Pokemon Shuffle Review

Makin bertambahnya umur kesibukan kita juga ikut bertambah. Akibatnya, waktu ngegame jadi makin dikit. Inilah hal yang pasti bakal dialamin tiap gamer. Dengan makin menyempitnya waktu ngegame, kita jadi lebih selektif dalam memilih video game. Biasanya sih yang gameplay-nya ga ribet, dan cenderung bisa dimainin dalam periode waktu singkat. Pilihan tipe game ini banyak berceceran di ranah mobile. Ga heran banyak orang yang lebih milih main game dengan smartphone atau mobile gadget mereka untuk mengisi waktu luang ngegame yang sempit.

Nintendo menjalin kerjasama dengan DeNA bukan tanpa alasan. Meruginya Nintendo dengan hasil penjualan Wii U beberapa tahun lalu, jadi alasan Nintendo mulai mencoba beralih ke pasar mobile gaming. Meskipun masih belum jelas gimana sistem bisnis mobile gaming antara Nintendo dengan DeNA, kurang lebih ga akan jauh beda dengan mobile game milik DeNA yang beredar di pasaran.



Salah satu contohnya seperti Pokemon Shuffle. Eits, jangan skeptis dulu dengan Pokemon Shuffle yang berembel-embel game freemium. Pokemon Shuffle punya gameplay cukup seru loh! Penasaran gimana asiknya Pokemon Shuffle buat mengisi waktu luang? Pantengin aja ulasannya berikut ini.

STORYLINE




Pokemon Shuffle ga punya alur cerita yang begitu mendalam. Intinya sih sama seperti seri game Pokemon yang lain. Kalian berperan sebagai Pokemon Trainer yang bertualang. Sepanjang perjalanan, kalian bakal ketemu berbagai jenis Pokemon liar untuk diajak bertarung. Mereka juga bisa ditangkap pastinya. Di momen tertentu, kalian bisa ketemu Pokemon trainer lain yang identitasnya dirahasiakan. Gimana ga rahasia? Wajahnya cuman berupa siluet gitu. Tapi ga jarang juga level dimana kalian ketemu Pokemon Trainer ini akan tergantikan dengan Pokemon liar yang udah mencapai level evolusi tinggi.

Universe game Pokemon Shuffle membentang dari seri pertama hingga seri terbaru game Pokemon (dan akan terus diupdate). Makanya jangan heran, banyak jenis Pokemon jadul sampe modern tersebar sepanjang bertualang di Pokemon Shuffle.

GAMEPLAY




Pernah main Pokemon Battle Trozei atau Candy Crush? Yup, gameplay Pokemon Shuffle ga jauh beda dari kedua game itu. Kesempatan bermain dibatasi dengan jumlah heart dan akan berkurang satu buah untuk tiap kali permainan. Tiap Heart diberikan gratis kepada pemain tiap 30 menit. Total heart gratis yang bisa dikumpulkan sejumlah 5 buah. Jumlah heart ini bisa ditambah dengan belanja melalui Nintendo eShop, atau ditukar dengan jewel.

Tiap level berisi satu jenis Pokemon yang bisa dilawan. Besar damage serangan yang dihasilkan Pokemon kita tergantung dari jenis elemen, skill bawaan Pokemon, dan jumlah deret combo yang bisa terbentuk ketika bermain. Bingung waktu milih jenis elemen Pokemon yang pas buat melawan Pokemon lawan? Ga usah khawatir. Ada fitur optimize yang otomatis mengoptimalkan pilihan Pokemon dengan elemen yang efektif untuk melawan musuh.



Tiap level Pokemon punya batas move points yang berbeda. Move points inilah yang membatasi jumlah kesempatan kita untuk melancarkan serangan. Ketika HP Pokemon lawan mencapai nol sebelum Move points kita habis, maka udah dipastikan kita bakal menang dan berkesempatan untuk menangkap Pokemon tersebut. Tapi kalo Pokemon lawan masih kokoh bertahan saat Move points kita habis, maka permainan akan berakhir. Mau ga mau kita harus nyiapin strategi yang lebih jitu untuk melewati level tersebut. Kalo ga, ya selamanya bakal stuck di level itu dan ga bisa lanjut ke level berikutnya.



Pokemon lawan punya disruption skills yang akan mengganggu pemain selama pertarungan. Mereka punya kemampuan untuk mengganti deret blok Pokemon kita dengan jenis mereka, membekukan blok Pokemon kita, bahkan mengganti dengan balok kayu atau besi. Makin banyak deret Pokemon kita yang terganggu, makin susah juga pemain menciptakan combo.



Tapi tenang aja. Gangguan Pokemon lawan itu bisa lebih mudah diatasi begitu kita punya Pokemon dengan Mega Evolve, dan batu elemen yang memperkuat jenis Pokemon Mega tersebut. Pokemon Mega Evolve akan melancarkan serangan maksimalnya begitu meteran combo dari jenis Pokemon Mega Evolve terisi penuh. Setelah meteran ini maksimal, maka pemain akan memasuki trance mode dimana pemain bebas melancarkan serangan combo dari Pokemon Mega Evolve ini. Tentunya dengan catatan selama deret Pokemon Mega masih bisa dibentuk ya.

Setiap berhasil memenangkan pertarungan, pemain akan dihadiahi koin yang bisa dipake untuk beli berbagai macam perk. Perk ini berfungsi untuk membantu pemain dalam mengatur strategi. Beberapa perk yang bisa dibeli diantaranya seperti, Move points ekstra, Enemy's Disruption delay, Mega Evolution di awal permainan, dan masih banyak lagi jenis perk yang bisa dibeli untuk mengatur strategi permainan.



Selain mode permainan offline, lumayan banyak event mingguan yang bisa dimainin. Di event spesial ini, pemain bisa ketemu jenis pokemon langka buat dilawan dan ditangkap. Susah banget loh lawan mereka! Butuh berulang-kali leveling dan ngumpulin pokemon yang kuat sebelum bisa ngalahin Pokemon di event spesial.

Buat yang suka ngisi waktu luang singkat buat ngegame, Pokemon Shuffle bakal cocok banget tuh. Tentunya kudu punya 3DS juga dong buat bisa mainin Pokemon Shuffle, hehe.

GRAPHIC




Soal grafis game Pokemon mah ga perlu ditanya. Style ilustrasi Pokemon yang unyu masih mendominasi kok. Tiap ilustrasi Pokemon dibikin dengan apik. Cuma bagi sebagian orang yang ga tahan nonton efek berlebih selama pertarungan, sangat dianjurkan mengistirahatkan mata ketika udah terasa lelah. Sisanya, tampilan visual Pokemon Shuffle cukup nyaman di mata kok.

SOUND




Ga cuma ilustrasi visual doang yang unyu. Aransemen musik dan efek suara juga ga kalah gemesin. Biarpun Pokemon Shuffle merupakan game freemium, kualitas kontennya tetep terjaga. Hal ini membuktikan bahwa meskipun Nintendo mulai merambah pasar mobile gaming yang didominasi game freemium, bukan berarti kualitas IP game mereka ikut menurun. Dijamin bakal betah deh berlama-lama main Pokemon Shuffle dengan volume paling pol.

REPLAYABILITY




Banyak level yang menanti buat ditaklukkan, baik level biasa maupun event spesial. Semua Pokemon seolah-olah nungguin untuk ditangkap. Biarpun niatnya cuman main Pokemon Shuffle di waktu luang, tapi realitanya justru kita bakal dibikin ketagihan buat main berulang kali. Kebayang kan gimana serunya, ketika kita dibikin pengen buka 3DS buat main Pokemon Shuffle tiap 150 menit sekali?

LONGEVITY



Konten Pokemon Shuffle sebagai game freemium akan terus bertambah. Masih banyak jenis Pokemon dengan variasi evolusinya yang masih bisa dilawan. Kalo ngebayangin seri Pokemon awal hingga yang terbaru, ga kebayang udah ribuan lebih jenis Pokemon yang tercipta. Bahkan belum termasuk jumlah jenis evolusinya. Tinggal dikali deh ribuan jenis Pokemon dengan waktu spawn heart selama 30 menit sekali. Kalian bakal butuh lebih dari 30.000 menit kalo pengen main dengan metode wait-to-play, atau bisa lebih singkat kalo pengen pay-to-play.

VERDICT




Pokemon Shuffle membawa game puzzle sejenis ke level yang lebih tinggi. Dengan mengusung IP terkenal milik Nintendo, game ini jadi yang terbaik di kelasnya. Meskipun gameplay-nya ga orisinil, ketika digabung dengan cara bertempur a la game Pokemon, justru genre Pokemon Shuffle ini jadi lebih seru. Satu-satunya kekurangan Pokemon Shuffle, terletak di limitasi jumlah kesempatan bermain gratis berupa heart yang dibatasi maksimal 5 buah aja, dan waktu re-spawn heart yang cenderung lama (30 menit sekali). Namun jika kembali mengingat Pokemon Shuffle sebagai game freemium, kualitas game ini udah lebih dari cukup sebagai game hiburan pengisi waktu luang.

Pokemon Shuffle bisa kalian download secara gratis via Nintendo eShop. Penasaran dengan info terkini terkait konten Pokemon Shuffle? Kalian bisa pantau situs resminya di: Pokemon Shuffle (Poketoru).

STORY: 6.0
GAMEPLAY: 8.0
GRAPHIC: 7.0
SOUND: 7.0
REPLAYABILITY: 9.0
LONGEVITY: 8.0

VERDICT SCORE: 7.5

image: pokemon.co.jp

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 27 March 2015 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus