Rekam Jejak Franchise Resident Evil Dulu Hingga Sekarang Bag.2

Ketemu lagi nih di artikel bahasan rekam jejak franchise Resident Evil dulu hingga sekarang. Buat yang belum sempet baca bagian pertamanya, bisa baca-baca disini: Artikel Bag.1. Udah siap buat menyusuri perjalanan sejarah franchise game survival horror dari Capcom ini? Ngga usah berbasa-basi lagi, langsung aja simak ulasannya berikut ini.



Catatan: Artikel ini berisi spoiler dari segi cerita maupun gameplay dari seri game Resident Evil. So, buat yang alergi spoiler silakan stop baca artikel sampai paragraf ini. Bagi kalian yang ngga masalah dengan spoiler, bisa lanjut baca ke paragraf berikutnya.

RESIDENT EVIL OUTBREAK FILE #2 (2004)




Sekuel seri RE Outbreak ini lumayan keren karena punya zombie gajah. Oke, mungkin itu ngga cukup keren. Tapi paling ngga RE Outbreak File #2 jauh lebih baik dari segi struktur mekanisme gameplay dan variasi skenario yang lebih seimbang ketimbang pendahulunya. 8 karakter online di seri sebelumnya kembali bisa dimainkan dan kabar gembira buat pengguna versi PAL, akhirnya mereka bisa merasakan serunya fitur online multiplayer. Setelah server online ditutup oleh Capcom pada tahun 2007, beberapa gamer RE Outbreak File #2 masih bisa main online dengan server pribadi milik fans.



RESIDENT EVIL 4 (2005)




Kembalinya campur tangan Shinji Mikami menjadikan RE 4 jadi seri game RE yang ditunggu-tunggu setelah kurang lebih 10 tahun lamanya sejak seri RE pertama dirilis. Untuk menghadirkan suasana baru, terjadi perubahan mendasar dari segi gameplay. RE 4 memang difokuskan ke genre Action TPS. Dari beberapa kabar pada masa itu, Shinji Mikami banyak melakukan perombakan desain game berulang kali sebelum akhirnya memutuskan seberapa besar porsi action dan horror dari RE 4 di versi finalnya. Pergerakan posisi kamera dengan zoom otomatis mendekat ke arah Leon mempertegas adegan aksi Leon dalam membasmi gerombolan musuh. Kemampuan untuk menembak bagian anggota tubuh tertentu musuh bisa bikin pemain untuk lebih mampu mengendalikan situasi ketika beraksi. Sistem pengelolaan item kurang lebih masih sama dengan seri pendahulunya hanya saja dirancang lebih simpel.



Meski memang secara nuansa, RE 4 ini lebih condong ke arah action ketimbang survival horror, tapi mungkin inilah suasana baru yang dibutuhkan oleh fans game RE. Terlepas dari suasana baru yang ditawarkan Shinji Mikami dalam seri ini, kayanya sih cuma bagian misi penyelamatan dan pengawalan Ashley yang paling mencolok dan nyebelin. Haha.

RESIDENT EVIL: DEADLY SILENCE (2006)




Capcom merayakan hari jadi RE yang ke-10 tahun dengan bikin remake game RE pertama untuk platform Nintendo DS dengan judul RE: Deadly Silence. Di edisi spesial ini Capcom menambahkan fitur baru seperti Rebirth mode, yaitu mode dimana banyak mekanisme kontrol yang memaksimalkan potensi layar sentuh terhadap gameplay dari platform NDS. Serunya nyabet zombie pake layar sentuh mirip game Infinity Blade, melakukan pertolongan CPR dengan ke rekan yang ambruk dengan niup mikrofon NDS, dan layar NDS yang mini bikin ketegangan main seri ini makin memuncak. Rebirth mode juga mendukung permainan co-op hingga 4 pemain supaya permainan jadi lebih seru.

RESIDENT EVIL: THE UMBRELLA CHRONICLES (2007)




RE: The Umbrella Chronicles menceritakan runtuhnya perusahaan Umbrella dengan mengambil latar waktu dari kejadian di ketiga seri pertama game RE dan RE Zero. Meskipun bergenre gun survivor, nuansa survival horror-nya masih dapet. Banyak pilihan jalur alternatif yang bisa ditempuh untuk namatin game ini untuk memastikan bahwa RE: The Umbrella Chronicles punya nilai replayability yang tinggi. RE: The Umbrella Chronicles pertama kali dirilis untuk platform Wii dimana kendali penuh pergerakan kamera dan crosshair senjata dikontrol dengan Wiimote dan Nunchuk. Versi HD game ini kembali hadir di tahun 2012 untuk PlayStation 3.

RESIDENT EVIL 5 (2009)




RE 5 jadi seri pertama yang hadir untuk platfom generasi baru pada jamannya (PlayStation 3 & Xbox 360). Perilisan gamenya sempat mengalami penundaan karena isu rasisme yang merebak mendekati tanggal rilisnya. Yang menarik dari game RE 5 adalah game ini sebenernya merupakan 2 buah game yang berbeda tergantung dari cara bermain gamer. Ketika main sendiri, game ini berubah jadi game yang bikin frustrasi karena karakter Sheva sama sekali kurang membantu terlepas dari perannya sebagai karakter pendukung. Bukannya membantu, dia justru malah sering ketimpa masalah yang ujung-ujungnya dikeroyok musuh dan pada akhirnya terpaksa harus kita tolong. Tapi begitu kita yang butuh pertolongan, dia malah jarang banget bantuin.



Tapi begitu main co-op berdua, gameplay berubah secara drastis. Banyak gamer yang beranggapan bahwa RE 5 punya permainan yang seru. Bertualang dengan latar lokasi di Afrika bareng temen cukup seru meskipun nuansa action-nya masih jauh kurang terstruktur rapi kalo dibandingin dengan RE 4. Mungkin yang paling bikin agak kecewa cuma gameplay waktu ngelawan boss terakhir di seri RE 5 ini.

RESIDENT EVIL: THE DARKSIDE CHRONICLES (2009)




Seri genre gun survivor untuk Wii yang kedua ini punya peningkatan dari segi grafis dan alur cerita. RE: The Darkside Chronicles fokus pada RE 2 dan Code: Veronica, tapi lebih condong ke orientasi karakter ketimbang RE: The Umbrella Chronicles. Versi HD game ini kembali hadir pada tahun 2012 untuk platform PlayStation 3.

RESIDENT EVIL 5: GOLD EDITION (2010)




Capcom sempat merilis beberapa DLC untuk RE 5, termasuk versus, mode online multiplayer, beberapa DLC kostum, dan tambahan dua DLC cerita, yaitu Lost In Nightmares dan Desperate Escape. Nah versi RE 5: Gold Edition merupakan versi Greatest Hits yang udah menampung semua DLC tersebut dan udah termasuk DLC Mercenaries Reunion dan dukungan untuk bisa dimainin dengan PlayStation Move untuk versi PlayStation 3.

RESIDENT EVIL: THE MERCENARIES 3D (2011)




Meski mengusung embel-embel 3D, kelamaan pake fitur 3D dari 3DS bikin cepet pusing. Tapi terlepas dari efek 3D yang bikin puyeng, RE: The Mercenaries cukup seru apalagi kalo dimainin rame-rame. Banyak karakter-karakter terkenal dari franchise RE yang bisa dimainin di seri ini (minus Leon yang ngga kelihatan batang idungnya). Untuk platform handheld, kualitas grafisnya udah keren apalagi pas dikombinasikan dengan gameplay penuh aksi.

RESIDENT EVIL: REVELATIONS (2012)




RE: Revelations merupakan game 3DS pertama yang memaksimalkan fungsi aksesoris tambahan Circle Pad Pro. Sama seperti gameplay RE 6 yang ngga lama dirilis setelahnya, mode campaign RE: Revelations terbagi jadi beberapa grup karakter yang berlokasi di beberapa latar tempat berbeda. Mulai dari petualangan di kapal hantu di laut Mediterania sampe petualangan di area pegunungan. RE: Revelations memperkenalkan fitur pergantian 3 senjata secara praktis. Selain itu gerakan menghindar dari seri game sebelumnya juga kembali hadir. RE: Revelations juga mendukung fitur StreetPass untuk platform Nintendo 3DS. Fitur baru Raid mode juga diperkenalkan dalam seri ini. Versi HD dari RE: Revelations dirilis pada tahun 2013 untuk platform PS3, Xbox 360, Wii U dan PC.

RESIDENT EVIL: OPERATION RACCOON CITY (2012)




Secara konsep, RE: Operation Raccoon City punya ide yang bagus terlepas dari amarah para fans yang antipati terhadap genre action yang diusung game ini. Meski sempat mengalami beberapa glitch secara visual, AI yang buruk, dan gameplay yang terkesan monoton dan repetitif, respon positif justru banyak berdatangan dari gamer penggemar game a la SOCOM dimana kombinasi kerjama pasukan penembak merupakan hal yang seru. Hasilnya, RE: Operation Raccoon City laris manis hingga mencapai total penjualan sebesar 2 juta unit.

RESIDENT EVIL 6 (2012)




Plot cerita RE 6 terbagi jadi 4 skenario dimana tiap skenario punya nuansa permainan yang diperankan oleh karakter yang berbeda pula. Beberapa karakter yang hadir diantaranya adalah Leon S Kennedy, Chris Redfield, Jake Muller, dan Ada Wong. Dari semua karakter, skenario Leon lah yang paling akurat. Nuansa survival horror-nya dapet banget. Meskipun banyak juga yang menganggap RE 6 adalah seri yang jelek dibanding seri-seri pendahulunya, tapi dari segi gameplay yang penuh action sistem pertempurannya justru yang paling bagus. RE 6 tetap mampu terjual hingga lebih dari 5 juta unit biarpun menuai berbagai kritik dari banyak pihak.

RESIDENT EVIL HD (2015)




RE HD yang dirilis untuk platform next-gen belum lama ini secara teknis merupakan versi upgrade dari platform GameCube. Beberapa fitur tambahan bisa dibilang merupakan peningkatan yang cukup berarti. Dari sisi kontrol, terdapat tambahan mode free movement yang sifatnya opsional dan bisa dipilih ketika pemain bosen dengan kontrol mirip tank khas seri game RE. Kedatangan zombie Crimson Heads juga mayan bikin pemain mikir dua kali sebelum membunuh zombie biasa sebelum bangkit lagi jadi zombie Crimson Heads. Tapi dari peningkatan yang paling mencolok jelas dari resolusi layar yang sekarang udah mendukung tampilan layar lebar untuk HDTV.

RESIDENT EVIL: REVELATIONS 2 (2015)




Sementara RE: Revelations 2 masih dirilis secara bertahap, belum banyak hal yang bisa diungkap. Barry Burton kembali sebagai karakter yang bisa dimainkan. RE: Revelations 2 bakal mendukung fitur co-op, disamping itu ada perkenalan karakter anak perempuan dari Barry yang bernama Moira. Hingga artikel ini dimuat, udah 2 episode dari RE: Revelations 2 yang dirilis ke publik.

Berikut detil tanggal perilisan tiap episode dan versi final retail fisik game RE: Revelations 2:
  • Episode 1: 24 Februari 2015

  • Episode 2: 4 Maret 2015

  • Episode 3: 11 Maret 2015

  • Episode 4 & Versi Retail Fisik: 18 Maret 2015


image: deviantart.net | relyonhorror.com | eurogamer.net | watchusplaygames.wordpress | oceanofgames.com | capsulecomputers.com.au | edge-online.com | meristation.com | vg247.com

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 03 March 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus