Square Enix Rugi Milyaran-Triliunan, Ganti Bos, dan Menjelaskan Penyebabnya

Hitman dan Tomb Raider yang diterbitkan oleh Square Enix berhasil terjual jutaan unit dalam satu bulan, jauh lebih cepat dari seri-seri terdahulu. Ini merupakan kabar baik bukan?

Ternyata bagi Square Enix, Tomb Raider yang telah terjual sebanyak 3,4 juta unit dianggap belum memuaskan dan mereka berharap game ini bisa laku sampai 6 juta unit dalam satu bulan. Hitman Absolution dan Sleeping Dogs yang masing-masing terjual sebanyak 3,6 juta unit dan 1,75 unit juga dianggap tidak memuaskan.

Square Enix memperkirakan akan mendapat kerugian sebesar 2 milyar Yen dari studio di Jepang dimana produksi suatu proyek telah dihentikan dan hasil kerja dibuang. Kemudian kerugian sebesar 1 Milyar Yen didapat dari penutupan divisi Amerika Serikat yang berkerja di bidang game casual untuk handphone. Setelah semua kerugian itu ditambahkan dengan kerugian yang muncul dari "Loss on Disposal of Content" sehingga totalnya Square Enix merugi 4 milyar Yen.

TombRaider-2013-03-28-14-45-05-02

Perkiraan kerugian tidak berhenti disini, karena adanya “Loss on Evaluation of Content” Square Enix memperkirakan ada kerugian lagi sebesar 3,5 milyar Yen. 2 milyar Yen kerugian datang dari Jepang dan 1,5 milyar Yen datang dari Eropa serta Amerika Utara.

Secara keseluruhan Square Enix memperkirakan akan mendapat kerugian sebesar 10 milyar Yen (hampir 1 trilyun Rupiah) setelah semua kerugian itu ditambah lagi dengan kerugian lain-lain serta 2 milyar Yen untuk proses restruktur Square Enix.

wada

Menurut penjelasan Yoichi Wada yang sekarang sudah tidak lagi menjabat sebagai Bos Square Enix, hal ini terjadi karena mereka memiliki model pemasukan yang kuno, tidak sesuai dengan perkembangan jaman.

Meski tidak lagi menjabat sebagai Bos, Wada tetap berkerja dalam Square Enix.

Yosuke Matsuda akan menjadi Bos Square Enix pada Juni 2013.

source


Ditulis oleh Bayu Bramantya pada 10 April 2013 16:23



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus