Tips Memainkan Game PSP Di Android

Meskipun game-game modern di Android sudah sangat baik dan bisa menandingi game-game PSP namun ada kalanya kita ingin memainkan game PSP di Android. Selain ingin bernostalgia dengan game-game lama yang pernah dimainkan di PSP, beberapa judul game memang hanya dirilis ekslusif untuk handled yang satu ini. Jadi pertanyaanya, "Bisa enggak sih main game PSP di Android?" jawabannya bisa, tapi tidak semua game bisa!

Kalau mau mainin game Nintendo DS di Andoid, Gamexeon juga punya panduannya disini :D

Cara Memainkan Game PSP Di Android


Pertama yang kamu perlukan adalah emulator PSP untuk Android, PPSSPP yang tersedia gratis di di Google Play. Selain itu kamu juga memerlukan file data game dalam format ISO atau CFO. Untuk mendapatkannya kamu bisa mendownload dari Internet tetapi jika kamu menginginkan versi legalnya kamu bisa install aplikasi di PSP mu yang merubat disc menjadi file ISO. Lebih lengkapnya ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download dan install emulator PPSSPP dari Google Playstore.

  2. Transfer file ISO dari game PSP yang ingin kamu mainkan di android.

  3. Buka applikasi emlatornya di Android mu, akan tampil tampilan seperti berikut.
    ppsspp start

  4. Tap pada menu 'load'.
    ppsspp menu

  5. Masuk ke dalam folder tempat kamu menyimpan file ISO game tadi.
    ppsspp game select

  6. Terakhir tap pada file ISO game PSP yang ingin dimainkan di Android, maka game akan langsung dijalankan.
    ppsspp ridge racer 2 a


Game Compatibility


PPSSPP merupakan emulator yang masih sangat baru, bahkan aplikasi ini lebih cocok disebut sebagai prototype karena versinya masih 0.6.1 belum menginjak 1 sekalipun, jadi game-game yang compatible dan bisa dimainkan dengan game ini jumlah nya masih sangat terbatas. Saya sendiri mencoba 3 judul game, dan hanya Ridge Racer 2 ini yang jalan.

ppsspp ridge racer 2 c

Pihak pengembang memang sudah mengingatkan emulator ini belum final dan belum stabil, bahkan di halaman google play mereka sampai menulis "IMPORTANT: Please do not give bad reviews due to low compatibility. It takes time!" karena banyaknya review yang menjelek-jelekan aplikasi ini. Saya bisa mengerti, waktu untuk membuat aplikasi memang tidak bisa singkat, apalagi ini aplikasi emulator yang jauh lebih sulit dari aplikasi lain karena harus 'memindahkan' lingkungan yang ada di PSP dan menjalankannya dalam tubuh Android OS.

ppsspp ridge racer 2 b

Game-game lain yang juga sudah compatible dan bisa dimainkan antara lain Moto GP, Wipeout Pure, Mimana dan lain-lain, untuk daftar lengkapnya silahkan berkunjung ke halaman compatibility list di website PPSSPP.


Spesifikasi Hardware Minimum


PPSSPP tidak menyertakan spesifikasi minimum untuk menggunakan emulator ini, tapi mereka menyebutkan beberapa device yang compatible diantaranya Nexus One, Nexus S, Galaxy S2, Galaxy S3, Xperia Play, Asus Transformer, Ainol Novo 7 Advanced, dan Galaxy Note 2. Yang perlu dicatat adalah jika di Nexus 7 saya yang sudah saya overclock processornya Tegra 3 Quadcore @ 1.7 Ghz dan RAM 1 Gb, game yang dimainkan tetap berjalan sangat lambat bisa dibayangkan bagaimana emulator ini bisa bekerja di device lama seperti Nexus One yang masing menggunakan GPU Adreno 200!

ppsspp ridge racer 2 d

Selain lambat PPSSPP juga sangat tidak responsif menangani input dari user, di game Ridge Racer 2 yang saya coba ketika menekan tombol X untuk gas, mobil tidak langsung jalan tapi ada jeda beberapa detik sebelum mobil benar benar melaju. Selain itu masalah lain yang sangat mengganggu, pada versi beta ini PPSSPP masih kerap hang dan hanya menampilkan layar hitam serta tombol-tombol  PSP. Hal ini terjadi terutama pada saat baru memulai game dan saat berpindah dari satu menu ke menu lain dalam game.

Screenshot_2013-03-09-07-47-19

 

Saya berharap kedepannya PPSSPP akan memberikan update untuk versi emulator yang lebih baik dan stabil dari versi yang ada sekarang, juga tingkat kompatibilitas dengan berbagai game semakin ditingkatkan.

Kesimpulan


Apa yang sudah dilakukan PPSSPP untuk membantu kita agar bisa memainkan game PSP di Android memang sangat baik, mengingat emulator ini bisa didapat dengan gratis dan dikembangkan oleh komunitas bukan developer besar. Sayangnya emulator yang dihasilkan masih jauh dari sempurna, beberapa game tidak bisa dimainkan, dan yang bisa dimainkan berjalan sangat lambat. Tapi seperti mereka bilang, ini butuh waktu kawan.



Buat kamu yang berminat untuk membantu PPSSPP mengembangkan aplikasinya bisa juga membeli PPSSPP versi gold seharga $5.08. Fitur yang didapat sama dengan versi gratisnya namun dengan membeli versi ini kamu ikut berkontribusi demi kemajuan emulator ini kedepannya.

Google Play Link: PPSSPP, free | PPSSPP Gold, $ 5.08

Ditulis oleh Rendy Febry pada 09 March 2013 09:17



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus