Ungkap tips aman bermain di warnet

Warnet dan game center bisa menjadi salah satu tempat nongkrong favorit gamer. Mereka bisa menghabiskan banyak waktu di sana, dan tenggelam dalam asyiknya berpetualang di dunia virtual. Main game di warnet sih memang asyik dan menyenangkan, saking asyiknya mungkin ada gamer yang melupakan keamanan dirinya.

Bukan Cuma keamanan password aja yang kudu dijaga lho. Begitu juga barang bawaan kamu, dan juga keamanan diri sendiri. Amit-amit banged, pulang dari warnet malah kecolongan. Maka dari itu pada kesempatan kali ini Gamexeon mau membagikan tips bermain di warnet yang aman. Layak baca nih untuk para sobat gamer yang gemar nongkrong di warnet.

Awasi dompet dan barang berharga

Dompet, gadget, dan apapun yang bernilai ini kudu kalian jaga baik-baik. Apalagi jika bermain di warnet, yang notabene banyak orang berlalu-lalang. Well, selalu taruh barang-barang itu di tempat yang bisa kalian lihat. Dan jika kalian rehat sejenak di kamar kecil, pastikan selalu membawanya. Jangan digeletakan begitu aja di meja komputer, ya sob. Waspada adalah kuncinya.



Demi keamanan, dan mencegah niat yang tidak-tidak, mungkin kalian bisa membawa barang-barang yang ga mencolok banged. Termasuk mengenakan kalung atau gelang, atau jam tangan mahal yang bisa menarik perhatian orang. Amit-amit banged sampe dipalak, hanya karena keliatannya berduit soalnya membawa gadget mahal dan jam tangan mentereng.

Kunci kendaraan kamu

Banyak nih teman-teman gamer yang ke warnet menggunakan motor /sepeda. Nah daripada kendaraan roda 2 itu malah tau-tau jadi gaib, alias dicuri orang, lebih baik memperhatikan rambu-rambu keamanan. Sob, jangan pernah parkir di tempat yang sepi atau gelap dan agak kepojok. Lebih oke lagi kalau ada sekuriti yang bertugas menjaga. Setidaknya kalian bisa melihat kendaraan kamu dari dalam warnet.



Selain itu selalu kunci kendaraan kalian baik-baik. Kunci ganda kek, atau digembok sekalian (hehe). Ngeri sob soalnya maling motor itu, jika tidak dikunci baik-baik. Simpan juga kunci kendaraan kamu. Mungkin bisa digantungkan ke leher kayak kalung, lalu diselipkan ke balik pakaian. Jadinya ga teralu mencolok perhatian, dan susah diambil orang.

Lihat situasi

Ada kalanya saya menolak pergi ke suatu warnet, simply karena tempatnya terlihat kurang ramah. Atau bisa juga karena letaknya agak terpencil, dan tidak keliatan aman. Kalau begini, pandai-pandai melihat situasi, termasuk memilih warnet yang aman. Kalau kamu merasa warnet itu ga gitu oke, entah karena teralu sepi atau alasan lainnya, lebih baik batalkan rencana. Coba cari warnet lain, yang tempatnya lebih memungkinkan.



Tanpa bermaksud memfitnah, kalian juga boleh kok tidak datang ke warnet yang sempat ada reputasi buruknya. Misalnya aja di warnet itu, ada orang-orang yang suka duduk-duduk, dan minta duit. Wuidih, ini mah pemalakan. Lebih baik ga usah ambil resiko yang ga perlu. Toh tujuan awal mau ke warnet dan main game, bukan nyari ribut dengan preman. Sereeeemm.


Sobat gamer, tiga tips di atas ga bermaksud membuat kalian paranoid sendiri ke warnet kok. Yang penting kuncinya adalah waspada dan tidak mengabaikan keadaan sekitar kalian. Keamanan diri sendiri adalah nomor satu, yang ga boleh dikompromiin soalnya.



Happy gaming, and stay alert! Be safe.

Ditulis oleh Chris Yang pada 07 October 2015 10:20



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus