Evolusi FIFA Dari Generasi Ke Generasi

Pada artikel sebelumnya, kami sudah mengulas sejarah Pro Evolution Soccer dari tahun 90an hingga 2012. Dan sekarang kami akan membahas perkembangan sang rivalnya yaitu FIFA. Seperti yang Xeoners tau, game produksi Electronic Arts ini mampu menyaingi kepopuleran Pro Evolution Soccer yang di produksi oleh Konami. Bahkan pada tahun-tahun tertentu game andalah EA ini mampu mengungguli PES.


FIFA 94

Kesuksesan game ini dimulai ketika EA Sports meluncurkan FIFA International Soccer atau yang lebih dikenal dengan FIFA 94 yang diluncurkan pada tanggal 15 July 1993. Game ini menyuguhkan grafis yang menakjubkan, serta simulasi yang didesain dengan sempurna di jamannya (jangan dibandingin sama sekarang yak). Meskipun menyandang nama "FIFA", game tersebut hanya memasukkan beberapa tim nasional dan sayangnya nama asli para pemain tidak dicantumkan.

Sebuah bug yang terkenal dalam game ini memungkinkan pemain mencetak gol dengan berdiri di depan gawang dan menunggu bola rebound.


FIFA Soccer 95

Dalam FIFA Soccer 95, terlihat sedikit perubahan di sektor grafik dengan penambahan teknologi dari Electronic Arts. Tidak hanya itu, EA juga menambahkan delapan liga nasional yang berlisensi yaitu Bundesliga, Seri A Italia, La Liga Spanyol, Liga Premier Inggris, Liga Prancis Divisi 1, Eredivisie Belanda dan Amerika Serikat. Walaupun ada beberapa perubahan, nama-nama pemain masih tetap fiktif. Game ini diterbitkan EA Sports pada tanggal 8 July 1994.


FIFA Soccer 96

Pada tanggal 1 July 1995, EA Sports kembali mengumumkan generasi game terbarunya FIFA Soccer 96. Dalam versi ini, para pemain sudah menggunakan nama aslinya, serta sudah mendapat lisensi penuh dari FIFPro. Electronic Arts juga menambahkan teknologi 3D Virtual Stadium, tetapi pengguna tetap bisa memainkan secara 2D. EA juga menambahkan rekaman John Motson, Des Lynham dan Andy Gray sebagai komentator di setiap pertandingan.


FIFA 97

Dengan menggunakan Tagline Emotion Captured, EA Sports kembali mempersembahkan game FIFA 97 pada tanggal 24 Juni 1996. Dengan menangkap gerakan yang disediakan oleh David Ginola, para pemain menjadi lebih lincah dari sebelumnya. Satu tambahan yang dianggap menggelikan pada waktu itu yaitu mode six-a-side dalam ruangan (sekarang lebih dikenal dengan nama streetball).


FIFA - Road to World Cup 98


Dalam seri terbarunya ini, EA Sports menambahkan 16 stadion, perbaikan AI, grafis para pemain yang halus, dan mode Road to World Cup dengan semua tim yang terdaftar didalamnya. Serta ditambahkan juga soundtrack berlisensi yang menampilkan seniman-seniman terkenal pada masa itu.

Fitur baru lainnya ialah kemampuan untuk merubah secara manual ketegasan wasit dan memungkinkan beberapa pelanggaran tanpa diberikan hukuman apapun. Game ini diluncurkan pada tanggal 17 Juni 1997 untuk SNES, MegaDrive, Windows, PlayStation, GameBoy dan Nintendo 64.


FIFA 99

Dalam versi FIFA 99, Electronic Arts menambahkan beberapa wajah baru, tinggi badan yang berbeda di tiap pemain serta peningkatan kit dan emblem walaupun semua itu belum berlisensi. EA memutuskan menghapus Liga Malaysia dan memasukkan Divisi Satu Belgia dan Liga portugal.

Fitur baru lainnya adalah European Dream League, mode ini merupakan konsep dimana 20 tim teratas bersaing satu sama lain untuk memperebutkan gelar Raja Eropa.


FIFA 2000

FIFA 2000 diluncurkan pada tanggal 26 Oktober 1999. EA Sports menambahkan fitur Madden NFL, sistem komando yang digunakan untuk mengatur pemain mana yang akan di marking. Serta penambahan 40 tim nasional baru, peningkatan model fisik pemain, animasi wajah baru dan mode Football Legend.


FIFA 2001

Game ini dirilis EA Sports pada tanggal 8 November 2000 dan mendukung untuk dimainkan di Windows, PlayStation dan PlayStation2. Debutnya di konsol baru PS2 bisa dibilang sangat mengesankan karena menggunakan desain lapangan melingkar, serta memasukkan beberapa pemain-pemain terkenal.

FIFA 2001 untuk pertama kalinya memegang lisensi resmi dari liga-liga tertentu berikut emblem tim. Serta menghapuskan Liga Portugal dan Liga Premier Turki.


FIFA 2002

Pada versi FIFA 2002 yang diluncurkan pada tanggal 1 November 2001 ini, EA Sports menambahkan fitur daya bar, fitur ini membantu para gamers untuk mengontrol power tendangan, skill para pemain juga dikurangi agar mencapai tinggkat tantangan yang tinggi. Untuk pertama kalinya EA Sports memasukan Swiss Super League pada game ini, tetapi hal itu tidak cukup untuk menyaingi rivalnya Konami.

FIFA 2002 diluncurkan untuk Windows, PlayStation, PlayStation 2 dan Nintendo Cube.


FIFA 2003

Dalam peluncuran FIFA 2003, Electronic Arts memperbaiki penampilan game tersebut dengan mempertinggi grafis yang lebih tinggi, penambahan kit para pemain dan Club Championship Mode. Dalam mode barunya ini, anda bisa melawan 17 tim top Eropa di stadion mereka sendiri dengan diiringi yel-yel dari pendukung setianya. Dengan penampilan layaknya siaran TV, anda bisa merasakan atmosfir baru dalam bermain FIFA.

Salah satu fitur baru yang diandalkan adalah FreeStyle Control yang memungkinkan pengguna untuk merayakan celebrasi layaknya pemain aslinya. tidak hanya itu, EA Sport juga mendesain wajah Thierry Henry dan Ronaldinho semirip mungkin.


FIFA 2004

Tidak banyak perubahan yang berarti pada game yang diluncurkan tanggal 18 Oktober 2003 ini. hanya penambahan beberapa pemain dan update formasi dari setiap tim. Selain itu game ini bisa dimainkan di Windows, PlayStation, PlayStation 2, Nintendo GameCube, Xbox, GameBoy Advance, dan Nokia N-Gage.

Satu yang janggal pada versi FIFA 2004, kita bisa memainkan versi online untuk PS2 tetapi tidak untuk Xbox.


FIFA 2005

FIFA 2005 dirilis sedikit terlambat pada tanggal 11 October 2004 untuk menghindari bentrok dari game produksi EA Sports lainnya yaitu FIFA Street. Game ini memiliki fitur untuk mengkreasi pemain serta meningkatkan level di Career mode. Dalam game ini ada penambahan fitur Liga Meksiko dengan semua tim yang bermain di dalamnya.


FIFA 2006

Game ini diluncurkan pada tanggal 4 October 2005 dengan mengganti komentator lama John Motson dan Ally McCoist ke Clive Tyldesley dan Andy Gray. Selain menambahkan para pemain legenda pada tahun 94, tidak ada perubahan yang signifikan di generasi FIFA 2006 ini.


FIFA 2007

Perbandingan utama dari game yang diluncurkan pada tanggal 27 September 2006 ini terletak pada penambahan mode baru yaitu Interactive Leagues. Game ini juga disertakan fitur untuk menciptakan stadion baru beserta timnya, serta penambahan stadion baru seperti Wembley Stadium,  Emirates Stadium dan Liga Clausura Meksiko.


FIFA 2008

Peluncuran game ini disertai dengan mode baru Be a Pro. Dalam mode tersebut kita hanya bisa mengontrol satu orang pemain saja (layaknya Become a Legend di PES). beberapa liga kelas bawah juga ditambahkan seperti League of Ireland dan Hyundai A-League of Australia.

FIFA 08 tidak memiliki versi asli untuk Xbox, dikarenakan sejak saat itu EA Sports hanya mengeluarkan versi Xbox 360 saja.


FIFA 2009

Dalam versi terbarunya ini, para pengguna untuk pertama kalinya dapat membeli suara komentator ekstra dalam bahasa yang berbeda di PlayStation Store dan Xbox Live Marketplace. Selain itu EA juga menambahkan fitur baru Adidas Season Live. Dengan fitur tersebut anda bisa mengupdate statistik pemain sesuai dengan kehidupan nyata.

FIFA 2009 diluncurkan Electronic Arts pada tanggal  3 October 2008.


FIFA 2010

Game yang lebih dikenal dengan nama FIFA 10 ini diluncurkan pada tanggal 2 Oktober 2009 (Eropa) dan 20 Oktober 2009(USA). FIFA 10 memiliki mode Manager yang dilengkapi juga dengan Asisten Manager yang dapat digunakan untuk mengatur jadwal pertandingan serta porsi latihan tim.

Game ini dilengkapi dengan 50 stadion dan 31 liga, salah satu diantaranya adalah Liga Premier Rusia. Untuk segi pandangan, anda bisa memutarnya hingga 360 derajat.


FIFA 2011

FIFA 11 diperkenalkan oleh EA Sports pada tanggal 28 September 2010 (USA) dan 1 Oktober 2010 (Eropa). Dengan mengganti Mode Manager menjadi Career Mode, anda bisa memainkan karir sebagai pemain, manager atau bahkan manager pemain. Perubahan lainnya terlihat di grafiiknya yang semakin tajam, skill para pemain yang sesuai aslinya, serta kemampuan untuk bermain sebagai kiper sepenuhnya.

Sebagai covernya, EA menampilkan Landon Donovan, Kaka, dan Carlos Vela untuk FIFA 11 yang diluncurkan di USA, sedangkan untuk Inggris EA menampilkan Kaka dan Wayne Rooney.


FIFA 2012

Pada versi FIFA 12, David Rutter sebagai produser mengatakan bahwa gamenya tersebut akan menjadi game yang revolusioner ditahun ini, karena dapat dimainkan di berbagai konsol maupun PC (mid-end yaaa). Dalam game ini terdapat fitur-fitur yang tidak jauh berbeda dari sebelumnya yaitu Career Mode, 11vs11, Street Mode, dan Be Pro. Tetapi untuk Nintendo 3DS fitur tersebut tidak dapat dimainkan dalam mode online. EA Sports juga memasukan beberapa tim divisi tiga seperti Racing Club de Avellaneda, serta mengeluarkan Ceko Gambrinus League dan Turki Super League.


FIFA 2013

EA Sports akan meluncurkan generasi FIFA 13 pada bulan Oktober, saya tidak dapat berbicara banyak mengenai generasi terbaru game terbitan Electronic Arts ini. Jadi, mari kita tunggu saja peluncuran game ini bersama.

 

 

Sumber

Ditulis oleh Bagas S. Hadi pada 12 September 2012 15:30



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus