Sepi Peminat, Saham AMD Turun Hingga $2,86

Pada hari kamis yang lalu, produsen processor dan graphics card AMD memperingatkan para investornya bahwa kemungkinan besar pendapatan pada kuartal ketiga akan menurun hingga 10% mengingat lesunya permintaan pasar akan desktop PC.

Beberapa saat setelah keluarnya pernyataan tersebut, nilai jual saham AMD langsung jatuh pada level terendah selama tiga tahun terakhir dengan harga $2,86 per sahamnya.

Melemahnya permintaan pasar akan kebutuhan desktop PC juga dirasakan oleh produsen-produsen lainnya. Hal tersebut semakin diperkuat oleh data-data yang dikumpulkan dari IHS iSuppli, Gartner, dan International Data Corporation (IDC) yang menunjukan penurunan permintaan konsumen pada kuartal tahun terakhir.



Penurunan yang terjadi di kubu AMD tidak hanya didasari oleh permintaan pasa saja, tetapi juga kekalahan beberapa produk AMD terhadap pesaingnya Intel yang terjadi selama beberapa tahun terakhir.

Pihak AMD berharap pada awal tahun 2013 nanti, permintaan pasar akan kebutuhan dekstop PC akan kembali pulih, mengingat akan meluncurnya operating sistem terbaru dari Windows dan dimulainya tahun ajaran baru untuk sekolah. Untuk sektor processor sendiri nampaknya AMD mulai bangkit ditahun ini dan siap kembali bersaing dengan Intel.

Well, sebagai penggemar AMD saya pun berharap pihaknya mampu mengembalikan kejayaan yang sekarang digoyahkan oleh kubu Intel :)

 

 

Sumber

Ditulis oleh Bagas S. Hadi pada 14 October 2012 09:09



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus