Intel Berniat Akan Menghancurkan Pasar Motherboard?

Seperti yang kita tau, processor generasi keempat dari Intel yang berasitekturkan Haswell ini membawa harapan besar bagi Intel Corp. Dengan fitur-fitur yang jauh lebih canggih dari pendahulunya, membuat processor berasitektur Haswell ini diperkirakan akan mempengaruhi pasar motherboard di sektor entry-level.

Pada saat ini, Intel sedang berupaya untuk mendesain processor dengan konsumsi daya yang sangat rendah, serta memiliki domain frekuensi independen. Pada processor Haswell, pengguna dapat menemukan beberapa fitur canggih, salah satunya ialah "power phase control" yang sebelumnya hanya mampu dioperasikan oleh komponen external (mainboard).

Mengingat melemahnya pasar desktop PC, lesunya kemampuan untuk bersaing dan faktor lain-lain, membuat beberapa produsen mainboard kelas entry-level harus gulung tikar pada penghujung tahun 2012 ini. Rumor ini dikuatkan oleh beberapa survey yang diambil oleh DigiTimes.

Situasi ini diperkirakan semakin memburuk di tahun 2014 ketika pihak Intel akan mempromosikan produk terbarunya yaitu Rockwell / Broadwell. Produk tersebut di klaim oleh pihak Intel memiliki fitur system-on-chip yang mampu mencapai performa terbaik tanpa harus menggunakan mainboard special.

Pada tahun 2007 tercatat setidaknya ada 21 vendor yang bersaing dalam sektor mainboard, sedangkan pada tahun 2012 menyusut hingga tersisa 11 produsen saja. Dan bisa saja hal ini terus berlanjut pada beberapa tahun kedepan. Well..... Apakah pihak Intel benar-benar akan menghancurkan pasar motherboard dunia?

 

 

Sumber

Ditulis oleh Bagas S. Hadi pada 01 October 2012 16:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus