Nintendo Tidak Tahu Industri Hiburan Akan Membawa Mereka Kemana

"Posisi Nintendo, secara keseluruhan, adalah kami tidak tahu kemana [industri hiburan] akan membawa kita di masa depan".

Itu adalah penjelasan yang Shigeru Miyamoto berikan kepada NewYork Times ketika ditanya tentang kondisi industri saat ini dan kaitannya terhadap Wii U.

Pernyataan Miyamoto ini bukanlah ucapan tanpa dasar karena menurut beliau, hiburan itu merupakan suatu "yang tidak bisa diperkiraan. Hiburan merupakan sesuatu yang selalu bergerak dari suatu tempat ke tempat lain."

Sebagai contoh beliau menyebutkan bahwa Disneyland, smartphone, dan game download merupakan hiburan meski memiliki bentuk yang berbeda. TV juga dianggap sebagai contoh hiburan yang dapat selalu relevan sampai sekarang dan Miyamoto merasa "TV tidak akan hilang".

Miyamoto kemudian menjelaskan bahwa jumlah pengguna smartphone memang "meningkat pesat" tetapi bukan berarti game portable console tidak laku. Animal Crossing: New Leaf terbit di Jepang dengan sukses dan "banyak dimainkan oleh wanita dewasa", dan wanita dewasa juga merupakan demografi yang "banyak membeli telepon selular dalam beberapa tahun terakhir".

Jadi asalkan bisa memproduksi "pengalaman hiburan yang ingin dimainkan orang" maka hiburan itu tetap akan dapat laku dan hidup.

 

Ditulis oleh Bayu Bramantya pada 13 March 2013 15:10



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus