Yuk, atur waktu ngegame kamu

Ada banyak banged cara untuk bersenang-senang, dan sekedar melepaskan penat dari beban rutinitas sehari-hari. untuk para gamer, tentu aja caranya dengan bermain game kesukaan, termasuk game online. nikmat banged rasanya jika bisa duduk di depan layar monitor, sambil memegang mouse dan keyboard lalu mulai bermain dan enjoy dengan game yang dimainkan

Tapi sobat gamer, dengan semakin banyaknya aktifitas, tentu aja hal tersebut bisa mengurangi waktu bermain kalian. Mungkin dulu kalian bisa begadang semalam suntuk, demi grinding bareng teman. Tapi sekarang hal tersebut hampir mustahil dilakukan, soalnya keesokan harinya kudu berangkat pagi-pagi. Hmm, lalu gimana dong caranya bermain game, tapi tetap bisa menjalankan kegiatan lainnya?

Tentukan prioritas

Kekurangan waktu ngegame, mungkin membuat sebagian orang mensiasatinya dengan kurang bijak. Tanpa memperdulikan ini dan itu, ada pula kalangan gamer yang memilih untuk tetap tekun dengan kegiatan gamingnya, tapi mengabaikan hal-hal penting lainnya. Hal penting seperti apa? Macam-macam dan berbeda untuk tiap orang. Mulai dari sekolah, bekerja, ngampus dan lainnya. Hal ini yang akhirnya membuat kalian harus menentukan prioritas. Apa yang harus didahulukan, dan mana yang bisa dilakukan belakangan



Tentu saja kalian kudu bijak mengatur prioritas dalam hidup. Ngegame memang asyik, tapi ingat masih ada pekerjaan lain yang numpuk di belakang. Gunakan pengendalian diri sendiri, dan ketahuilah apa yang penting dan bakal mempengaruhi hidupmu ke depan nantinya. Well, tidak mau dong pekerjaan terbengkalai, padahal deadline sudah sebentar lain, hanya karena kalian asyik ngegame tanpa liat situasi?

Buatlah jadwal

Sobat gamer, jangan buru-buru menuduh bahwa kalian dilarang bermain game sama sekali lho. Soalnya bisa kok kegiatan sehari-hari kalian ini berdampingan dengan sesi gaming kamu. Caranya gimana? Tentu aja dengan menyusun jadwal yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.



Saya pribadi memiliki jadwal gaming yang cukup ketat. Ketat di sini dalam artian adalah saya menyisihkan beberapa jam dalam sehari, untuk masuk ke dalam dunia game. Tiga jam boleh, atau 2 jam juga sudah cukup. Tergantung apakah banyak deadline atau keperluan lain di hari itu. Tapi khusus untuk weekend, saya agak membebaskan diri sendiri. Lebih dari 4 jam atau 5 jam bolehlah. Soalnya kan sedang liburan.

Patuh terhadap jadwal

Siapa yang bakal membuat jadwal itu kalau bukan diri sendiri. Tapi bukan berarti kalian boleh seenaknya saja. Jangan kira karena kalian sendiri yang membuat jadwal itu, maka ujung-ujungnya malah tidak dilakukan sama sekali. Kalah begitu, artinya sama aja boong dong ya?



Disiplin diri sendiri. Ga ada yang bakal ngawasin kamu, kecuali diri sendiri. Apalagi sudah memasuki usia dewasa, siapa juga yang bakal ngomeli? Kalau bukan dirimu sendiri yang kudu bertanggung jawab. Dengan tetap patuh dan teguh pada jadwal yang sudah ditetapkan, dan tidak bermain game lebih dari waktu yang sudah diatur. Tolak godaan untuk bermain lebih dari jadwal, kecuali kamu kebetulan ada waktu kosong yang tak terduga.



Nah gamer. Kata siapa bertambahnya usia, jadinya ga boleh bermain gamer lagi? Apalagi game-game sekarang itu keren-keren lho. Tapi yang penting kuncinya adalah disiplin dan pengendalian diri sendiri. Atur jadwal yang kalian rasa paling baik dan cocok. Serta jangan dilanggar ya.

Semoga kalian tetap bisa ngegame, tapi ga membuat kewajiban dan pekerjaan lainnya jadi berantakan. Happy gaming!

Ditulis oleh Chris Yang pada 10 November 2015 10:09



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus