Popcon Asia 2014

Pada tanggal 19-21 September lalu adalah surganya para pecinta pop culture dengan diadakannya ajang Popcon Asia yang ketiga yang mengusung tema "Be Pop, Be You!". Ajang Popcon Asia 2014 yang bertempat di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta ini banyak dikunjungi komunitas yang antusias dengan maraknya perkembangan industri kreatif di Indonesia.



Kalo di ajang Popcon Asia yang pertama, cuma secuil seniman lokal yang nampang di ajang ini, tapi di Popcon Asia 2014 kali ini justru sebaliknya. Banyak banget komunitas seniman lokal yang hadir turut memeriahkan acara dan dengan bangga memamerkan karya-karya mereka yang ngga kalah keren dari seniman-seniman luar. Mulai dari ilustrasi, komik, video game, board game, animasi, cosplay, dan karya di berbagai bidang lain jadi salah satu obyek utama ajang Popcon Asia 2014 ini.



Ajang Popcon Asia 2014 yang diselenggarakan selama 3 hari ini banyak menonjolkan karya-karya anak bangsa yang mulai banyak dikenal baik di media sosial maupun yang udah tampil di layar TV. Seperti diantaranya animasi Adit & Sopo Jarwo (MD Entertainment), Indonesian superhero Nusantaranger, film Pendekar Tongkat Emas, Satria Garuda Bima X, Gatotkaca, dan Gundala Putra Petir yang filmnya diprediksikan akan tayang di layar lebar akhir tahun 2016 dibawah garapan sutradara Hanung Bramantyo.

Ngga cuma menghadirkan seniman lokal, ajang Popcon Asia 2014 juga dihadiri beberapa komunitas seniman dari negara asing seperti Amerika, Australia, Belanda, Filipina, Hong Kong, Korea, Malaysia, Perancis, Singapura, dan Thailand.




Para pengunjung ngga cuma bisa sekedar menikmati nonton pameran, tapi juga ikut berinteraksi langsung dengan nyobain beberapa permainan board game yang ada di dalam gedung SMESCO Exhibition Hall, seperti Mat Goceng, Mahardika, Star Wars board game, dan berbagai permainan lainnya. Pengunjung yang berminat buat nambah koleksi mainannya juga dimanjain banget di ajang Popcon Asia 2014 kali ini. Banyak booth yang menjual mainan secara satuan maupun paket dengan promo-promo menarik, seperti action figure, SHF toys, dan yang ngga ketinggalan Lego tentunya. Selain itu banyak pernak-pernik dan merchandise lain yang dijual, seperti kaos dan berbagai macam aksesoris bernuansa pop untuk pria dan wanita.




Bagi gamer yang pengen belajar lebih dalem di industri video game, di ajang Popcon Asia 2014 lalu juga kedatangan Ankama Game Studio France dan Ubisoft Singapore. Disitu para antusias gamer yang bercita-cita jadi game developer bisa tanya-tanya seputar proses belajar cara ngembangin video game secara profesional. Dan kalo emang berminat, bisa konsultasi langsung sama para staf studio game yang dateng di acara Popcon Asia 2014.



Buat para penggemar komik, ada booth Stellar Labs yang senimannya merupakan ilustrator untuk komik-komik Marvel. Selain itu Popcon Asia 2014 juga kedatangan kreator komik lokal Si Juki yang kalian kenal kekocakannya di media sosial. Bazaar dan barter buku "Comic for Charity" yang diadakan oleh Akademi Samali juga jadi pusat perhatian para penggemar komik buat melengkapi koleksi-koleksi buku komik di rumahnya. Banyak komik-komik langkanya juga loh!




Nah, untuk para seniman yang hobi bikin ilustrasi, booth area "Artist Alley" jadi surganya buat cari inspirasi. Di area ini, sederet illustrator lokal dari berbagai komunitas ikut mejeng memeriahkan ajang Popcon Asia 2014. Sederet nama-nama illustrator lokal terkenal seperti Mayumi Haryoto, Eggzoo, Emte, Diela Maharanie, Papang Jakfar, Renata Owen, dan Sheila Rooswitha yang udah ngga asing lagi di telinga illustrator lokal komunitas Kreavi, juga bagi-bagi tips pengalaman mereka berkarir di bidang seni ilustrasi.



Selaku penyelenggara, Iwan Harun dari KCB Convex mengemukakan bahwa antusiasme pengunjung Popcon Asia tahun ini melonjak cukup pesat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terbukti dengan area utama dimana terdapat main stage tempat acara-acara inti Popcon Asia 2014 penuh sesak oleh para pengunjung yang udah ngga sabar nunggu sederet acara Popcon yang diselenggarakan selama 3 hari.




Sepertinya visi & misi Popcon Asia yang diprakarsai oleh Dennis Adhiswara ini mampu memenuhi targetnya untuk mewadahi dan mendukung para seniman lokal untuk bisa lebih dikenal oleh bangsanya sendiri dan diapresiasi ngga cuma dalam skala lokal tapi juga internasional. Dengan adanya ajang seperti Popcon Asia ini, perkembangan pop culture di Indonesia mulai banyak dilirik oleh para antusias pop culture. Mau cowo/cewe, tua/muda, ngga bakal malu-malu lagi mengekspresikan kegemaran mereka akan pop culture selama ada komunitas yang mendukung, seperti Popcon Asia ini. Ngga percaya? Coba tonton pengakuan salah satu duta besar Popcon yang menang di ajang penghargaan Pop Babes Popcon Asia 2014 dibawah ini.



Jangan khawatir kalo kalian kelewatan buat dateng di ajang Popcon Asia 2014 kali ini karena masih bakal ada tahun depan dimana pastinya sederet acara keren bakal menanti kalian. See you next time at Popcon Asia 2015! Be Pop, Be You!

image source: dokumentasi pribadi | @dimasdw

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 23 September 2014 13:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus