[iOS] Last Voyage Review

Awal april lalu, developer asal Toronto, Canada, yakni Semidome Inc. merilis mobile game terbaru mereka yang berjudul Last Voyage. Dari judulnya aja, pasti banyak yang mengira kalo game ini mengisahkan sebuah perjalanan (seseorang). Dugaan kalian hampir tepat. Bukan kisah soal perjalanannya yang dibahas sih, melainkan lebih ke pengalaman psikis manusia selama (perjalanan) hidupnya.



Secara garis besar, Last Voyage adalah game pendek bergenre puzzle, yang dipenuhi nuansa seni abstrak surealisme ruang angkasa. Game ini diklaim oleh Semidome Inc. sebagai game tentang dimensi ruang, yang fokus pada teknologi dan budaya manusia. Bingung ngebayanginnya? Daripada pusing kelamaan, langsung aja baca ulasannya berikut ini.

STORYLINE



Gambaran kisah perjalanan dalam Last Voyage berbeda dengan cara pandang manusia pada umumnya. Sederet puzzle yang terbagi dalam 5 chapter menawarkan sebuah perjalanan psychedelic, dimana kita dibuat seolah-olah berimajinasi dengan alam bawah sadar manusia. Sejauh mana Last Voyage mampu membawa kalian terhipnotis melalui batas ruang & waktu? Hanya naluri dan kemampuan interpretasi masing-masing gamer lah yang mampu menjawab.

GAMEPLAY




Tiap level punya ragam puzzle dengan gameplay yang unik. Banyak permainan visual interaktif yang tersirat dari nama tiap chapter-nya.
  1. Chapter 1. Astral: Berisi puzzle permainan bentuk bidang bertemakan benda asing dan ruang angkasa.

  2. Chapter 2. Void: Berisi puzzle yang akan bikin pemain tenggelam dalam dimensi ruang hampa.

  3. Chapter 3. Mind: Berisi puzzle yang menguji insting serta kemampuan analisa tiap pemain.

  4. Chapter 4. Path: Berisi puzzle yang menguji daya tahan dan konsentrasi visual pemain.

  5. Chapter 5. Beyond: Berisi puzzle akan gerak refleks dan pengambilan keputusan dalam waktu singkat.


Ga akan ada tutorial berlebihan selain petunjuk singkat di chapter tertentu untuk namatin game ini. Mungkin ketimbang disebut sebagai sebuah game, Last Voyage lebih mirip karya visual interaktif yang menguji intuisi, tingkat kecerdasan, dan kepekaan indera manusia. Pemain dibiarin menduga-duga puzzle macam apa yang sedang mereka hadapi. Gambaran visual obyek di tiap levelnya, merupakan satu-satunya petunjuk yang akan menuntun pemain menuju solusi.



Game ini terasa lebih maksimal untuk dimainkan di layar iPad yang lebih lebar, karena ada salah satu chapter dimana pemain akan terpaksa sering mengulangi level ketika obyeknya keluar melebihi batas layar.

GRAPHIC




Warna, bidang, dan ruang merupakan elemen dasar pembentuk puzzle dalam Last Voyage. Perubahan warna dari kalem ke kontras mengekspresikan kisah hidup manusia yang seringkali berubah secara drastis. Meski permainan warna inil merupakan ciri khas Last Voyage, hal ini sekaligus menobatkan Last Voyage sebagai game yang kurang ramah bagi penderita buta warna dan epilepsi.



Ga banyak yang bisa diulas lebih panjang dari segi grafis karena berpotensi jadi spoiler. Ga mau pengalaman ngegamenya keganggu kan? Hehe.

SOUND



Meski grafis beberapa levelnya kurang bersahabat dengan mata sebagian gamer, bagi yang merasa audio freak boleh senyum lebar. Pasalnya, latar musik selama permainan digarap dengan apik, sehingga terasa menyatu dengan visual dan gameplay secara keseluruhan. Bahkan menurut gue pribadi, sebagian musiknya cocok untuk jadi audio therapy yang bikin adem suasana hati.

Penasaran sama keindahan alunan soundtrack Last Voyage? Kalian bisa cek dari link dibawah:


REPLAYABILITY




Untuk game seharga USD $1.99, ga banyak yang bisa diharapkan dari segi kuantitas konten. Last Voyage termasuk game linier sekali tamat. Dan memang itu lebih cocok diterapkan untuk Last Voyage. Tapi meski dalam sekali sesi main, gameplay yang ditawarin cukup ninggalin impresi yang mendalam.

LONGEVITY



5 Chapter dalam Last Voyage bisa ditamatin dalam waktu kurang lebih satu jam. Kumpulan puzzlenya tergolong pendek dan bisa dipecahkan dalam waktu relatif singkat. Hanya beberapa level yang menuntut kelincahan jemari aja yang terkadang cukup menantang dan butuh waktu untuk bisa ditaklukin. Sisanya, Last Voyage cocok banget buat dimainin di waktu senggang yang relatif singkat.

VERDICT




Memang Last Voyage bisa ditamatin dalam durasi permainan yang relatif singkat. Tapi puzzle gameplay yang ditawarin cukup menghibur dan mengasah otak. Harga yang diperlukan untuk menebus Last Voyage, ga seberapa dibanding dengan konten yang ditawarin. Sebuah perjalanan unik dan mendalam yang harus kalian coba di gadget iOS kalian.



Saat ini Last Voyage bisa dibeli seharga USD $0.99 (harga promo) di App Store.

STORY: 6.0
GAMEPLAY: 7.0
GRAPHIC: 7.0
SOUND: 8.0
REPLAYABILITY: 5.0
LONGEVITY: 6.0

VERDICT SCORE: 6.5

Catatan: Review Last Voyage dimainkan di versi iPad

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 12 April 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus