Cara melakukan 'top-up' menggunakan Unipin



Dalam tulisan di awal minggu ini, saya akan menjelaskan step by step cara untuk mengisi voucher game ‘Unipin’. Voucher ini bisa dipakai dalam banyak game online, dan juga bisa dipakai untuk mengisi (top up) beberapa game server internasional (melalui Facebook Credit).

Pada dasarnya pengisian voucher untuk setiap game memiliki cara-cara yang sama, namun mungkin akan sedikit membingungkan bagi beberapa user yang mungkin saja baru mencoba untuk membeli voucher Unipin ini. Saya akan menjelaskan cara mengisi voucher Unipin yang diperoleh melalui outlet-outlet Indomaret.

 

Langkah-langkah mengisi voucher Unipin :

 

1. Lakukan pembelian voucher Unipin di Indomaret terdekat. Pembelian dapat langsung dilaksanakan di kasir (bilang saja ke mbak atau mas kasirnya mau beli voucher Unipin). Nomor serial serta nomor pin akan disertakan dalam bukti transaksi, simpan struk pembayarannya dan jangan dibuang.

2. Untuk bisa melakukan top-up, kalian harus memiliki id Unipin, maka dari itu kunjungilah situs resmi Unipin dan lakukan registrasi.

3. Setelah registrasi selesai, tekan tombol ‘reload’ yang berada di pojok kanan atas. Nah, kalian akan diperintahkan untuk memasukan nomor serial Unipin dan Pin kalian. Untuk mengecek kedua nomor ini, lihatlah dari struk pembayaran.

4. Setelah itu, Unipin Credit kalian akan bertambah sesuai dengan nominal yang kalian beli di outlet. Klik ‘transaction history’ untuk memastikan jumlah credit yang kalian peroleh.

5. Nah, melalui step-step sebelumnya, jumlah gold (atau sejenisnya) di dalam game online yang kalian mainkan itu belum bertambah. Maka dari itu, kalian harus memilih game apa yang kalian mainkan dalam kolom ‘game’ yang ada pada Unipin.

6. Setelah mengklik game yang diinginkan, maka akan muncul opsi seperti gambar di bawah ini (saya menggunakan game Mythic Saga sebagai contoh). Klik tombol ‘beli’ pada nominal yang sudah kalian beli (sesuai dengan struk sebelumnya), lalu masukan security key (yang kalian tentukan saat melakukan registrasi di Unipin), klik tombol ‘purchase’





7. Maka Unipin credit kalian akan berkurang sesuai dengan V-Cash yang kalian tarik. Nah, nomor serial dan nomor pin yang kalian peroleh setelah melakukan step ke-6 itulah yang kalian copy-paste saat melakukan pengisian vocher di situs game yang kalian mau.

8. Buka situs game yang kalian mainkan, lakukan login dan lakukan top-up dengan memilih opsi pembayaran melalui Unipin. Copy-paste nomor serial dan nomor pin yang kalian peroleh setelah melakukan step ke-6, bukan nomor yang kalian dapatkan di struk pembayaran. Dan kalian selesai melakukan pengisian voucher.

 

Kesalahan yang mungkin sering terjadi saat melakukan pengisian dengan Unipin ini adalah kalian memasukan nomor serial dan pin yang tertera pada struk pembayaran secara langsung pada halaman top-up setiap game yang kalian ingin mainkan. Biasanya, akan muncul kotak warning yang berkata bahwa nomor serial tidak valid. Nah, kalian harus melakukan step ke-6 dan seterusnya agar bisa medapatkan nomor serial dan pin yang benar untuk melakukan pengisian di situs game yang kalian pilih.

 

 

Happy gaming.

Ditulis oleh Chris Yang pada 12 June 2012 00:43



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus