[Tips & Trick] Tentukan Formasi dan Taktik Dalam PES 2014

PES 2014 sudah hadir ke hadapan gamer. Mungkin sejauh ini PES 2014 kurang diminati oleh para gamer karena serba kekurangan dan gameplay yang terasa berbeda dengan seri sebelumnya. Meskipun begitu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tips dan trik dari game ini, yaitu tentang taktik dan formasi.

Tentukan Formasimu
Salah satu hal yang menarik dalam game PES 2014 adalah adanya taktik dan formasi. Dalam sepak bola, formasi adalah penentuan posisi pemain di lapangan. Tentunya hal tersebut bertujuan untuk menyerang tim lawan atau bertahan dari serangan tim lawan. Setiap formasi jelas beragam, namun jika dibagi, di setiap formasi terdapat tiga lini yang mesti gamer isi, pertama lini belakang (diisi CB, RB, dan LB), lini tengah (diisi CMF, DMF, dan AMF, RMF, dan LMF), dan lini depan (diisi CF, SS, LWF, dan RWF). Jadi gamer harus bijak dan tepat dalam menentukan pemain dan posisinya.

Pahami Tactics

Selain formasi, hal yang perlu diperhatikan dalam game PES 2014 adalah taktik. Mungkin sebagian kecil gamer masih belum paham apa itu taktik dan bagaimana cara membuat taktik yang sesuai dengan yang kita inginkan. Biasanya gamer yang awam menggunakan taktik ini sesuai pilihan yang ada di dalam game, seperti Long Ball, Possession Game, Quick Counter, dan lain sebagainya. Namun jika gamer ingin membuat taktik custom sesuai keinginan gamer, gamer bisa melihat catatan di bawah ini.

PLAYER SUPPORT :
0 - 6: Pemain lebih memilih mundur dibanding menyerang dan bila menyerang hanya sampe tengah lapangan saja.
7 - 13: (seimbang) Pemain akan menyerang normal, kadang kedepan, kadang ke belakang.
14 - 20: teammate akan lebih sering nongol line tengah dan depan untuk membantu serangan.

SUPPORT RANGE :
0 - 6: Pemain akan saling berdekatan, sangat cocok digunakan jika gamer doyan oper-operan pendek untuk mengelabui lawan.
7 - 13: Standard, posisi teammate akan berjalan biasa saja, tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh.
14 20: Posisi pemain akan menyebar jauh, cocok digunakan jika gamer doyan nendang jauh setelah mendapatkan bola.

POSITION SWITCH :
0 - 6: Posisi disiplin, pemain akan tetap berada di dalam posisi sesuai dengan formasi yang gamer buat.
7 - 13: Pemain akan bertukar posisinya, penyerang dapat menjadi gelandang atau bek dapat jadi penyerang.
14 - 20: Sama seperti 7 - 13 hanya saja lebih intens.

FRONT LINE PRESSURE :
0 - 6: Pemain akan saling menjauhi satu sama lain (wide) menyebar.
7 - 13: Pemain akan menjaga posisi masing-masing agar tetap stabil
14 - 20: Pemain belakang akan membantu di lini tengah dan lini tengah akan membantu lini depan secara intens (totalitas menyerang)

DEFENSIVE LINE :
0 - 6: Posisi bek akan dekat dengan lini belakang
7 - 13: normal, bek kadang ke depan, kadang di belakang.
14 - 20: Posisi bek akan sering maju ke depan.

DEFENSIVE COMPACTNESS:
0 - 6 : Tim akan lebih sering bermain lini tengah.
7 - 13: normal
14 - 20: Tim akan bergerak dinamis sesuai posisi bola.

SHIFTING TO ATTACK:
0-10: Tim akan lambat untuk melakukan serangan setelah menguasai bola. Para pemain masih bergerak pada posisinya.
11-20: Tim akan bergerak maju ke depan cepat untuk melakukan serangan setelah menguasai bola.

ATTACK/DEFENCE LEVEL:
0-10: Tim akan fokus untuk bertahan.
11-20: Tim akan fokus untuk melakukan tekanan pada lawan.

Pahami Skill Individu dari Pemain

Setelah kita memahami taktik dengan baik, maka langkah berikutnya gamer harus bisa memahami para pemain dari tim yang gamer pilih. Para pemain memiliki kemampuan dan card skill yang berbeda-beda. Maka dari itu gamer harus lihat speed, card skill, attack, dan parameter lainnya. Salah satu contohnya, jika gamer memiliki pemain lini depan yang cepat, maka formasi long ball dan quick counter akan sangat ampuh untuk mengalahkan tim lawan. Namun jika pengganti dari pemain tersebut memiliki speed yang rendah, maka gamer harus mengubah taktik atau formasi agar bisa tetap seimbang dalam mengimbangi tim lawan.
Namun jika gamer kesulitan untuk memahami para pemain satu-satu, gamer cukup melihat nilai overall dari tim yang gamer pilih. Setiap tim juga memiliki gaya bermain masing-masing, jadi gamer juga harus tahu seperti apa tim yang gamer pilih dan pahami gaya bermain tim lawan.

Gunakan Preset
Jelas, hal ini sangat penting dalam pertandingan. Tim lawan bisa mengubah formasi dan taktik apabila mereka sudah mulai kesulitan untuk menembus tim gamer (bahkan COM sekalipun akan berubah formasi dan taktik). Maka dari itu gamer juga harus membuat lebih dari satu formasi dan taktik agar pola permainan gamer tidak mudah terbaca oleh lawan.

Berikut ini merupakan kumpulan formasi, taktik, dan combination play dari masing-masing tim besar yang ada di dalam game PES 2014 yang sudah dirancang sesuai dengan gaya bermain dari tim dan masing-masing pemainnya. (Thanks to klashman69). Check it out!



Ditulis oleh San San Sandika pada 20 February 2014 20:39



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus