Senjata Rahasia Android: Game Controller Compatibility

Jika kemarin kita sudah mengetahui tentang Airplay untuk keperluan gaming maka kali ini saya akan membahas fitur gaming andalan dari kubu seberang, yaitu Game Controller Compatibility yang dimiliki Android.

Fitur Airplay yang ada di Iphone dan Ipad memang membuat para pengguna Android iri, tapi melihat pemilik Android yang bisa memainkan game menggunakan PS3 controller membuat pemilik Iphone dan Ipad jauh lebih iri. :D

Android mulai mendukung penggunaan game controller secara native sejak versi Ice Cream Sandwitch setelah sebelumnya di versi Froyo mendukung input keyboard dan mouse. Jenis controller yang bisa digunakan tidak terbatas hanya controller PS3, tapi juga controller XBOX 360, PC, atau controller apapun yang berbasis USB mulai dari yang mahal hingga yang murah. Dan khusus untuk PS3 controller juga bisa dihubungkan melalui bluetooth secara nirkabel, keren bukan?!

Menghubungkan Game Controller Ke Smartphone / Tablet Android


Sebelumnya pastikan smartphone / tablet yang memiliki fitur USB OTG, USB OTG adalah fitur yang memungkinkan perangkat android bertindak sebagai host USB sehingga bisa dihubungkan dengan perangkat lain yang berbasis USB mulai dari keyboard mouse standar, game controller, hingga harddisk external dan printer.

Selain itu pastikan kamu juga memiliki kabel USB OTG, kabel ini berupa converter dari mini/micro USB male ke standard USB female. Kabel USB OTG bisa dibeli di pusat penjualan handphone dan komputer dengan harga bervariasi, saya sendiri membelinya dengan harga 25 ribu rupiah saja. Dan tentunya kamu harus punya game controllernya juga ya. :D

usb otg cable

Cara menghubungkannya sangat sederhana, tancapkan konektor mini/micro USB dari kabel OTG ke port di smartphone / tablet mu, dan pasang konektor USB Controller ke port USB di sisi lain kabel OTG. Tunggu sejenak sampai Android mendeteksi controller barunya, dan selesai! Tanpa setting, tanpa driver, tanpa aplikasi tambahan, dan tanpa ribet!

The Games


Meski dukungan dari sisi OS dan hardware sudah sangat baik namun sayangnya hingga hari ini hanya beberapa game yang benar-benar mendukung penggunakan game controller. Beruntung beberapa game keren dari developer ternama sudah memanfaatkan fitur ini, seperti Dead Trigger, Shadowgun: Dead Zone, GTA 3 & Vice City, dan banyak lagi. Silahkan google dengan keyword "android controller games list" untuk list lebih lengkap. Khusus game tegra optimized kamu bisa lihat game yang support gamepad di website tegrazone.

Beberapa game seperti Dead Trigger dan Modern Combat 4 memiliki beberapa masalah saat digunakan dengan controller. Pada Dead Trigger semuanya hampir bekerja dengan baik kecuali kita tidak bisa aiming atas bawah hanya bisa aiming kiri kanan, dan pada pada Modern Combat tombol yang bekerja justru hanya analog kiri yang digunakan untuk bergerak sementara tombol lainnya tidak berfungsi.



Beruntung ada aplikasi khusus yang bisa menyelesaikan masalah ini, yaitu SixAxis Controller. SixAxis bekerja dengan cara mensimulasikan penekanan tombol di controller menjadi tap di touchscreen, dan setiap tombol bisa di setting manual sesuai keinginan. Sayangnya aplikasi ini tidak bisa didapat secara gratis, kamu perlu merogoh kocek sebesar $1.34 untuk mendapatkannya. SixAxis pun tergolong sulis untuk tahapan settingnya, saya akan jelaskan di artikel mendatang.

Console Killer ?


Dukungan terhadap game controller serta bisa dihubungkan dengan monitor layar besar melalui HDMI out perangkat Android bisa bertindak layaknya konsol game sungguhan, tapi layak kah disebut console killer? Menurut saya pribadi, bisa ya dan bisa tidak!

Iya karena dari beberapa survey membuktikan semakin banyak orang yang memainkan game lebih sering di smartphone dan tablet dibanding PC dan konsol, ditambah survey GDC 2013 mengatakan bahwa para developer game sangat tertarik dan berminat di mobile platform sebagai salah satu platform masa depan.

modern combat 4

Tidak karena bagaimanapun saat ini game-game yang tersedia belum setara dengan kualitas game konsol, terutama untuk para hardcore game yang menyukai high-end graphic. Tetapi jika melihat kebelakang sebenarnya perkembangan mobile game sangat cepat dan signifikan. Game mobile modern sekarang ini sangat haus graphic dan kedalaman ceritanya pun semakin hari semakin baik, ini bisa dilihat dengan ukuran game data yang makin menggila. Real Racing 3, FIFA 13, Modern Combat 4 adalah game-game yang memiliki game data lebih dari 1,5 Gb jauh lebih besar dari ukuran game PS1 dan PS2 yang masih menggunakan media VCD.

Hal ini didukung oleh perkembangan hardware dan software yang semakin hebat tiap tahunnya. Belum lagi serbuan konsol berbasis android seperti OUYA yang siap menuncur juni ini. Jadi bukan tidak mungkin konsol yang tidak berinovasi akan segera dikalahkan oleh teknologi mobile, namun hanya waktulah yang bisa menjawab semua.

game klip android game controller

Sementara untuk pengganti handled sepertinya Android dan iOS device sudah sangat layak. Ditambah solusi pihak ketiga seperti gameklip yang bisa menempatkan smartphone menempel diatas PS3 controller bermain game di smartphone tentu akan sangat menyenangkan.

Bagaimana pendapat mu sendiri, mungkinkah mobile platform menggantikan konsol konvensional?


Ditulis oleh Rendy Febry pada 13 March 2013 09:52



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus