Pameran Game di Smithsonian American Art Museum

Selama ini game masih belum bisa diklasifikasikan sebagai seni dan apakah sekarang game sudah diakui sebagai seni?

Bagi Ken Levine "Percuma saja diskusikan hal itu karena game adalah apa adanya [game itu sendiri]. Orang-orang bahkan nggak pernah bisa memiliki persetujuan apa definisi sebenarnya dari seni." Perdebatan mengenai hal yang sebenarnya nggak memiliki definisi pasti dianggap hanya akan membawa pembicaraan ke arah yang tidak jelas.

Meskipun begitu, game telah menjadi bahan pameran di halaman tengah  Smithsonian American Art Museum. Kini para wisatawan dari mancanegara akan dikagetkan dengan pameran baru, video game.

Di dalam pameran akan ada orang-orang ikonik dunia game yang ikut datang. Kamu bisa menemukan Hideo Kojima, Ken Levine dan Nolan Bushnell yang menciptakan Pong.

Pameran game akan berlangsung selama enam bulan untuk kemudian berpindah ke kota lain di Amerika. Saat ini pameran dikuratori oleh Chris Melissinos, seorang veteran dalam industri game dan mantan bos divisi game Sun Microsystems.

Acara pameran game di museum mungkin akan dapat membuka mata banyak orang mengenai keberadaan game yang ternyata memiliki unsur seni juga meski keberadaannya sebagai seni masih diperdebatkan.

source

 

Ditulis oleh Bayu Bramantya pada 30 March 2012 23:42



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus