PS4 Membuat Game PC Semakin Ringan

Bagaimana bisa keberadaan PlayStation 4 membuat game PC semakin ringan?

PlayStation 4 memiliki desain yang sangat mirip dengan PC. Ketika game dioptimalkan untuk berjalan dengan baik di PlayStation 4, hasil kerja keras developer juga bisa ikut dirasakan manfaatnya pada game versi PC.

Planetside 2 merupakan game dari Sony Online Entertainment yang selain terbit di PC juga akan terbit di PlayStation 4. Saat ini game mereka tidak dapat memanfaatkan kemampuan CPU dengan baik, khususnya CPU yang memiliki banyak Core. Ketika berusaha membuat Planetside 2 berjalan dengan baik di PlayStation 4, mereka mau tidak mau harus mengoptimalkan gamenya agar dapat memanfaatkan banyak core dengan baik.

Kenapa? Karena PlayStation 4 menggunakan CPU 8 core yang berkecepatan rendah. Jadi ketika game hanya dapat memanfaatkan satu atau dua core saja, kinerja yang didapat akan mengecewakan.
"Tantangan terbesar ketika mengerjakan game untuk PS4 adalah chip AMD yang dimilikinya, chip itu sangat bergantung pada multi threading. Kami memiliki masalah yang serupa di PC. Orang-orang yang menggunakan Chip AMD berada dalam kondisi yang tidak menguntungkan, karena sebuah core pada AMD sebenarnya tidak terlalu kuat. Jadi kamu perlu menyebarkan beban ke banyak core agar bisa mengeluarkan kemampuan AMD yang sebenarnya."

"Jadi ketika mereka berhasil melakukannya (mengoptimalkan game untuk banyak core), pemain PC yang menggunakan AMD akan mendapat peningkatan kinerja yang luar biasa."

source

Ditulis oleh Bayu Bramantya pada 07 August 2013 15:42



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus