Silicon Knights: Game Bekas Menyebabkan Kanibalisasi Industri Game

Keberadaan game bekas dalam industri game penuh kontroversi. Publisher biasanya menganggap game bekas tidak baik bagi bisnis karena tiap jual-beli yang terjadi mereka tidak mendapatkan uang, sedangkan bagi toko game maka game bekas merupakan hal yang baik karena menjadi sumber pendapatan yang tidak dapat dianggap remeh. Kini  Denis Dyack sebagai developer dan bos Silicon Knights mengemukakan pendapatnya mengenai bisnis game bekas. Beliau menganggap hal ini sebagai hal yang buruk dan dapat menjadi "kanibal" dalam industri game.

Dulunya para pembuat game dapat mengandalkan penjualan "ekoran" yang merupakan penjualan game secara perlahan di beberapa minggu, dan bulan setelah peluncuran.

"Kini tidak ada lagi ekoran."

"Kenyataanya, kamu akan mendapatkan sebagian besar penjualan pada tiga bulan pertama sejak peluncuran [game], hal ini menciptakan keadaan ekstrim yang tidak sehat dimana kamu dipaksa harus menjual [game] dengan cepat dan kamu harus segera melakukan hal lain [DLC] untuk mendapatkan uang."

Bisnis game bekas sebenarnya "menaikkan biaya game" dan menyebabkan "kanibalisasi industri [game]".

Dyack kemudian menyatakan keprihatinannya mengenai generasi masa depan dimana ongkos pengembangan "dua sampai tiga kali lebih tinggi" dan beliau merasa industri game tidak mungkin dapat mendanai sampai "300 juta dollar".

source

 

Ditulis oleh Bayu Bramantya pada 29 March 2012 01:38



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus