PEGI akan menjadi satu-satunya standar rating game di Inggris



Saat ini di Inggris terdapat dua rating untuk game, satu dari BBFC dan satu dari PEGI. Kini akhirnya telah diputuskan bahwa PEGI akan menjadi satu-satunya standar rating game di Inggris dan akan mulai ditegakkan pada 30 Juli 2012.

Sistem rating PEGI membuat para penjual game dilarang menjual game dengan rating PEGI 12, 16, atau 18 kepada orang yang masih di bawah umur.

Sayangnya sama seperti ESRB, tampaknya sistem ini dapat dengan mudah dilewati oleh banyak gamer yang masih sangat muda dengan meminta orang tuanya membelikan mereka game. Seperti banyaknya anak-anak dengan kata-kata kasar yang dengan mudah ditemukan bila bermain Call of Duty secara online di xbox 360 bersama orang dari wilayah US.

Tetapi paling tidak orang tua dapat dengan mudah mengidentifikasikan game yang akan mereka beli untuk anaknya sesuai atau tidak karena saat ini tidak perlu dipusingkan dengan dua rating. Hanya ada satu rating yaitu PEGI.

Lalu bagaimana dengan rating untuk negara kita?

Sayangnya karena sebagian besar game yang bereda merupakan game bajakan dan dilengkapi dengan label rating yang salah jadi jangan terlalu percaya dengan tulisan ESRB ataupun PEGI yang ada di sampul game.

source

Ditulis oleh Bayu Bramantya pada 12 July 2012 13:37



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus