Bos Desainer Samsung Bantah Klaim Dianggap Nyontek Apple

Hubungan kedua perusahaan berbeda benua ini laiknya dua sisi mata uang. Kerja sama Samsung dan Apple terlihat harmonis saat perusahaan asal Korea tersebut memasok panel layar untuk perangkat iPad 2 dan iPad baru generasi ketiga milik perusahaan berlogo buah apel. Namun di sisi lain, tim pengacara mereka saling bertempur di meja hijau berbagai negara karena masalah plagiat.

Drama perang urat syaraf keduanya dalam ruang sidang di beberapa negara lintas benua disebabkan karena produk smartphone dan tablet Samsung dikenal dengan nama keluarga Galaxy dianggap menyalahi paten desain perangkat Apple pada iPad dan iPhone. Hal ini menjadi dasar adanya istilah "Patent War" yang beberapa waktu lalu booming.

Menyangkut tuduhan Copertino, kepala pimpinan desain Samsung untuk produk perangkat mobile yaitu Lee Minhyouk akhirnya angkat bicara. Ia mengungkapkan bahwa desain original perangkat Galaxy ciptaan perusahaannya sudah seperti itu dari permulaannya. "[Galaxy] Ini adalah produk yang sama sekali berbeda dengan bahasa desain yang juga berbeda dan menanamkan teknologi berbeda pula."

"Saya telah membuat ribuan sketsa dan ratusan produk prototipe [untuk Galaxy]. Apakah itu berarti saya masuk ke dalam pertunjukan yang dibuat-buat begitu lama, berpura-pura sedang merancangnya?" kata Lee saat melakoni wawancara dengan Reuters.

Meski begitu salah satu eksekutif Samsung ini menaruh rasa hormat kepada sang 'mastermind' desain perangkat Apple Sir Jonathan Ive. "Saya mungkin belum sampai di tingkat itu, tapi saya percaya Samsung bisa menghasilkan produk ikonik suatu hari nanti."

Melihat pernyataan Lee Minhyouk tadi mari kita bandingkan perangkat dari kedua perusahaan yang menjadi asal-usul perselisihan mereka. Generasi awal iPad dan Galaxy Tab. Miripkah atau tuduhan Apple tidak berdasar?



Source
via Source

Ditulis oleh Stefan Re pada 25 March 2012 09:55



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus