Review The Enchanted Cave, "berburu harta di gua ajaib"

Pernah penasaran bagaimana seorang NPC bisa berada di suatu map, tetap bisa berjualan, tidak terluka sama sekali, bahkan seakan-akan tidak peduli monster-monster ganas di sekitarnya? Jawaban atas rasa penasaran ini bisa terjawab dengan mencoba sebuah RPG garapan DustinAux yang berjudul The Enchanted Cave ini.

The Enchanted Cave dikategorikan sebagai rouge-like, dungeon, RPG. Dalam game ini, dikenal sistem semi-permanent death, alias saat karakter kalian mati, kalian akan mengulang lagi dari awal. Tidak peduli seberapa jauh progress yang sudah kalian tempuh. Namun untungnya data-data karakter kalian tidak sepenuhnya direset, karena masih ada sejumlah hal yang tetap disimpan. Misalnya saja equipment legendary, hingga stat point.

Oke sebelumnya apa sih konsep yang ditawarkan oleh The Enchanted Cave, dan apa kaitannya dengan NPC? Nah dalam game ini, kalian akan bermain sebagai jagoan dari era high fantasy. Mirip kayak game-game RPG lainnya, jagoan ini menemui tantangan baru; yakni sebuah gua misterius yang berisikan barang-barang ajaib. Tapi gua itu sangat berbahaya, karena dihuni oleh banyak monster di setiap ruangannya.



Misteri gua ajaib tak hanya berhenti sampai di situ saja. Soalnya di dalam gua itu, jagoan kalian akan bertemu dengan NPC penjual yang sangat misterius dan aneh. Dia selalu duduk di belakang meja dagangannya yang berada di pintu masuk gua. Tidak hanya itu saja, dia bahkan kerap kali ditemui di dalam ruangan terdalam di gua itu. Tak ada yang tahu motif asli dari NPC tersebut, dan apa tujuannya berada di gua ajaib tersebut.

Konsep The Enchanted Cave memang sederhana, bahkan dilihat dari sistem permainan dan grafisnya. Well, game ini masih setia menggunakan gaya pixel art, dan sistem battle yang benar-benar simpel. Pemain cukup mendekatkan karakternya kea rah monster target, dan secara otomatis karakter itu akan mulai menyerang. Begitupula saat ingin mengambil kantong uang, atau peti harta. Cukup dekati sasaran, dan item langsung masuk inventory.

Semakin dalam kalian memasuki gua, semakin banyak monster yang menghadang. Permainan juga makin terasa sulit, soalnya health point (HP) pemain kalian tidak bertambah secara otomatis. HP hanya bisa dipenuhkan oleh potion. Saat karakter kalian mati, maka permainan akan selesai dan diulang lagi dari awal. Untungnya, kalian bisa tetap menyimpan equipment dengan warna emas, soalnya equipment ini punya stat yang tinggi. Jadinya permainan tidak begitu terasa berat setelahnya, apalagi saat sudah memiliki set equipment emas.

Selain itu kristal-kristal warna-warni juga dapat menambah stat point karakter. kristal ini bisa ditemui secara acak di dalam gua. Setiap warna kristal melambangkan stat point tertentu. Nah stat point ini akan terus melekat pada karakter kalian, walaupun setelah kalian mengulang permainan.



Oh ya, pemain bisa kembali ke pintu depan gua, walaupun mereka sudah masuk ke dalam ruangan terdalam. Kadang kala, peti atau monster bisa menjatuhkan item sayap warna emas. Sayap ajaib inilah yang bisa menerbangkan karaktermu kembali ke pintu depan. Maka pemain bisa menjual item-item sampah yang bikin penuh inventory, atau menyetok ulang potion yang sudah habis.

Nah, karena itulah The Enchanted Cave memang membutuhkan pengulangan. Tidak semua item bagus terkumpul dalam sekali jalan. Mati, hidup lagi, masuk gua, mati, hidup lagi, dan begitu seterusnya, adalah ritual yang bakal kalian jalani selama bermain The Enchanted Cave. Awalnya karakter kalian ga terasa kuat, tapi seiring bertambahnya waktu, (dan tentu saja stat point serta equipment), maka karakter kalian bisa jadi makin kuat.



Well, dalam The Enchanted Cave kalian juga tidak perlu mengalahkan semua monster yang ada, untuk menamatkan permainan. Sering kali saya malah mencari rute teraman menuju ruangan berikutnya, tanpa harus mengalahkan banyak monster. tantangannya adalah menemukan rute tercepat menuju pintu berikutnya, tanpa harus menguras HP karena harus bertarung dengan monster.

Ada kejutan menarik yang menanti kalian di ruangan paling akhir. Psst, no spoiler. Kalian harus menemukan sendiri, rahasia di balik The Enchanted Cave.


Siap untuk memulai petualangan ajaib, memasuki gua ajaib? Ambil pedang dan perisaimu, kenakan armor terbaikmu, dan mainkan The Enchanted Cave di sini.

Ditulis oleh Chris Yang pada 03 January 2015 22:21



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus