Tampilan Dan Fitur Baru Office 15 Technical Preview

Sepertinya Microsoft sedang melakukan tes terhadap versi Microsoft Office 15 Technical Preview. Versi Technical Preview ini dibagi-bagikan kepada beberapa pihak diantaranya OEM, dan beberapa tester terpilih. Sampai saat ini sendiri Microsoft tidak pernah mengumumkan fitur-fitur apa saja yang akan ada di Office 15 kelak. Berikut beberapa bocoran screenshoot dan fitur yang berhasil didapat oleh situs The Verge dan winsupersite.com.

Word 15



Sebagai aplikasi word processor terpopuler di dunia, Microsoft berfokus pada pengalaman membaca dan mengetik dalam Word 15. Dalam Office 15 kelak Word akan membawa mode Read yang baru dan fungsi Resume Reading yang akan membawa pembaca secara otomatis ke bagian yang terakhir mereka baca. Selain itu untuk fitur word processing sendiri Word 15 membaca 2 fitur baru yaitu Object Zoom dan Expan/Collapse. Object Zoom akan memungkinkan pengguna Word 15 untuk melakukan zoom pada gambar atau object dengan cukup melakukan double click. Fitur Expand dan Collaps adalah sebuah fitur dasar yang akan memberikanmu sebuah pilihan untuk menyembunyikan atau menampilkan sebuah paragraft cukup dengan sekali klik.

 

Navigation Pane pada Word 15 juga mendapatkan perbaikan sehingga proses scrolling document menjadi lebih halus. Microsoft juga melakukan update pada fitur Dictionary dan Transalation.Sebuah fitur baru bernama Track Changes dihadirkan Microsoft pada Word 15. Fitur yang berguna untuk meningkatkan kolaborasi dalam membuat dokumen dengan menghadirkan sebuah fitur Reply Comments yang akan membantu pengguna untuk melacak komentar yang akan hadir di samping kata yang dimaksud. Pengguna nanti akan dapat melihat siapa yang berkomentar dan kapan mereka berkomentar. Fitur Track Change juga mengaplikasikan fitur password untuk menjamin fitur ini tetap aktif. Microsoft juga menghadirkan fitur Present Online yang mirip dengan fitur broadcast pada PowerPoint 2010 ini memungkinkan pengguna untuk membagi dokumen mereka dengan orang lain lewat web browser.



Namun fitur terbesar pada Word 15 adalah fitur Touch Mode. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi dokumen menggunakan jari atau tangan. Fitur ini juga akan memperbesar tampilan ribbon. Tambahan menarik lainnya adalah kemampuan Word 15 in untuk membuka dokumen PDF. Pengguna juga dapat memasukkan dan memainkan sebuah video online dalam dokumen yang mereka buat. Tampilan Office Start Experience juga ditingkatkan oleh Microsoft dengan menghadirkan desain tab yang baru untuk mengakses fitur desain dokumen dan fitur memasukkan gambar online dari Facebook, Flickr dan yang lainnya.

Excel 15



Dalam Excel 15, misi Microsoft adalah untuk mempermudah penggunanya dalam memvisualkan data besar dengan lebih mudah. Fitur Quick Analysis yang baru dalam Excel 15 akan mempermudah pengguna dalam mengkases metode-metode untuk mempresentasikan data secara visual dan. Fitur Recommended Charts dan PivotTables akan membantu untuk menampilkan cara terbaik untuk mevisualisasikan informasi berdasarkan pola data yang ada. Flash Fill adalah fitur baru dalam Excel 15 yang berfungsi untuk mempermudah dalam memformat ulang dan mengatur ulang data dalam spreadsheet Excel. Fitur Touch Mode dalam Excel 15 juga didesain untuk mempermudah pengguna untuk menjelajahi bagan, grafik, dan tabel cukup dengan menggunakan jari dan tangan.

 

Excel 15 juga akan memperkenalkan control chart formatting yang baru yang menggunakan interface yang interaktif sehingga grafik akan ditampilkan lebih cepat. Animasi pada grafik juga akan mempermudah pengguna untuk melihat dan mengerti setiap perubahan yang mereka lakukan pada data. Seperti Word 15 Microsoft juga memperbaharui tampilan Start Experiecne untuk Excel 15 yang akan menghadirkan akses ke koleksi template yang didesain oleh para profesional.

PowerPoint 15



Dalam PowerPoint 15 Microsoft akan membuat aspec ratio 16:9 menjadi aspec ratio standar dari presentasi yang dibuat dalam PowerPoint 15. Perubahan ini untuk menjamin bahwa pengguna PowerPoint 15 dapat membuat presentasi ala profesional dan memiliki aspek cinematik. Langkah ini tidaklah mengherankan jika kita melihat kepopuleran monitor dengan aspect ratio 16:9 saat ini. Fitur standar Start Experience juga hadir di PowerPoint 15 untuk menghadirkan akses cepat ke file favorit, desain template dan presentasi yang baru dibuka. Engine grafik yang baru juga memungkinkan pengguna untuk mengimpor grafik dari worksheet Excel 15 tanpa mengganggu format presentasi yang sedang digunakan. Fitur Touch Mode dalam PowerPoint 15 juga memungkinkan presenter untuk menjalankan slide dan presentasi menggunakan layar sentuh atau tablet PC. Microsoft juga memasukkan fitur Resume Reading seperti yang ada di Word 15 pada PowerPoint 15.

 

Outlook 15



Walaupun Microsoft juga meningkatkan fungsionalitas email pada Windows 8, Microsoft tidak lupa untuk meningkatkan aplikasi Outlook 15 pada Office 15 ini. Salah satu fitur baru antara lain fitur Peek yang memungkinkan pengguna untuk melihat jadwal mereka, melihat detail orang yang mereka kirimi email dan mereview tugas dalam satu tampilan layar. Fitur baru lainnya adalah Weather Bar yang memudahkan pengguna untuk mengecek ramalan cuaca sebelum menerima undangan rapat atau membuat rapat. Fitur Inline replies juga ditambahkan dalam Outlook 15 untuk memungkinkan pengguna untuk membalas email dalam sebuah click. Microsoft juga melakukan perbaikan untuk dukungan beberapa akun email sekaligus. Kini dalam Outlook 15 pengguna dimungkinkan untuk melihat, membuat dan merespon semua akun email dalam satu tempat.

Animasi dalam Outlook 15 juga telah ditingkatkan agar transisi antar email, calender dan tugas menjadi lebih cepat. Tampilan navigasi akan lebih diperkecil dalam interface baru yang menyontoh Metro. Fitur Context Commands yang baru juga akan menghadirkan tampilan yang simple, mudah dilihat sehingga pengguna dapat dengan mudah melihat email baru yang masuk.

OneNote 15



Microsoft sedang mempersiapkan OneOne versi Metro bagi pengguna Windows 8. Selain itu Microsoft juga akan membawa beberapa fitur baru untuk OneNote versi desktop. Fitur Auto-updating tampilan file membuat pengguna OneOne 15 untuk melihat isi dari file Excel dan Visio termasuk perubahan-perubahan yang dilakukan. Dukungan terhadap tabel pada OneNote juga ditingkatkan yang kini memungkinkan pengguna untuk mengurutkan, menambahkan header dan mengkonversi table OneNote ke spreadsheet. Tentu saja fitur Touch Mode juga hadir pada OneNote 15 ini untuk menudahkan pengguna untuk bernavigasi menggunakan jari dan tangan. OneNote 15 juga mengaplikasikan fitur Resume Reading yang juga hadir pada Word 15 dan PowerPoint 15.



Microsoft sendiri belum mengumumkan secara pasti kapan Office 15 ini akan meluncur. Namun banyak pengamat memperkirakan Microsoft akan meluncurkan Office 15 berdekatan dengan waktu peluncuran Windows 8. Hal lain yang patut perhatikan adalah apakah Microsoft akan meluncurkan Office 15 dalam 2 versi yang berbeda (versi desktop dan Windows on ARM) atau cukup 1 versi yang dapat dipergunakan disemua versi Windows 8.

 

Source 

Source 

Ditulis oleh Dheophe pada 19 March 2012 15:47



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus