinya kalo kedua jenis mainan itu digabung jadi satu?



Nah, salah satu investasi cerdas yang diambil Nintendo adalah dengan menciptakan Amiibo. Masih ada yang belum tahu apa itu Amiibo? Hah? Masa sih belum pernah lihat?



Amiibo adalah sebutan figur mainan buatan Nintendo yang manfaatin teknologi Radio-frequency identification (RFID). Amiibo bukan sembarang mainan yang cuma berfungsi buat pajangan aja, melainkan juga punya fungsi lain yang kompatibel dengan sederet platform game Nintendo, seperti WiiU dan New Nintendo 3DS. Hah? Cuma kompatibel dengan New Nintendo 3DS? Terus buat Nintendo 3DS lama gimana dong? Tenang, Nintendo udah nyiapin adapter khusus supaya Amiibo juga bisa kompatibel dengan tipe 3DS lama kok. Dengan teknologi Near-Field Communications (NFC), kita tinggal tempelin ke perangkat game Nintendo supaya Amiibo bisa berfungsi. Efeknya dalam game pun beragam, tergantung judul game itu sendiri. Bisa dibilang dengan beli Amiibo berasa berinvestasi di dua hobi sekaligus. Selain beli mainan figur, juga bisa dipake untuk fitur tambahan video game keluaran Nintendo. Seru banget deh pokoknya!



Mengulik sejarah awal kelahiran Amiibo sendiri dimulai ketika Toys for Bob, salah satu anak perusahaan Activision, bekerjasama bareng Nintendo dalam proyek video game Skylanders. Berawal dari game ini, konsep mainan figur yang interaktif terhadap video game merupakan cikal bakal lahirnya ide Amiibo. Berkat kesuksesan game Skylanders, Nintendo terus matengin konsep dengan bikin purwarupa dari Amiibo yang diberi nama sandi NFP, yang merupakan singkatan dari "Nintendo Figurine Platform" atau "NFC Featured Platform". Akhirnya pada tanggal 10 Juni 2014, Amiibo resmi dikenalkan ke publik bersamaan dengan rilisnya game Super Smash Bros (Nintendo 3DS dan Wii U) yang merupakan game pertama Nintendo yang mendukung fitur Amiibo. Tujuan Nintendo sendiri adalah melebarkan sayap selain sebagai perusahaan video game, tapi juga sekaligus perusahaan mainan.




Dengan target pasar yang lebih luas, tentu komunitas gamer yang sekaligus merupakan kolektor action figure adalah pasar yang dibidik Nintendo. Amiibo jadi jawaban atas kombinasi kedua jenis hobi para kolektor tersebut. Terlebih bagi gamer fans berat Nintendo, bakal dibikin laper mata buat mengoleksi Amiibo. Terhitung sejak tanggal 31 Maret 2015, tampaknya Nintendo berhasil dengan mulus dalam memasarkan Amiibo dengan total penjualan kurang lebih hingga 10,5 juta unit. Bahkan Reggie, selaku Presiden dan COO Nintendo divisi Amerika Utara sendiri ngaku kewalahan menangani banyaknya permintaan atas Amiibo di saat pasokan mereka terbatas banget. Ini juga yang bikin beberapa produk Amiibo langka dihargai cukup mahal diluar harga resmi yang ditetapkan Nintendo.



Seperti yang udah disinggung di awal artikel, Kelebihan Amiibo dibanding figur mainan pada umumnya terletak pada dukungan teknologi NFC-nya. NFC merupakan teknologi yang memungkinkan sebuah perangkat elektronik untuk mengakses dan mentransfer data ke perangkat elektronik lain. Dengan kata lain, perangkat RFID yang ditanam dalam Amiibo akan jadi tempat interaksi data dengan platform video game Nintendo. Akan banyak hal menarik yang bisa kita harapkan di masa depan dari penggunaan Amiibo ini.




Saking menariknya, bahkan gue berani jamin ga ada orang yang ga bakal ngiler buat ngoleksi berbagai seri Amiibo ini. Ga cuma gamer aja, bahkan mungkin kolektor figur mainan yang ga punya konsol Nintendo juga bakalan tergoda. Kualitas figur Amiibo udah ga perlu ditanyain lagi. Tiap bentuk karakter Amiibo, mulai dari yang imut sampe yang keren dan gahar sekalipun dirancang dengan begitu detil. Coba perhatiin deh, tiap lekuknya bener-bener diperhatiin Nintendo. Sama seperti quality control yang Nintendo jaga pada IP video game mereka. Semua karakter game yang pernah muncul di platform Nintendo, bikin Amiibo jadi mainan yang wajib dikoleksi.



Jangan kelamaan ngeliatin foto-foto Amiibo yang lagi dipajang. Ntar ngeces loh! Hehehe. Harga jual Amiibo yang di pasaran kurang lebih hampir sama dengan action figure dengan skala dimensi serupa. Kalopun mahal dikit, ya wajar sih karena Amiibo emang bukan sekedar figur mainan biasa.




Dari sederet karakter Amiibo, Mario Bros tetep jadi maskot Nintendo yang punya varian Amiibo cukup banyak. Ada Dr. Mario dengan jubah dokternya, atau Mario Gold dan Silver Edition yang kelihatan spesial banget. Karakter-karakter game Nintendo lain kayak Pikachu, Sonic, Yoshi, Pac-Man sampai karakter robot imut Chibi Robo! Zip Lash juga layak banget buat dikoleksi. Bahkan beberapa blogger dan gamer udah bikin tulisan tentang karakter Amiibo yang udah langka buat dicari seperti Princess Peach, Samus, Villager, Marth, dan Shulk.




Jangan tunda-tunda lagi buat nabung! Karena begitu kalian lihat daftar Amiibo yang bakal dirilis, dijamin bakal langsung kena demam buat mengoleksi karakter Amiibo-nya deh!

images : nintendo.com | wiiudaily.com | nintendoenthusiast.com | gamespot.com | idigitaltimes.com | engadget.com

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 21 June 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus