Nintendo akan Gabungkan Mobile dan Home Console?

Nintendo punya console mobile yang laris manis dan console rumahan yang kurang laku. 3DS meski memiliki hardware yang lemah berhasil menguasai pasar console mobile di dunia sedangkan kesuksesan yang sama tidak bisa dicapai oleh Wii U.

Satoru Iwata sebagai Bos Nintendo menjelaskan bahwa mereka akan punya strategi yang berbeda untuk masa depan Nintendo. Bila biasanya console mobile dan rumahan seperti 3DS dan Wii U hadir dengan arsitektur yang berbeda, console masa depan dari Nintendo akan hadir dengan arsitektur yang sama.

Misalnya saja console baru dari Nintendo dinamakan 4DS dan Wii 3, maka game yang dibuat untuk Wii 3 diharapkan dapat dengan mudah disesuaikan untuk dijalankan di 4DS dan begitu pula sebaliknya. Desain seperti ini juga diharapkan dapat membantu masalah umum dimana console yang baru terbit biasanya mengalami kekurangan game baru.

Saat ini dunia game banyak menggunakan arsitektur PowerPC (Wii U, X360, PS3), ARM (3DS, PSV, Smartphone), dan x86 (PS4, X1, Smartphone). Bila Nintendo tidak hanya ingin mempermudah pembuatan game console dan mobile tetapi juga mempermudah Wii 3 untuk mendapatkan game dari Xbox One ataupun PS4, arsitektur x86 menjadi pilihan yang menarik.

Ditulis oleh Bayu Bramantya pada 30 December 2013 09:09



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus