Square Enix Ancam Fans yang Terjemahkan Final Fantasy Type-0

Final Fantasy Type-0 terbit di PSP sebagai game Action-RPG yang tidak mendapat terjemahan resmi ke bahasa Inggris tetapi punya fans yang rela mencurahkan waktunya untuk mengerjakan Fan-Translation.



Sayangnya kerja keras fans yang tergabung dalam kelompok "Skybladecloud" dijegal oleh Square Enix melalui ancaman hukum dan sekarang patch ini telah dicabut dari server skybladecoud.

"Sky" dari skybladecloud mengungkapkan kekecewaannya terhadap Square Enix melalui sebuah blog berikut:

"Ya, sebuah perusahaan video game merasa bahwa ancaman dan tuduhan palsu merupakan perlakuan yang layak bagi fans terbesar mereka. Sementara ini saya tidak dapat menjawab pertanyaan terkait masalah ini, tapi saya akan menerbitkan tulisan yang lebih lengkap ketika saya punya kesempatan."


Langkah yang ditempuh Square Enix bukanlah sesuatu yang baru di dunia Video Game. Banyak hasil kerja keras fans ditutup oleh penerbit melalui tuntutan hukum dan mereka biasanya tidak memiliki sumber daya (hukum dan uang) yang cukup untuk membalik tuntutan. Tapi tentunya hal ini bukanlah satu-satunya jalan yang dapat diambil Square Enix untuk melindungi produk mereka, GBATemp memiliki pandangan bahwa ada jalan yang lebih baik dan dapat membawa sebuah Win-Win-Solution. Yaitu dengan berkerjasama dengan fans untuk merubah terjemahan tidak resmi ini menjadi sebuah proyek resmi.

Ditulis oleh Bayu Bramantya pada 21 July 2014 20:24



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus